-->

iklan bawah header

Cara Merawat Busi Agar Kinerja Optimal dan Masa Pakai Lama

Fungsi busiBusi adalah sebuah komponen pada mesin pembakaran dalam yang berfungsi untuk menghasilkan api di dalam ruang bakar. Busi biasanya terdiri dari elektroda tengah dan elektroda luar yang terpisah oleh sebuah isolator. Ketika listrik dialirkan dari kabel busi ke elektroda tengah, maka terjadi loncatan listrik dari elektroda tengah ke elektroda luar melalui bahan bakar yang terkompresi di dalam ruang bakar, sehingga menghasilkan percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara. Busi merupakan komponen yang penting dalam sistem pembakaran mesin kendaraan, dan perlu diperiksa secara berkala dan diganti jika diperlukan agar mesin dapat berjalan optimal dan efisien.



CARA MERAWAT BUSI 

Merawat busi pada kendaraan sangat penting agar mesin kendaraan dapat berjalan dengan baik dan efisien. Berikut ini beberapa cara untuk merawat busi secara umum yang sering dilakukan : 

  1. Bersihkan busi secara teratur: Busi dapat terkena kotoran dan endapan dari bahan bakar, sehingga perlu dibersihkan secara berkala. 
  2. Gunakan sikat atau kain bersih untuk membersihkan busi dari kotoran dan endapan. 
  3. Periksa elektroda busi: Elektroda pada busi dapat aus atau terbakar, sehingga perlu diperiksa secara berkala. Jika elektroda terlihat aus atau terbakar, maka busi perlu diganti dengan yang baru. 
  4. Periksa celah elektroda: Celah elektroda pada busi sangat penting untuk menghasilkan api yang tepat di ruang bakar. Periksa celah elektroda dan sesuaikan jika perlu menggunakan alat yang sesuai agar sesuai dengan rekomendasi pabrik. 
  5. Periksa kabel busi: Kabel busi dapat aus atau rusak, sehingga perlu diperiksa secara berkala. Jika kabel busi terlihat aus atau rusak, maka perlu diganti dengan yang baru. 
  6. Ganti busi secara berkala: Meskipun busi dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, namun busi akan aus dan kinerjanya akan menurun seiring dengan waktu. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti busi secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik. 

Dengan melakukan perawatan yang baik pada busi, maka mesin kendaraan dapat berjalan dengan baik dan efisien, serta mengurangi kemungkinan kerusakan pada mesin.


TIPS MERAWAT BUSI DI RUMAH

Kegiatan perawatan busi mobil sebenarnya tidaklah sulit karena dapat dilakukan sendiri oleh pemilik mobil ketika berada di rumah. Terdapat beberapa tips dalam membersihkan busi yang bisa diterapkan oleh pemilik mobil. 

Busi mobil harus segera dibersihkan apabila bagian kepala busi sudah hitam dan dipenuhi arang sisa dari pembakaran. Saat kepala busi sudah menghitam akan mengakibatkan elektroda busi sulit mengalirkan listrik sehingga membuat kendaraan sulit dihidupkan. 

Keadaan busi yang sudah dipenuhi karbon dari sisa pembakaran akan membuat kendaraan sulit dihidupkan karena proses pengapian yang terganggu, nafas dari kendaraan terdengar pendek, dan mengakibatkan laju kendaraan tersendat-sendat bahkan mogok. 

Bagi yang ingin membersihkan busi sendiri di rumah, berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dicoba di rumah : 

  1. Pastikan mesin kendaraan Anda sedang dalam kondisi dingin. Jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga dingin. 
  2. Buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin. Ingat hanya di siram sedikit saja. 
  3. Setelah itu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat kawat. Lakukan hingga bersih, dan siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut. 
  4. Terakhir, semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. 
  5. Cek apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api-nya masih bagus, Anda bisa menggunakannya kembali. 

Catatan: 

  1. Jangan merendam busi langsung dalam bensin karena dapat mengikis elektroda pada busi, dan membuatnya cepat rusak. Sehingga cukup disiram saja agar sisa karbon pembakaran mudah dibersihkan. 
  2. Hindari membersihkan busi dengan mengamplas bagian elektrodanya, atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi untuk mendapatkan api yang lebih besar. Cara ini justru akan membuat usia pakai busi lebih singkat (cepat mati). 
  3. Jika ternyata busi yang digunakan sudah mati, sebaiknya ganti dengan merek busi berkualitas tinggi, atau yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan Anda.


Demikian pembahasan kali ini mengenai cara merawat busi yang Anda bisa lakukan sendiri di rumah. Semoga dapat bermanfaat.


Salam Teknika!


0 Response to "Cara Merawat Busi Agar Kinerja Optimal dan Masa Pakai Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel