-->

iklan bawah header

Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mudah Mengatasi

Saat ini mobil yang terkenal dengan teknologinya yang canggih, khususnya teknologi mobil mengikuti perkembangan zaman, sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki mobil yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setiap mobil pasti menggunakan aki atau baterai sebagai suplai dan penyimpan daya untuk dimanfaatkan komponen. Aki atau baterai terdapat dua macam sejauh ini yaitu aki tipe kering dan aki tipe basah. 

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harus menjaga perawatannya, karena jika aki rusak maka mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Maka dari itu, jika bisa memperbaiki aki mobil kering apabila suatu saat aki mobil rusak dapat bermanfaat  bila suatu saat rusak. 




PENYEBAB AKI MOBIL TEKOR

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat aki mobil tekor, di antaranya: 

1. Usia aki yang sudah tua

Aki mobil memiliki umur pemakaian yang terbatas. Jika aki sudah mencapai usia maksimal, maka performa dan daya tahan aki akan menurun, sehingga kemungkinan besar aki akan mudah tekor. 

2. Penggunaan yang kurang tepat 

Penggunaan aki yang kurang tepat seperti lupa mematikan lampu atau menyalakan perangkat listrik di mobil saat mesin mati dapat menyebabkan aki cepat tekor. 

3. Masalah kelistrikan 

Masalah pada kelistrikan mobil seperti kabel-kabel yang sudah aus, korsleting atau komponen elektronik yang rusak, dapat mengakibatkan aki cepat tekor. 

4. Suhu yang ekstrem

Suhu yang sangat panas atau sangat dingin dapat mempengaruhi performa aki dan mempercepat proses pengisian ulang, sehingga membuat aki mudah tekor. 

5. Jarang digunakan

Jika mobil jarang digunakan atau tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, aki bisa kehilangan daya secara perlahan, sehingga membuatnya mudah tekor. Mobil yang lama tidak digunakan membuat mesin tidak memanas. Secara otomatis, aki tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas kinerja aki akan kurang maksimal.  

6. Penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan 

Pada dasarnya, dibeberapa aksesoris mobil akan menguras daya aki secara berlebihan apabila tanpa memperhatikan kapasitas dari aki mobil. Sehingga, kekuatan aki akan berkurang dan tidak optimal untuk menghidupkan mesin. Contoh dari aksesoris yang dapat menyita daya aki yang besar adalah sistem audio dikarenakan sistem audio yang berkapasitas besar dibiarkan saja, maka lama kelamaan aki akan tersedot habis.. 

7. Intensitas penggunaan mobil 

Penggunaan mobil secara terus menerus ternyata juga akan membuat aki tekor, karena mobil yang digunakan dengan intensitas tinggi tentu membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Penggunaan mobil yang intens juga akan dapat mengurangi umur dari pemakaian aki. 

8. Penggunaan Lampu Proyektor HD 

Sama halnya dengan sistem audio, penggunaan lampu proyektor yang tidak sesuai dengan standar juga akan menyita daya aki. Sehingga sebelum menambahkan lampu proyektor HD, maka ada baiknya untuk melihat spesifikasi lampu mengenai berapa daya listrik yang dibutuhkan. 


Untuk mencegah aki mobil tekor, disarankan untuk melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin, mematikan perangkat listrik saat mesin dimatikan, serta mengganti aki mobil sesuai dengan umur pemakaian yang disarankan oleh produsen.


CIRI-CIRI AKI SOAK

Tentunya pemilik kendaraan mengetahui bahwa kendaraannya dilengkapi dengan baterai, sehingga bisa mengeluarkan aliran listrik. Biasanya aki mobil yang tipe basah menggunakan air sehingga akan mengering setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Dalam hal ini, selain mengetahui cara memperbaiki aki kering dan aus, pemilik mobil juga harus memahami karakteristiknya. Dengan cara ini, jika masalah ini terjadi, Anda dapat segera memperbaikinya. Kebanyakan pemilik kendaraan kurang memperhatikan aki mobil karena terletak di dalam mesin dan tidak bisa dilihat secara langsung. 

Dalam hal ini, kondisi paling umum untuk kendaraan adalah dengan baterai yang sulit menghidupkan starter. Kendaraan yang tidak memiliki baterai akan mengalami kegagalan fungsi dan cenderung tersendat-sendat saat dihidupkan.

Ciri berikutnya dari aki yang mengalami kerusakan adalah peforma klakson yang tidak lagi maksimal suaranya. Kebanyakan aki soak menyebabkan suara klakson melemah tidak sekuat biasanya dan semakin berat. Suara klakson lemah ini dapat membahayakan pengendara lain dan sendiri bila terus diabaikan. 

Kondisi lain yang perlu diperhatikan selain klakson lemah adalah lampu yang meredup. Kedua hal tersebut akan berakibat fatal apabila terus diabaikan karena akinya yang soak. Ciri lain kekeringan aki adalah bodi utama mesin tempat aki bertengger menjadi lebih gemuk atau menggelembung


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab aki mobil soak dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat terutama dalam melakukan perawatan baterai atau aki.

Salam Teknika!

0 Response to "Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mudah Mengatasi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel