-->

iklan bawah header

Wiper Frameless VS Konvensional (Konstruksi, Kekurangan, dan Harga Wiper Frameless)

Wiper Frameless VS Konvensional - Saat berkendara dalam keadaan hujan kita harus tetap menjaga kenyamanan dan keamanan. Agar pandangan pengemudi jelas dan jernih saat hujan maka fungsi dari wiper memiliki peran utama. Sehingga, keberadaan part mobil ini adalah wiper blade untuk membersihkan permukaan kaca dan sangat dibutuhkan pada windshield maupun kaca belakang. 

Saat ini selain tipe dengan rangka yang sering kita jumpai, sudah cukup banyak beredar wiper blade aftermarket yang menawarkan model tanpa rangka atau frameless. 

Artikel berikut ini akan membahas mengenai perbedaan dari wiper blade jenis frameless apabila dibandingkan dengan tipe konvensional. Mari kita simak uraian beriku ini:

 

Keunggulan dan Kekurangan Wiper Frameless

Pada wiper frameless memiliki model yang lebih menarik apabila dibandingkan dengan wiper konvensional yang menggunakan rangka. Hal inilah yang menyebabkan pada mobil-mobil generasi modern menggunakan wiper jenis ini. 

Sedangkan kekurangan dari wiper frameless yang menjadi kurang minatnya penguna mobil beralih dari wiper konvensional adalah pada wiper frameless yang terbuat tanpa kerangka besi dianggap tidak lebih baik dari wiper konvensional dalam segi menyapu/menyeka air. Penggunaan setelah beberapa lama hanya akan menyebabkan bagian tengah saja yang akan kuat dalam menekan kaca. Berbeda dengan wiper blade yang menggunakan rangka yang akan memberi tekanan lebih merata pada kaca. 

Usia pemakaian wiper frameless biasanya akan lebih cepat apabila dibandingkan dengan wiper konvensional. Apabila sering digunakan, akan menyebabkan karet mengendur, sehingga hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan dalam membersihkan air yang hasilnya menjadi lebih buruk karena tidak ditunjang dengan kerangka besi yang mampu menekan karet tersebut. 

Walaupun memilik tampilan yang lebih menarik, ternyata untuk dapat membeli wiper model frameless akan harus mengeluarkan kocek lebih dalam. 


Konstruksi

Kontruksi dari wiper frameless terbuat menggunakan bahan karet yang lentur dan lembut. Meskipun demikian, karet tersebut sudah sangat kuat dalam membersihkan air di kaca mobil. Dikarenakan terbuat dengan bahan yang lembut, maka wiper blade model ini sangat aman dalam penggunaan karena tidak ada batang besi yang keras, dan diklaim tidak akan menggores kaca ketika karet mulai menipis. 

Pada wiper frameless tidak menggunakan besi penyangga atau frame, maka pada wiper frameless tidak akan berkarat apabila terlalu lama digunakan. Adanya karat pada rangka wiper, selain merusak penampilan, juga akan dikhawatirkan menyebabkan noda pada kaca. 


Harga

Apabila wiper model konvensional memiliki rentang harga Rp30 – Rp100 ribuan tergantung dari mereknya. Berbeda dengan model wiper frameless yang dihargai hampir dua kali lipat berkisar Rp150-Rp300 ribu tergantung dari merek.  


Penggunaan wiper ini biasanya pada mobil sport atau mobil mewah, karena pemiliknya lebih suka dengan tampilan wiper frameless. Sedangkan untuk pengguna mobil seperti Kijang atau Jip, malah lebih suka yang model konvensional karena lebih menarik dan cocok.

Demikian pembahasan kali ini mengenai perbedaan frameless vs konvensional. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Wiper Frameless VS Konvensional (Konstruksi, Kekurangan, dan Harga Wiper Frameless)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel