-->

iklan bawah header

Mesin Mobil Mati saat Lepas Gas : Penyebab dan Cara Perbaikan

Mengatasi mesin mobil mati saat lepas gas - Pernahkan Anda mengalami mesin mobil mati saat gas dilepas? Apabila pernah, maka terdapat masalah pada komponen mesin mobil yang mempengaruhi kinerja dari mesin. Anda disarankan untuk segera melakukan pengecekan atau tune up yang berguna mengetahui dari penyebab kerusakan komponen yang membuat mesin mobil tiba-tiba mati saat pedal gas dilepas. 

Mesin mobil yang mati saat gas dilepas juga bisa menjadi tanda-tanda kerusakan mobil yang cukup parah, seperti karena overheating atau bahkan turun mesin mobil. Sehingga, untuk memastikannya penting mengetahui beberapa penyebab yang membuat mobil mati tiba-tiba ketika pedal gas dilepas. 

Setelah mengetahui dari penyebabnya, Anda wajib juga pelajari bagaimana cara mengatasi kendala tersebut. Berikut ini kita akan membahas lebih lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin mobil mati saat pedal dilepas :


Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Lepas Gas 

Terdapat berbagai banyak kondisi yang dapat menyebabkan mesin mobil mati saat Anda melepas pedal gas dilepas. Berikut ini beberapa di antaranya : 

1. Pompa bahan bakar rusak 

Pompa bahan bakar yang rusak merupakan salah satu penyebab dari masalah ini. Fungsi utama pompa bahan bakar adalah memompa dan memindahkan bahan bakar dari tangki bensin ke mesin. 

Kerja dari pemompaan dilakukan secara berkala dan harus terus terjadi. Apabila pompa tidak berfungsi dengan baik, akan menyebabkan mesin tidak mendapat asupan bahan bakar yang tepat dan akhirnya kondisi ini membuat mesin tidak bekerja maksimal menyebabkan mesin mobil mati ketika gas dilepas. 

Tanda awal dari pompa bermasalah adalah mobil yang sulit untuk distarter. SEgera pebaiki dan ganti jika rusak karena jika terus dibiarkan maka bisa mati total. 

2. Kerusakan komponen pengapian 

Apabila komponen pengapian yang mengalami kerusakan yang bisa disebabkan karena kondisinya sudah aus akan menyebabkan mobil sulit dinyalakan, mobil menjadi lebih boros, dan lampu indikator untuk memeriksa mesin pun bisa menyala juga. 

Akibat dari masalah ini lama kelamaan mesin mobil akan mulai tersendat. Khususnya saat sedang mencapai kecepatan tinggi. Saat mobil diberhentikan, akhirnya mesin akan mati secara tiba-tiba (saat idle). 

3. Filter bahan bakar bermasalah 

Filter bahan bakar berguna untuk menyaring bensin sebelum mencapai mesin dan berperan penting untuk melindungi injektor bahan bakar. Perawatan dengan penggantian filter bahan bakar harus secara berkala. 

Akibat jika tdak diganti, mengakibatkan kinerja dan penghematan bahan bakar bermasalah secara perlahan-lahan. Kondisi dari filter bahan bakar yang rusak akan membuat mobil kehilangan tenaga, dan akselerasi mobil akan sulit hingga mobil tidak bisa menyala. Hal tersebut karena bahan bakar tidak mampu mencapai mesin mobil.

4. Vakum bocor 

Kebocoran vakum harus dihindari pada mesin karena akan membuat kecepatan idle menjadi kasar atau terlalu cepat. Apabila kebocoran ini terus didiamkan akan mengakibatkan mesin mobil akan sering mati secara tiba-tiba. Biasanya akan terdengar suara mendesis dengan lampu “Check Engine” yang menyala di dashboard spedometer. 

5. Idle speed control (ISC) tidak berfungsi 

Ada beberapa kemungkinan penyebab dari ISC tidak bekerja yang menyebabkan mesin tidak berputar secara stasioner, antara lain : ECU mengalami kerusakan, ISC macet, Jalur kabel antara ISC dan ECU ada yang putus. 


Cara Mengatasi Mesin Mobil Mati Saat Lepas Gas

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan langkah perbaikan dan perawatan secara berkalan mobil Anda. Yang penting diketahui adalah cara melakukan tindakan service sesuai dengan jenis kerusakannya. 

Apabila permasalahan tersebut disebabkan karena filter bahan bakar rusak, maka segera lakukanlah penggantian dengan yang baru dan sesuai karena filter bahan bakar rusak tidak dapat diperbaiki kembali. 

Segera bawa ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan serta perbaikan agar kerusakan seperti fuel pump rusak, komponen perapian usang, hingga ditemukannya kebocoran vakum mobil dapat teratasi oleh ahlinya. 

Sedangkan apabila karena masalah karburator jika mobil Anda masih konvensional berikut ini cara mengatasinya mudah, kamu tinggal ikuti cara berikut ini: 

  • Setting angin karburator terlebih dulu pada dua sekrupnya, caranya dengan menghidupkan mesin lalu tahan gas agar mesin tidak mati. 
  • Kencangkan sekitar 2-3 putaran sekrup gas/angin hingga mesin tidak mati meski gas tidak ditahan. 
  • Kendorkan sekrup pilot jet maka RPM mesin akan naik. 
  • Terakhir, kendorkan sekrup angin hingga RPM mesin ada pada sekitar 1.000 RPM. 


Demikian pembahasan kali ini mengenai tips mengatasi masalah apabila mesin mobil mati saat di lepas pedal gas. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. 

Salam Teknika!

0 Response to " Mesin Mobil Mati saat Lepas Gas : Penyebab dan Cara Perbaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel