-->

iklan bawah header

Daftar Kode Busi Denso dan NGK pada Toyota Avanza Lengkap

Kode Busi Avanza - Seperti yang kita tahu bahwa pembakaran dalam ruang mesin sangat tergantung dengan adanya busi. Rasio bahan bakar, udara, dan percikan api yang tepat dan sesuai akan membuat rasa berkendara semakin menyenangkan. Pada mesin motor, percikan bunga api yang dikeluarkan busi, akan melengkapi pembakaran bensin dan udara yang terjadi dalam ruang mesin. Karena kehadirannya yang begitu penting maka perawatan busi pada mobil harus selalu diperhatikan. 


Tanda-Tanda Busi Minta Diganti

Untuk mengetahui kapan busi akan mati, terdapat berbagai tanda-tanda. Tanda-tanda seperti mesin ngadet, atau putaran mesin yang naik turun, bahkan sampai timbul ledakan pada knalpot karena busi mati. Sehingga apabila sudah merasakan gejala ini, lebih baik cepat-cepat untuk diganti dengan yang baru busi tersebut. 

Di bengkel, pada saat melakukan servisi sudah menjadi standar operasional untuk mengecek busi. Penggantian busi pada setiap jenis berbeda-beda. Dari jenis busi yang berbeda ini akan mempengaruhi harga beli busi sekaligus masa pakai dari busi tersebut. Jenis busi secara umum terbagi menjadi beberapa jenis, akan tetapi yang paling umum digunakan pada mobil saat ini ada dua macam, yaitu: busi non iridum (busi biasa) dan busi jenis iridium.

Mengganti busi tidak harus ke bengkel apabila Anda tahu kode busi yang dianjurkan oleh merk mobil Anda. Kalau Anda belum tahu berikut ini Admin membagikan merk dan kode dari busi mobil Avanza dari semua tipe yang beredar. Jadi jangan sampai salah memilih!


Daftar Kode Busi Toyota Avanza

Agar terhindar dari kesalahan membeli Tipe busi  pada Avanza, berikut ini tipe tipe busi pada avanza yang perlu Anda ketahui sebelum membeli dan menganti busi pada mobil.

1. Avanza keluaran pertama 2004-2005

Memiliki mesin dengan kode mesin K3-DE atau juga sering disebut Avanza EFI. Tipe Avanza tahun 2004-2005 ini menggunakan tipe busi :

  • K20PRU-11 pada Denso 
  • BKR6E11 pada NGK. 

Kunci busi apabila ingin melepas menggunakan ukuran 16 mm.  

2. Avanza generasi kedua 2006-2011 

Dari segi bodi mobil masih mirip dengan model pertama, akan tetapi sudah mendapat upgrade mesin menjadi kode mesin K3-VE yang telah mengadopsi teknologi VVTI. Tipe Avanza tahun 2006-2011 ini menggunakan tipe busi :

  • XU22 PR-9 pada Denso 
  • DCPR 7EA9 pada NGK. 

Penggunaan busi ini cocok juga pada mobil Avanza tipe S 1500cc dengan kode mesin 3SZVE 

3. Avanza generasi ketiga 2012-2015 

Tipe Avanza ini juga sering disebut juga dengan All new Avanza. Walaupun bodi sudah berbeda jauh dengan sebelumnya, akan tetapi pada dapur pacunya masih menggunakan mesin yang sama pada Avanza Generasi ketiga dengan kode mesin K3-VE. Sehingga busi yang digunakan juga masih sama yaitu : 

  • XU22 PR-9 pada Denso 
  • DCPR 7EA9 pada NGK.

Penggunaan busi ini cocok juga pada mobil Avanza Veloz 1500cc. 

4. Avanza generasi keempat dengan kode mesin 1NR-VE 

Sering disebut juga dengan Avanza Dual VVTI. Avanza generasi ini menggunakan busi standard yang sudah Iridium dengan nomer SCH16HR11 pada merk Denso, sementara untuk merk NGK belum mengeluarkan secara resmi tipe yang kompatibel. Akan tetapi dapat kita manfaatkan dengan menggunakan tipe LKAR6AGP dengan tipe platinum.

Penggunaan busi ini cocok juga pada mobil Grand Veloz 1500cc.


Demikian pembahasan kali ini mengenai daftar kode busi pada mobil Avanza dengan merk dari Denso dan NGK. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Daftar Kode Busi Denso dan NGK pada Toyota Avanza Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel