-->

iklan bawah header

Rem Parkir Bermasalah : Tanda dan Ciri Rem Tangan Rusak Harus Dicek dan Diperbaiki Segera

Pengertian rem parkir - Rem parkir terutama digunakan untuk parkir. Mobil penumpang dan kendaraan komersial kecil memiliki rem parkir roda belakang (rem kaki) atau rem parkir khusus yang dihubungkan ke roda belakang. Kendaraan niaga besar menggunakan rem parkir jenis rem tengah, yang dipasang di antara poros baling-baling dan gearbox. Sistem rem parkir terdiri dari tuas rem, joystick atau pedal, mekanisme kabel atau tuas, dan rem dan tromol sepatu yang menghasilkan gaya pengereman.

Akan tertapi bukan berarti komponen rem parkir ini tidak berpotensi rusak atau penurunan kinerja. Usia pemakaian mobil juga akan berpengaruh pada kinerja rem tangan. Meskipun tidak mengalami kerusakan secara mendadak, kerusakan akibat dari pemakaian normal juga akan dapat mengurangi kinerja rem tangan agar berfungsi dengan baik. Kelalaian dari pengguna mobil yang dapat juga mempercepat kerusakan atau keausan rem tangan adalah pengguna yang sering lupa melepas rem tangan saat menggunakan mobil. Sehingga mobil akan dipaksa berjalan dalam kondisi rem tangan aktif. Kondisi tersebut apabila sering terjadi, maka akan sangat mempercepat keausan pada rem tangan.


Ciri-Ciri Rem Tangan Perlu Diperbaiki

Tanda-tanda bahwa rem tangan sudah aus dan harus diperiksa atau diperbaiki segera ada beberapa ciri. Terdapat dua kondisi yang menjadi indikasi masalah pada rem tangan, yaitu: 

  • Tarikan tuas rem tangan menjadi lebih tinggi, kondisi normal setingan dari pabrikan adalah 5 hingga 7 klik, apabila sudah lebih dari itu kondisi rem tangan perlu dicek. Rem tangan sulit saat akan diturunkan menjadi indikasi ada sumbatan pada sistem rem tangan. 

  • Tarikan rem tangan yang jadi lebih tinggi, umumnya hal ini disebabkan karena kanvas rem yang sudah menipis. Sehingga perlu adanya penggantian dengan komponen kanvas baru. Tuas rem tangan yang sulit diturunkan dapat disebabkan adanya kotoran yang menyumbat sistem rem tangan, terutama mekanisme kabelnya. Sehingga perlu dibersihkan. 

Apabila rem tangan mobil mengalami dua gejala tersebut, maka sebaiknya segera bawa ke bengkel, untuk dilakukannya pengecekan sistem rem tangan dan dilakukan perbaikan, pembersihan atau mengganti kanvas rem jika sudah menipis.


Cara Memperbaiki (Menyetel) Rem Tangan

1. Masalah yang biasa terjadi pada rem tangan adalah ketika memarkir kendaraan. 

Pada tempat yang menurun, kendaraan masih juga bergerak

Hal umum sebagai penyebab masalah pengereman di antaranya adalah: 

  • Kawat penarik telah mulur/ kendor atau karat. 
  • Tempat sambungan kendor atau karat. 
  • Penyetelan kurang tepat. 
  • Jarak bidang pengereman antara kanvas rem/ pad dan tromol/ cakram terlalu besar.

Oleh karena itu, sebelum kegiatan perbaikan, pemeriksaan terhadap komponen dan cara kerjanya harus dilakukan, yaitu: 

  • Pastikan seluruh komponen berada pada kondisi normal dan dapat digunakan dengan baik. 
  • Periksa gerakan tuas rem dengan cara menarik sampai kedudukan pengerem, dan terdengar suara “klik” sesuai spesifikasi. Posisi tuas rem yang benar biasanya setengah dari keseluruhan gerakan tuas. Apabila setelah dilakukan pemeriksaan, 

2. Kerja rem tidak memuaskan

Sedangkan kerja rem tidak memperoleh hasil yang memuaskan, lakukan perbaikan dan penyetelan.

  • Bilamana tarikan kawat rem tidak lancar, berikanlah pelumasan jika masih memungkinkan. 
  • Bilamana tarikan kawat melebihi spesifikasi karena kawat mulur, gantilah kawat beserta kelengkapannya. 
  • Bila tarikan kawat melebihi spesifikasi karena setelan, lakukan penyetelan pada baut penyetel yang ada di tuas. Atau bilamana masih baik, dapat juga dilakukan penyetelan di bagian penyama (equalizer) di bagian bawah kendaraan.
  • Untuk penyetelan jarak bidang pengereman pada rem tromol tanpa penyetel otomatis, melalui pemutaran bintang (star) penyetel yang ada dalam tromol. Sedangkan, pada rem tromol dengan penyetel otomatis, jarak bidang pengereman telah dijamin oleh penyetel otomatis.
  • Untuk penyetelan jarak bidang pengereman pada rem cakram, menggunakan sekrup penyetel (3) apabila dilakukan, pengereman, tuas rem (2) karena tarikan kabel rem akan menekan piston beserta padnya melawan cakram dengan baik.
3. Celah Rem
Celah antara tromol dan kanvas besar akan menyebabkan penundaan pengereman. Jika celah antara drum fotosensitif dan kanvas terlalu kecil, rem akan terseret, menyebabkan drum dan kanvas fotosensitif menjadi aus. Begitu pula jika jarak bebas tapak pada keempat roda berbeda pada semua roda, maka kendaraan akan ditarik ke satu arah, atau roda belakang kendaraan akan seperti buntut ikan (berayun ke kiri dan ke kanan). Untuk mencegah hal ini terjadi, sangat penting untuk menyesuaikan jarak antara drum dan kanvas secara akurat ke spesifikasi yang disarankan dan menjaganya setiap saat. Pada beberapa tipe rem, penyetelan dilakukan secara otomatis, sedangkan untuk tipe rem lainnya, penyetelan harus dilakukan di depan umum.

4. Penyetelan Rem Tangan
Stel pada bagian penyetel sampai tercapai keadaan sesuai dengan gambar-gambar di bawah ini.



a. Tarik penuh, gerak batang 10 – 20 gigi Kontrol: tarik 3 gigi, roda masih harus dapat berputar bebas.

b. Tarik penuh, gerak tuas harus 3 – 7 gigi Kontrol: tarik 1 gigi, roda masih harus dapat berputar bebas.

5. Kontrol Kesamaan Kerja Rem Kanan dan Kiri
Tarik tuas rem tangan dari gerakan gigi per gigi hingga rem tangan mulai bekerja. Jika kondisi pengereman bagus, maka tahanan  hambatan kedua roda akan sama.
Tarik kembali tuas rem tangan gerakan gigi per gigi hingga roda tidak berputar. Jika rem tangan berfungsi dengan baik, kedua roda terjadi pada saat yang bersamaan.
Ketidaksamaan kerja rem dapat berasal dari: 
  • Nilai gesekan yang berbeda (tromol, kanvas) 
  • Kelancaran jalan kabel rem tangan yang berbeda.


Demikian pembahasan kali ini mengenai ciri rem tangan bermasalah dan perlu diperbaiki. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Rem Parkir Bermasalah : Tanda dan Ciri Rem Tangan Rusak Harus Dicek dan Diperbaiki Segera"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel