-->

iklan bawah header

Cara Kerja Planetary Gear Unit Pada Transmisi Otomatis

Planetary gear transmisi otomatis - Pada kendaraan komponen transmisi merupakan salah satu bagian dari komponen sistem pemindah tenaga yang berfungsi dalam mengatur perubahan kecepatan dan torsi yang dihasilkan oleh mesin agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan. 

Salah satu jenis tranmisi yang sering digunakan adalah transmisi otomatis. Di transmisi otomatis terdapat berbagai jenis, salah satu jenis dari penggunaan transmisi otomatis adalah transmisi dengan kombinasi roda gigi planetary. Komponen pada transmisi otomatis dengan roda gigi planetary berbeda dengan transmisi manual. 

Berikut komponen utama pada transmisi otomatis, antara lain: 

  • Torque converter. 
  • Planetary gear unit. 
  • Hydraulic control unit.


Pada artikel ini, kita akan membahas tuntas terkait komponen pada transmisi otomatis ini yaitu planetary gear set, mulai dari fungsinya, komponen, dan mekanisme kerja. Pengertian dari planetary gear sendiri adalah sistem roda gigi yang tersusun dari gigi luar dan gigi pusat. Sistem sekilas mirip dengan sistem tata surya, dikarenakan dipasang layaknya planet yang mengitari matahari sesuai dengan jalurnya. Dengan perputaran sepertu itu, akan dapat menghasilkan momen naik turunnya kecepatan sebuah kendaraan. 


FUNGSI PLANETARY GEAR

Fungsi dari planetary gear salah satunya adalah untuk menaik-turunkan kecepatan mesin kendaraan. Dengan adanya komponen inilah sehingga bisa menggerakkan mesin yang memiliki beban berat seperti mobil, dengan mengeluarkan tenaga yang ringan. Fungsi lain dari planetary gear ini agar kendaran dapat maju dan mundur. 


KOMPONEN PLANETARY GEAR 


Berikut penjelasan dari komponen planetary gear set : 

1. Sun Gear 

Sun gear ini merupakan pusat susunan gear pada planetary gear set. Model gear yang digunakan yakni spur gear. Sun gear ini memiliki ukuran kecil dan letaknya berada di tengah atau poros dan biasanya memiliki jumlah gigi yang sedikit ketimbang “rekannya” yang lain. Gigi pada sun gear ini bertautan dengan planetary pinion gear. 

2. Planetary Pinion Gear 

Letak dari planetary pinion gear susunannya mengelilingi sun gear. Komponen ini dipasang lebih dari satu buah dan tergantung dari kendaraan yang digunakan. Komponen ini digabungkan oleh planetary carrier dalam rangkaiannya. Secara umum pada kendaraan, terdapat 3 buah, akan tetapi apabila membutuhkan tenaga lebih bisa sampai 5 buah. 

3. Ring Gear/Annulus Gear 

Letaknya berada pada garis terluar unit, yang mengelilingi planetary pinion gear dan sun gear. Komponen ring gear mengikat semua komponen yang ada di dalam. Jumlah gigi pada ring gear lebih banyak daripada komponen lain dikarekan tugas yang dimiliki juga banyak.


MEKANISME KERJA PLANETARY GEAR 

Setelah mengetahui komponen yang ada pada planetary gear set, Anda harus tahu bagaimana mekanisme kerjanya. Dalam hal ini, semua komponen dapat bekerja dan menyesuaikan diri dengan “tugas” yang didapat. Berikut ini penjelesan dari kerja planetary gear berdasarkan kondisi transmisi :

1. Deselerasi (Perlambatan) 

Input: Ring gear 

Output: Planetary carrier 

Fixed: Sun gear 

Pada saat sun gear ditahan atau stasioner dan ring gear diputar maka planetary gear yang berputar. Sehingga saat ini putaran antara ring gear dan planetary gear akan menjadi searah dan poros output akan mengurangi kecepatannya (deselarasi) agar putaran sama dengan poros input hanya dengan putaran planetary gear.


2. Hubungan Langsung (Direct Coupling) 

Input: Sun gear dan Ring gear 

Output: Planetary carrier 

Saat ring gear dan sun gear terhubung dan berputar bersama-sama, maka planetary gear akan ikut berputar dengan arah yang sama dan kecepatan putaran antara ring gear dengan planetary carrier yang sama.


3. Akselerasi/ Percepatan 

Input: Planetary carrier 

Output : Ring gear 

Fixed: Sun gear 

Saat sun gear ditahan dan planetary carrier diputar, maka planetary gear akan berputar mengeliling. Pada saat ini, putaran antara ring gear dan planetary gear menjadi searah dan menyebabkan putaran pada poros output menjadi lebih cepat.


4. Gerak mundur/ Reverse 

Input: Sun gear 

Output: Ring gear 

Fixed: Planetary carrier 

Pada saat planetary carrier ditahan dan sun gear diputar, maka ring gear akan berputar dengan arah yang berlawanan dengan arah putaran sun gear. Sehinggaa, pada saat ini sun gear berfungsi sebagai input dan ring gear sebagai output. Dikarenakan perbandingan ratio roda gigi antara ring gear dengan sun gear lebih besar ring gearnya, maka menyebabkan kecepatan putaran akan direduksi atau diperlambat (ring gear berputar lebih lambat dari pada sun gear).


Demikian pembahasan kali ini mengenai cara kerja dari planetary gear pada transmisi otomatis. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!


0 Response to "Cara Kerja Planetary Gear Unit Pada Transmisi Otomatis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel