-->

iklan bawah header

Fungsi Kampas Rem dan Tanda Apabila Harus Segera Diganti

Kampas rem - Sistem rem memiliki peran yang sangat penting dalam kendaraan karena berkaiatan dengan keamanan bagi pengguna maupun pengendara kendaraan lain dalam berkendara. Sestem rem memilik fungsi dalam memperlambat dan mengehentikan laju dari kendaraan sehingga dapat berhenti. Salah satu jenis sistem rem yang paling banyak digunakan pada kendaraan adalah rem tromol yang mana dalam kerjanya memanfaatkan gesekan antara kampas dengan tromol. Pembahasan kali ini lebih spesifik mengenai kampas rem dari fungsi dan tanda jika harus diganti. 

Sebelumnya, adapun penggunaan dari rem sendiri harus memenuhi berbagai persyaratan untuk kinerjanya, antara lain: 

  • Rem harus mampu bekerja dengan baik. 
  • Rem harus memiliki daya cengkeram yang cukup. 
  • Dalam pemeriksaan dan perawatan yang mudah.

Kegiatan dalam perawatan dan perbaikan pada rem harus selalu dijaga dan cek secara berkala supaya kondisi rem tetap optimal dan dapat diandalkan. Sebelum dilakukannya langkah perbaikan pada rem, terlebih dahulu harus mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada masing-masing komponen rem tersebut serta menganalisisnya. 

Karena hal itu, maka perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan langkah pemeriksaan seperti dibawah ini pada kampas rem. Pada artikel berikut kita akan membahas mengenai fungsi dan tanda apabila kampas rem telah harus diganti pada kendaraan.


FUNGSI KAMPAS REM

Kampas rem memiliki peran dan fungis sangat vital pada sistem pengereman dikarenakan memiliki beberapa sebab. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari kamps rem, yaitu: 

1. Membuat Pengereman Menjadi Lebih Mudah 

Saat melakukan pengereman secara mendadak, fungsi dari kampas rem akan membantu pengendara agar tidak terjadi insiden yang tak diharapkan. Kerja dari proses pengeremean, kampas rem akan menekan piringan cakram dan akan membuat roda berhenti sesuai dengan tingkat kedalaman injakan pedal rem. Sehingga, perawatan penggantian kampas rem harus dilakukan secara berkala saat kampas rem sudah mulai habis. Pastikan mengganti dengan kampas rem original dan sesuai dengan spesifikasi dari kendaraan. 

2. Membuat Pengaturan Pengereman Lebih Mudah 

Selain membuat pengereman menjadi lebih mudah, kampas rem juga akan membuat pengaturan pengereman sama mudahnya. Komponen kampas rem ini berfungsi agar sistem pengereman bisa bekerja maksimal. Seperti saat mobil melaju, ingin berhenti, dan berbelok maka sistem pengereman juga akan terlibat dalam kinerja tersebut. Kampas rem juga akan mempengaruhi kdari ecepatan mobil. 

Sebagai pengemudi, tentu ingin mengendalikan kendaraan dengan baik. Maka dengan terdapat kampas rem akan membuat mobil dapat dikendalikan dengan penuh serta tidak akan memunculkan masalah. 

3. Membantu Saat Melewati Medan yang Sulit 

Kampas rem memiliki peran sangat besar apabila melewati medan yang sulit. Karena saat di jalanan turunan maupun menanjak pasti akan menginjak rem dalam mengendari. Saat berada di tanjakan dan dalam keadaan macet atau ramai, maka fungsi kampas rem akan menahan laju mobil sehingga membuat mobil menurunkan akselerasi. 


TANDA KAMPAS REM HARUS SEGERA DIGANTI

Berikut ini tanda-tanda kampas rem habis dan harus ganti yang memiliki berbagai ciri-ciri kampas rem, antara lain: 

1. Timbul Suara Decitan 

Ketika terdengar suara decitan saat menginjak rem, hal ini dapat menjadi tanda umum kampas rem yang harus segera diganti karena sudah mulai habis. Timbulnya bunyi seperti gesekan besi atau logam ini dapat terjadi karena pada kampas rem yang sudah habis akan meninggalkan bagian besinya, sehingga saat pengereman maka tidak terkena kampas lagi akan tetapi bagian besi tersebut. Hal ini penyebab dari kemunculan suara decitan saat menginjak pedal rem. 

2. Pedal Rem Bergetar 

Ciri lainnya adalah pedal rem menjadi bergetar ketika diinjak saat pengereman. Hal ini dapat disebabkan karena kampas rem yang sudah mulai menipis sehingga piringan cakram tidak  mencengkram secara sempurna. Maka mengakibatkan getaran yang dapat dirasakan pada pedal rem. Getaran ini bukan hanya terasa di pedal rem, namun juga dapat terjadi dibagian setir mobil apabila kondisinya semakin buruk. 

3. Rem Menjadi Kurang Pakem 

Rem yang kurang pakem merupakan pertanda dari habisnya kampas rem yang dapat dirasakan pengemudi. Hal ini disebabkan karena penekanan kampas pada piringan yang tidak merata, sehingga luas penampang rem menjadi lebih kecil dan tenaga pengereman juga menjadi kurang maksimal dapat mengakibatkan rem menjadi kurang pakem walaupun pedal rem sudah ditekan dengan sangat dalam. Apabila ditemukan gejala ini maka jangan sampai menunggu waktu lama untuk mengganti kampas rem mobil untuk menghindari kerusakan komponen lainnya yang ada pada mobil.


Demikian pembahasan kali ini mengenai fungsi dari kampas rem dan tanda-tanda apabila kampas rem harus diganti. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Fungsi Kampas Rem dan Tanda Apabila Harus Segera Diganti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel