-->

iklan bawah header

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Pincang pada Tipe Injeksi

Mesin mobil pincang - Apabila mobil terasa pincang pada RPM rendah atau terasa ada getaran tidak normal yang berulang terus-menerus yang membuat terasa tidak nyaman sebaiknya Anda tidak perlu dan panik. Mesin pincang sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk kondisi mesin yang mengalami getaran berulang secara periodik. Penyebab mesin pincang pada mobil injeksi antara lain kegagalan satu atau sebagian silinder mesin dalam hal menghasilkan tenaga. Masalah pada kompresi mesin bukanlah masalah satu-satunya yang dapat menyebabkan mesin mobil kita pincang. 

Umumnya, getaran tersebut terasa sangat kencang saat mesin dalam posisi putaran idling atau RPM rendah. Agar getaran tersebut dapat teratasi, mari ketahui beberapa kondisi apa saja yang dapat menyebabkan putaran mesin pincang. 


PENYEBAB MESIN PINCANG DAN BERGETAR

Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari mesin mobil pincang dan menyebakan getaran abnormal :

1. Busi Mati


Kondisi busi yang rusak atau mati merupakan penyebab mesin pincang pada mobil injeksi yang paling umum dan sering terjadi. Busi merupakan komponen yang bertanggung jawab pada proses pengapian dan pembakaran bahan bakar, sehingga jika busi rusak atau mati akan menyebabkan mesin kehilangan fungsi pada salah satu atau sebagian silindernya. Akibat hal tersebut akan muncul getaran mesin yang abnormal yang sangat terasa di kondisi putaran idling RPM rendah. 

Cara memastikan kalau busi adalah penyebab mesin mobil injeksi pincang dengan cara melepas seluruh busi dan melihat bagian ujung kepala busi tersebut. Apabila ada basah bahan bakar di ujung kepala busi, maka dipastikan busi tersebut mati dan akibatnya campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar yang mengakibatkan mesin pincang.

Langkah perbaikan dengan cara mengganti busi yang mati tersebut dengan yang baru dan sesuai dengan spesifikasi dari mesin mobil.  

2. Koil Rusak

Pada mobil yang menggunakan tipe koil on plug, yaitu mesin dengan satu koil untuk satu silinder. Ujung busi yang basah karena bahan bakar dan udara tidak terbakar bukan semata-mata karena busi rusak, koil yang rusak juga dapat menyebabkan hal tersebut dan dapat menjadi penyebab mesin pincang pada mobil injeksi. Sehingga Anda harus waspada apabila mesin mobil mulai terasa pincang karena bisa saja pada bagian koilnya melemah, rusak, atau mati.

Langkah perbaikan dengan cara mengganti koil yang mati atau rusak tersebut dengan yang baru sesuai spesifikasi dari mesin mobil. 

3. Injektor Kotor atau Mati 

Fungsi injektor pada mobil adalah untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam silinder agar tercampur dengan udara sebelum proses pembakaran mesin. Pada mesin mobil injeksi, masing-masing silinder terdapat injektor dalam menyuplai bahan bakar tersebut. 

Apabila salah satu saja injektor ada yang bermasalah dan tersumbat atau bahkan tak berfungsi total, maka mesin mobil juga dapat menjadi pincang. Hal tersebut dikarenakan proses pembakaran mesin pada silinder terganggu karena minim atau tidak adanya bahan bakar yang disemprotkan ke ruang pembakaran. 

Langkah perbaikan dengan cara membersihkan injektor yang tersumbat karena kotor. Injektor diganti apabila rusak dengan yang baru sesuai spesifikasi dari mesin mobil.

4. Masalah Kompresi 

Akibat dari kompresi silinder yang lemah juga dapat menjadi penyebab mesin pincang pada mobil injeksi. Secara normalnya, mesin injeksi mobil masa kini membutuhkan kompresi pada silinder berkisar di antara 10 sampai dengan 12 kpa. Apabila terdapat salah satu silinder yang kompresinya di bawah 10 kpa, maka mesin kendaraan akan terasa pincang. Cek kompresi tiap silinder dengan compression tester. Apabila ada yang bocor kemungkinan dari katup atau ring yang sudah kotor atau rusak.

5. Engine Control Unit (ECU) Bermasalah 

Engine Control Unit atau ECU merupakan bagian dari mesin yang mengatur seluruh sistem EMS yang bekerja, termasuk di antaranya sistem pengapian (ESA) atau injeksi bahan bakar (EFI). Apabila ECU error atau mengalami masalah, maka dapat sangat mungkin terjadi kegagalan pada sistem-sistem yang diaturnya. Seperti contoh arus ke koil menjadi hilang, arus listrik ke salah satu injektor terhenti, dan sebagainya. Maka kondisi-kondisi seperti ini dapat mengakibatkan kendaraan pincang saat mesin dinyalakan.


Demikian pembahasan kali ini mengenai pemnyebab mesin mobil pincang dan cara mengatasinya pada mesin mobil injeksi. Semoga dapat bermanfaat dalam menganalisis gangguan yang terjadi pada mesin mobil Anda.

Salam Teknika!


0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Mobil Pincang pada Tipe Injeksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel