-->

iklan bawah header

Tanda-Tanda Karet Pintu Mobil Harus Diganti dan Cara Perawatannya

Perawatan karet pintu mobil - Jika Anda perhatikan lebih jelas saat membuka atau menutup pintu terdapat sejumlah karet yang terpasang di beberapa bagian mobil. Keberadaannya komponen ini yang tersembunyi seringkali membuat terlupakan akan perawatannya. Karet pintu mobil ini termasuk juga sebagai komponen yang penting, sehingga perlu adanya perhatian juga. 

Fungsi dari keberadaan karet pintu pada mobil antara lain adalah mencegah air dari luar masuk ke dalam kabin, mencegah udara atau angin yang membawa debu masuk ke dalam kabin, dan untuk meredam getaran pintu agar tidak menimbulkan suara bunyi berisik yang mengganggu pengemudi dan penumpang dalam mobil. 

Dalam perawatannya Anda perlu memberi perhatian lebih terhadap komponen yang satu ini. Karena, karet pintu mobil tidak bisa digunakan selamanya dan ada waktu untuk dilakuknya penggantian dengan yang baru. Agar karet pintu tetap bisa bekerja dengan baik, maka harus secara rutin dilakukannya pengecekan secara berkala. 

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui dan mendeteksi jika karet pintu mobil yang sudah tidak bekerja dengan maksimal : 

1. Bentuk Berubah 

Jika mendapati karet pintu mobil Anda sudah berubah bentuknya, maka harus segera dilakukan penggantian karet pintu mobil. Bentuk berubah hingga karet sudah gepeng, harus aegera menggantinya dengan karet yang baru. 

2. Kekedapan Suara Berkurang 

Jika terdengar suara besi yang beradu saat menutup pintu mobil, maka kondisi terebut menjadi pertanda karet pintu mobil sudah tidak layak digunakan. Akibat dari masalah tersebut adalah kekedapan suara dalam mobil akan semakin berkurang sehingga suara dari luar dapat masuk. Hal ini membuat pemilik mobil harus segera mengganti karet pintu mobilnya. 

3. Karet Rusak 

Jika kondisi dari karet pintu mobil dibiarkan dalam kondisi rusak, maka akan membuat bagian dalam kabin tidak nyaman dipakai karena dapat membuat suara dari luar masuk dan membuat air hujan dapat masuk ke bagian kabin, sehingga efek apabila terjadi adalah bau apek bisa terjadi di dalam mobil. 

4. Terdengar Siulan Akibat Suara Angin 

Akibat dari karet pintu mobil yang rusak yaitu dengan adanya suara siulan yang ditimbulkan dari suara angin yang masuk ke dalam mobil. Suara ini akan semakin terdengar ketika mobil dipacu dikecepatan  tinggi. 


CARA PERAWATAN KARET PINTU

Setelah mengetahui beberapa cara meindeteksi kerusakan dari karet pintu mobil Anda perlu mengetahui cara pencegahan dengan merawat karet pintu mobil tersebut. Untuk cara merawat karet pintu mobil terbilang sangat mudah dan tidak sesulit apabila dibandingkan merawat komponen lain. Dengan perawatan secara rutin, maka akan menyebabkan karet pintu mobil akan lebih tahan lama. Berikut ini beberapa cara yang tepat dalam merawat karet pintu mobil : 

1. Parkir mobil di tempat teduh 

Dalam memilih tempat parkir mobil pastikan teduh agar mobil terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung dan jangan terlalu lama terparkir secara langsung terkena sinar matahari agar tidak membuat karet mobil menjadi cepat kering. Selain panas matahari, mobil juga tidak akan kehujanan saat disimpan di tempat teduh. Jika karet mobil sering terkena hujan atau terlalu kering, maka umur pakai dari karet pintu mobil tidak akan tahan lama. Sehingga pastikan memilih parkir kendaraan yang benar-benar aman dan teduh agar umur dari karet pintu lama. 

2. Jangan kontak langsung dengan karet mobil 

Apabila keluar dan masuk dari mobil atau memasukkan barang ke dalam mobil, tentu akan menimbulkan kontak langsung dengan bagian karet pintu mobil. Pastikan tidak melakukan kontak secara langsung agar karet pintu tidak mudah robek sehingga dapat membuat kenyaman dalam mobil berkurang jika sobek atau rusak karet pintu mobil. 

3. Bersihkan kotoran yang menempel secara rutin

Apabila banyak kotoran yang menempel pada karet mobil akan membuat karet pintu mobil tidak akan bertahan lama pada pemakaianya. Pastikan selalu mencuci mobil secara rutin dan menyiram sela-sela karet mobil dengan baik. Gunakanlah air bersih untuk merontokkan berbagai kotoran yang menempel di pintu mobil dan manfaatkan cairan silikon guna menjaga kelembaban karet pintu. Jangan biarkan karet pintu mudah kering dan rusak. 


Demikian pembahasan lengkap mengenai tanda-tanda karet pintu mobil yang tidak layak dugunakan dan cara merawat dari karet pintu mobil. Dengan mengetahui tanda-tandanya, Anda dapat melakukan tindakan antisipasi dan segera membawa ke bengkel terdekat.

Salam Teknika!

0 Response to "Tanda-Tanda Karet Pintu Mobil Harus Diganti dan Cara Perawatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel