-->

iklan bawah header

Tanda-Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian Jika Kadaluarsa

Karet wiper bermasalah -  Visibilitas pengendara terhadap jalan merupakan hal yang paling vital diektahui oleh pengemudi mobil. Dalam beberapa kondisi seperti hujan lebat akan dapat mengurangi visibilitas berkendara sehingga kalau tidak dapat diatasi dapat membuat rasa nyaman dan aman berkendara berkurang. Terdapat komponen yang dapat digunakan mengantisipasinya yaitu wiper kaca mobil. Adapun fungsi wiper adalah untuk membersihkan atau menyeka kaca mobil dari air karena turun hujan atau basah. Saat turun hujan dan tidak ada wiper pada mobil akan membuat pandangan pada jalan jadi buram dan beresiko menimbulkan kecelakaan. 

Dalam perawatannya, wiper harus selalu dijaga agar kinerja tetap optimal. Pemeriksaan wiper juga dilakukan agar visibilitas pengemudi tetap aman meskipun di hujan deras sekalipun diterjang. Sehingga jangan sampai wiper bermasalah karena dapat membuat kenyamanan berkurang dan terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Komponen wiper mobil juga mempunyai usia pakai, sehingga perlu dilakukan penggantian saat sudah masanya atau kadaluarsa, sehingga wiper dapat bekerja dengan baik. Berikut ini merupakan resiko dan tanda-tanda wiper perlu dilakukan penggantian :


Risiko Menggunakan Wiper Kadaluarsa 

Berikut ini beberapa resiko apabila tetap menggunakan wiper yang sudah kadaluarsa dalam berkendara saat hujan:

1. Visibilitas yang tidak mencukupi 

Wiper yang tidak lagi berfungsi dengan baik, tidak dapat menyapu air dan kotoran secara maksimal, sehingga tidak memberikan visibilitas yang cukup baik pada pengemudi mobil. Hal ini berbahaya jika pada malam hari dan hujan deras. 

2. Kerusakan kaca akibat gesekan

Kondisi dari karet wiper yang sudah mengeras akan berdampak pada kerusakan pada kaca, sehingga dengan mengganti wiper dengan yang baru sebelum waktunya akan lebih murah dibanding akibat buruk pada kualitas kaca mobil. 

3. Suara bising  

Suara gesekan pada kaca dan karet wiper yang sudah kadaluarsa akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. 

4. Beban Motor wiper menjadi berat  

Kerusakan pada motor penggerak wiper juga akan menjadi risiko yang tidak murah apabila terjadi akibat membiarkan wiper kadaluarsa dan tetap digunakan dalam waktu lama.


Tanda-Tanda Wiper Perlu Penggantian

Sedangkan tanda-tanda apabila wiper sudah kadaluarsa dan harus diganti adalah sebagai berikut :

1. Terdapat Sisa Air Wiper Di Kaca 

Untuk mengecek kondisi kerja dari wiperdapat dicoba dengan cara melakukan penyiraman pada kaca mobil saat posisi wiper ON. Apabila kaca mobil dapat kering secara menyeluruh tanpa meninggalkan bercak air maka menandakan kondisi dari wiper masih bagus. Namun, apabila masih terdapat bercak air maka akan menjadi tanda bahwa karet wiper sudah perlu diganti. 

Gambar diatas menunjukkan kondisi wiper yang sedang bekerja menyeka kaca depan mobil. Saat wiper bekerja dengan baik maka penyekaan air akan maksimal

2. Muncul Suara Berdecit 

Saat posisi wiper ON dan timbul suara berdecit, maka hal ini menandakan bahwa karet wiper mulai mengeras dan tidak fleksibel lagi. Apabila karet sudah tidak fleksibel lagi, akan beresiko muncul masalah lain seperti baret pada kaca sehingga visibilitas menjadi kurang baik dan suara berdecit. 

Cek selalu kondisi dari karet wiper, ganti apabila sudah mengeras agar tidak menganggu kinerja dari wiper.

3. Bentuk Karet Wiper Berubah 

Pengecekan dengan cara menyentuh karet secara langsung. Apabila kondisinya sudah kasar teksturnya, pecah-pecah, pinggiran tidak rata atau terdapat retakan maka hal ini menunjukan bahwa karet wiper telah aus. Sedangkan dari segi bentuk, kondisi karet yang sudah tidak begitu baik akan tampak melengkung dan tidak lurus. Kondisi tersebut akan membuat adanya bagian pada kaca mobil yang tidak tersapu oleh karet wiper.

4. Pergerakan Wiper Terhambat 

Kondisi ini merupakan hal buruk, jika wiper bergerak tidak lagi mulus di permukaan kaca dan terhambat. Kondisi tersebut merupakan tanda bahwa karet wiper sudah mengeras dan benar-benar tidak lagi elastis, sehingga harus segera diganti.

Maka segera ganti wiper dengan yang baru agar tidak mempengaruhi kinerja dari motot wiper.


Demikian pembahasan kali ini mengenai resiko dan tanda-tanda wiper perlu dilakukan penggantian. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. 

Salam Teknika!

0 Response to "Tanda-Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian Jika Kadaluarsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel