-->

iklan bawah header

Tanda-Tanda Saatnya Ban Mobil Harus Diganti dan Kisaran Biaya Ganti

Tanda ban harus ganti -Dengan semakin jauh jarak tempuh mobil berjalan, kondisi dari ban mobil maka tentu akan semakin aus. Tak jarang masih banyak pengendara yang justru mengabaikan pentingnya merawat ban padahal peran ban sangat vital bagi mobil karena jika didiamkan terus menerus akan membuat ban meletus sehingga dapat membahayakan pengendara dan orang lain di jalan. 

Penggantian ban mobil dilakukan secara rutin merupakan kewajiban dikarenakan berkaitan dengan keselamatan dalam berkendara. Fungsi dari ban sendiri tidak hanya menggerakkan mobil saja, namun juga menjadi faktor dari keselamatan, penghitungan konsumsi BBM, kenyamanan, dan menjadi komponen ketahanan kaki-kaki mobil.

Banyak dari pengguna mobil tidak tahu tentang penggantian ban apakah bisa dilakukan secara satu ban saja atau harus semua ban. Dalam mengganti ban tidak harus dilakukan secara sepasang maupun langsung ke empat ban. Penggantian bisa saja kalau hanya salah satu ban, akan tetapi bisa disesuaikan dengan kondisi ban. 

Dalam kondisi ban yang sudah sangat rusak atau tidak layak, mengganti ban satu saja dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada mobil. Sehingga untuk kondisi ini, sangat disarankan untuk mengganti ban mobil sepasang. Apabila kerusakan sudah sangat parah dan pada seluruh ban, maka dianjurkan untuk mengganti sampai empat ban agar tetap seimbang digunakan untuk berkendara.


TANDA TANDA BAN MOBIL HARUS DIGANTI

Sebelum membawa mobil ke bengkel untuk mengganti ban, maka perlu Anda ketahui beberapa tanda-tanda harus segera ganti ban mobil berikut : 

1. Ketebalan Tapak Ban Melebihi Batas TWI 

Ban memiliki indikator Tread Wear Indicator (TWI) yang merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk digunakan. Posisi dari indikator TWI terletak pada tepi ban (tampak segitiga kecil di area bawah kembang ban) dan tengah telapak ban (berupa tonjolan kecil tidak setinggi kembang ban). Apabila telah menyentuh segitiga TWI, maka artinya ban harus wajib diganti sesegera. Pemeriksaan kondisi tapak ban merupakan kewajiban untuk memastikan mobil masih aman dikendarai. Kondisi ban yang telah aus akan mempengaruhi pengendalian dan pengereman mobil. Jika kondisi ban aus akan riskan jika dikendarai dalam kecepatan tinggi atau ketika jalanan licin yang dapat membahayakan pengendara dan orang lain. 

2. Ban Gundul Hingga Ada Benjolan 

Saat dijumpai kondisi ban gundul di tengah perlu ada tindakan penggantian walaupun pada bagian tepi kembangnya masih tampak bagus. Selain itu, ban juga dapat menipis pada bagian-bagian tertentu seperti tepi sisi luar, bagian telapak ban, atau tepi sisi dalam. 
Kondisi ban terdapat benjolan juga kerap terjadi. Hal ini terjadi karena pertanda putusnya anyaman benang maupun kawat penguat pada konstruksi ban. Ban mobil benjol bisa terjadi karena terkena benda keras, pengisian angin tidak sesuai, serta kerusakan pada suspensi juga dapat berdampak ke ban. Apabila sudah ada benjolan, artinya ketahanan ban sudah tidak seragam sehingga harus segera ganti ban mobil. 

3. Ban Sering Kempes

Tekanan ban juga dapat menjadi salah satu dari indikator kondisi ban sudah harus diganti atau tidak. Cara mengetahuinya cukup dengan memerhatikan seberapa sering mengisi tekanan ban dan sering kempes lagi walaupun telah diisi ulang. Hal tersebut bisa karena ada keretakan pada ban yang membuat tekanan mudah untuk keluar. 

4. Sisi Luar Ban Retak-Retak 

Ban sering digunakan di daerah dengan suhu yang tinggi juga dapat memengaruhi permukaan ban. Tidak semua pengendara mengetahui untuk mengatasi hal tersebut. Padahal hal tersebut dapat dihindari dengan cara rajin membersihkannya dan memberikan dengan cairan khusus. Jika ditemukan permukaan ban yang sudah banyak yang retak-retak, maka sebaiknya segera mengganti ban untuk menghindari pecah ban ketika tengah berkendara. 

5. Bunyi Berisik pada Ban  

Suara bising saat sedang berkendara dapat menjadi indikasi ban mobil sudah harus diganti. Cara mengeceknya pun mudah dengan memerhatikan saat melintas di jalanan permukaannya mulus apakah ada suara bising yang terdengar atau tidak. Perhatikan juga getaran yang ditimbulkan saat mobil melewati jalanan dengan permukaan mulus. Hal ini bisa menjadi tanda kalau ban mobil aus dan tapaknya sudah tidak rata, maka dengan demikian harus segera menggantinya. 

6. Ban Sudah Berumur 


Jika memiliki mobil yang sudah cukup lama dan ban belum pernah diganti maka waktu yang tepat untuk diganti yang baru ban tersebut. Usia ideal untuk ban adalah 3 tahun, namun juga harus dilihat kondisinya. Apabila sebelum dari tiga tahun kondisi ban sudah cukup parah seperti retak dan benjol-benjol, maka tidak perlu menunggu hingga genap tiga tahun untuk menggantinya ban. 

7. Jarak Tempuh Mobil 

Jarak tempuh juga dapat menjadi acuan dalam mengganti ban mobil. Meskipun tidak secara spesifik disebutkan jarak yang tepat, namun untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan di jalan maka sebaiknya ban mobil diganti apabila sudah melampaui 40.000 km. Sehingga apabila pemakaian wajar mobil 15.000 km per tahun, maka berarti diperkirakan ban harus diganti setiap 3 tahun sekali.


BIAYA GANTI BAN

Dalam melakukan penggantian ban, harga ganti ban mobil bergantung dari jenis ban yang dipilih. Selain biaya bannya juga biasanya perlu membayar jasa tukang yang menggantikan ban. 

Jenis bengkel juga dapat menentukan harga jasa dalam mengganti ban. Misalnya, kalau melakukan penggantian ban di bengkel resmi, maka tentu harganya akan lebih mahal apabila dibandingkan dengan bengkel pinggir jalan. Tetapi, meskipun lebih mahal, hasil akhir dan kualitasnya lebih terjamin.

Biasanya setelah mengganti ban, ada juga proses spooring balancing yang berfungsi meluruskan posisi keempat roda dan memastikannya seimbang. 

Berikut ini merupakan rekomendasi merek ban mobil dan harganya:

Selain biaya jasa, harga ban juga akan dapat mempengaruhi total biaya ganti ban mobil. Harga ban berbeda-beda untuk setiap merek teragntung dari jenis dan spesifikasinya. Berikut adalah beberapa harga ban dari berbagai merek-merek terbaik.:

Merek dan Tipe Harga Kisaran
Michelin Energy XM2 195/70 R14 Rp825 ribu
Accelera Gamma 165/65 R13 Rp400 ribu
Bridgestone Ecopia EP150 175/65 R14 Rp595 ribu
Achilles Platinum 175-70/R13 Rp478 ribu


Demikian pembahasan kali ini mengenai tanda-tanda ban harus diganti dan kisaran biaya penggantian ban dengan baru. Semoga dapat bermanfaat.
Salam Teknika! 

0 Response to "Tanda-Tanda Saatnya Ban Mobil Harus Diganti dan Kisaran Biaya Ganti "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel