-->

iklan bawah header

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik dan Cara Perbaikannya

 Sistem AC  merupakan salah satu sistem pada mobil yang bertujuan agar pengendara dan penumpang merasa nyaman didalam kendaraan. Prinsip pendinginan pada sistem AC atau Air Conditioner adalah terjadinya perubahan bentuk zat pendingin (refrigerant) dari bentuk cair, uap air dan gas. Perubahan ini terjadi karena sistem AC menggunakan beberapa komponen yang memungkinkan terjadinya perubahan tekanan dan temperatur.

Kompresor merupakan unit tenaga dalam sistem AC (Air Conditioner). Kompresor akan memompa refrigerant dalam bentuk gas dibawah tekanan dan panas yang tinggi pada sisi tekanan tinggi dari sistem dan menghisap gas bertekanan rendah pada sisi intake (sisi tekanan rendah). Perawatan pada AC harus selalu dijaga agar kondisi dari sistem AC tetap bekerja dengan optimal. Berikut adalah salah satu kerusakan pada sistem AC yaitu kompresor AC yang berisik.


Penyebab Kompresor AC Berisik

Kompresor AC yang berisik bisa menjadi tanda-tanda masalah yang perlu segera diperhatikan untuk menjaga kinerja dari sistem AC dalam keadaan optimal. Beberapa penyebab umum dari timbul suara berisik pada kompresor AC: 

1. Kondisi kompresor rusak

Kompresor AC yang sudah tua atau mengalami keausan dapat menghasilkan suara berisik pada bagian kompresor. hal ini dapat disebabkan oleh bagian-bagian internal dari kompresor yang telah aus atau rusak, seperti bantalan yang aus, gigi yang aus, atau komponen yang longgar. 

Cara perbaikan : lakukan pembongkaran dan cek bagian mana yang telah aus atau bermasalah. Apabil telah parah maka ganti kompresor dengan yang baru.

2. Kebocoran cairan refrigeran

Kebocoran gas refrigeran dapat mengakibatkan kompresor menjadi berisik dikarenakan kerja dari kompresor harus lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan. Kondisi tekanan yang tidak stabil dalam sistem AC dikarenakan kebocoran ini dapat menyebabkan kompresor menghasilkan suara berisik atau berdengung. 

Cara perbaikan : Periksa dimana letak kebocoran pada sistem dan perbaiki kemudian cek apakah bekerja dengan semestinya pada kompresor.

3. Masalah pada sabuk penggerak (belt)

Kondisi dari sabuk penggerak yang kendur atau aus dapat menyebabkan kompresor AC berputar dengan tidak stabil dan tentunyat menghasilkan suara berisik. Pastikan kondisi dari sabuk penggerak dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar. 

Cara perbaikan : Apabila telah aus atau rusak secara visual maka ganti dengan baru.

4. Kotoran menumpuk dalam kompresor

Penumpukan kotoran atau debu di dalam kompresor AC dapat mengganggu kinerja dari putaran dan menyebabkan suara berisik. 

Cara perbaikan : Cek dan bersihkan kotoran dalam kompresor. Perawatan dengan bersihkan kompresor secara teratur untuk mencegah penumpukan kotoran.

5. Oli kompresor kurang

Oli adalah bagian penting dari sistem pelumasan pada kompresor. Apabila oli kompresor tidak mencukupi atau kondisi telah jelek, hal ini dapat menyebabkan gesekan berlebihan antara komponen internal yang dapat menghasilkan suara berisik. 

Cara perbaikan : kuras dan ganti oli kompresor dengan yang baru dan sesuai spesifikasi serta volume.

6. Masalah pada Katup Ekspansi 

Masalah pada katup ekspansi atau katup umpan balik dalam sistem AC dapat menyebabkan tekanan yang tidak stabil cairan refrigeran yang tidak normal. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja kompresor dan menyebabkan suara berisik. 

Cara perbaikan : Cek katup ekpansi apakah bekerja dengan optimal atau tidak.

7. Kondisi keseluruhan sistem bermasalah

Kondisi umum dari seluruh sistem AC yang buruk, seperti kebocoran pada selang atau komponen lainnya, dapat memengaruhi kinerja kompresor dan menghasilkan suara berisik. 

Cara perbaikan : Segera periksa oleh teknisi AC yang telah ahli pada bidangnya untuk dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan penyebab suara tersebut dan melakukan perbaikan yang diperlukan agar AC mobil Anda kembali berfungsi dengan baik dan hening.


Perawatan Kompresor AC

Kompresor AC juga perlu mendapat perhatian dan perawatan. Kompresor yang rusak bisa membuat mobil Anda terasa panas karena AC tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, jika kompresor mengalami kerusakan maka perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru. 

Perawatan kompresor AC mobil penting untuk menjaga kinerja sistem pendingin udara agar tetap efisien dan awet. Berikut adalah beberapa langkah perawatan yang bisa Anda lakukan pada kompresor AC mobil: 

  1. Periksa Tegangan Belt
  2. Periksa Kondisi Kompresor
  3. Periksa Tingkat Refrigeran
  4. Ganti Filter Pengering
  5. Lubrikasi Kompresor
  6. Periksa Koneksi Listrik
  7. Bersihkan Kondensor
  8. Periksa Suhu Keluaran Udara
  9. Pemeriksaan Rutin
  10.  Hindari Overload


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab kompresor AC mobil berisik dan cara perbaikannya. Penting untuk pemilik kendaraan mengetahui penyebab dari masalah ini untuk menentukan diganosis gejala yang dapat menyebabkan kerusakan, sehingga mempermudah dalam perbaikan.

Salam Teknika!


0 Response to "Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik dan Cara Perbaikannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel