-->

iklan bawah header

Penyebab Mobil Brebet Saat Di Gas Di RPM Tinggi / Rendah dan Solusi Mengatasi

Penyebab mobil brebet - Mengendarai mobil dengan nyaman dan aman merupakan keinginan semua pengemudi. Akan tetapi sering kali terdapat kasus mobil mengalami brebet saat di gas baik pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. 

Salah satu kekurangan atau masalah yang timbul saat menggunakan mobil tersebut adalah mobil anda brebet pada saat di RPM tinggi maupun rpm rendah. Selain akan membuat tidak nyaman, juga membuat akan membuat pengemudi was-was apabila tidak mengerti dan memahami akan mesin mobil yang digunakan. 

Apabila sedang berada di jalan tol atau padat lalu lintas akan tetapi mesin mobil brebet hingga mati, selain dapat mengganggu kenyamanan juga akan mengganggu pengguna jalan lainnya yang sedang dan akan melintas di jalan raya tersebut. Apalagi jika panik dan tidak bisa mengatasi permasalahan tersebut. 

Pada pembahasan kali ini penulis akan membagikan informasi tentang penyebab dan cara mengatasi mobil brebet pada RPM tinggi dan RPM rendah. Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya : 


13 PENYEBAB MOBIL BREBET SAAT DI GAS RPM TINGGI / RENDAH

1. Filter bensin yang kotor 

Saat filter bensin yang tertutup kotoran, akan dapat membuat proses penyaringan bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terhambat. Sehingga, membuat proses pembakaran akan menjadi kurang optimal dan dampaknya mesin mobil brebet dan tenaga saat digas karena kekurangan bahan bakar saat proses pembakaran. Tersumbatnya filter bensin juga merupakan salah satu penyebab mobil mogok. 

2. Kualitas bahan bakar tidak sesuai

Perlu diketahui bahwa masing-masing bahan bakar memiliki kandungan oktan yang beragam, yang beredar antara 90, 92, dan 98. Saat pemilik mobil mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobi, akan dapat menyebabkan mobil brebet dan performa mobil tidak optimal. 

3. Bahan bakar hampir habis 

Saat bahan bakar hampir habis juga dapat menimbulkan brebet saat digas. Pastikan untuk mengisi bahan bakar sebelum  tanda empty ‘E’ hidup. Apalagi kalau mobil menggunakan bahan bakar diesel yang jika sampai habis akan bisa membuat pompa injeksi jadi kemasukan angin. 

4. Pompa bahan bakar rusak 

Pada fuel pump terdapat sebuah membran. Membran ini dapat aus dan robek yang dapat mengakibatnya suplai bahan bakar ke injektor akan tidak lancar. Cara mengetahui kondisinya dengan melihat adanya rembesan bahan bakar atau bau bensin yang tercium sampai ke dalam mobil. 

5. Mesin overheat 

Kondisi mesin mobil terlalu panas atau overheat juga dapat menjadi penyebab mobil brebet saat digas. Saat mesin mobil overheat, maka akan membuat kecepatan mobil menurun dan pedal gas mobil biasanya terasa ngempos. 

Hal tersebut membuat mesin menjadi tersendat-sendat dan tidak memiliki tenaga. Cek bagian radiator mobil karena biasanya overheating disebabkan karena air pendingin menipis bahkan habis atau kipas pendingin yang sudah lemah. Jika overheat karena air radiator habis, maka harus cari tahu penyebab air radiator cepat habis tersebut. 

6. Throttle body kotor 

Fungsi dari throttle body adalah sebagai jalur masuknya udara. Dalamnya terdapat kontrol untuk mengatur putaran mesin. Jika sistem ini kotor, maka sistem otomatis tidak akan bekerja sehingga menyebabkan mesin mobil brebet. Perawatan dari komponen throttle body harus dilakukan pembersihan atau pengecekan secara berkala setiap 50.000 kilometer sekali. 

7. Masalah pada sensor 

Pada mobil yang sudah mengadopsi sistem injeksi peran dari sensor untuk mengirim sinyal ke engine control unit (ECU) sebagai masukan kinerja mesin. Apabila komponen sensor rusak akan menyebabkan data yang dikirim ke ECU tidak akurat. Efeknya adalah bahan bakar yang disuplai pun menjadi tidak sesuai. 

Saat perhitungan ECU tidak akurat, akan dapat menyebabkan gangguan seperti mobil mengalami brebet saat digas. Sensor EFI yang berfungsi mendeteksi kondisi suhu mesin dan aliran udara dapat juga membuat mesin brebet kalau rusak. Sensor rusak ini juga menjadi penyebab mobil brebet di RPM rendah. 

8. Busi yang tidak sesuai standar 

Fungsi dari busi sendiri sebagai komponen untuk memercikan bunga api yang juga dapat mempengaruhi performa mesin apabila salah dalam memilih busi. Apabila kekuatan memantiknya kurang kuat, akan membuat pembakaran tidak akan terjadi. 

Busi juga harus diganti jika sudah terlalu lama diganti. Kondisi dari busi mobil yang sudah rusak atau hangus ini akan memicu timbulnya brebet. Jika kondisi busi sudah hitam dan gosong, maka segera ganti yang baru. 

9. Sistem injeksi terdapat angin 

Sistem injeksi bahan bakar yang masuk angin juga menjadi penyebab utama mobil brebet, terutama di RPM rendah. Saat sistem injeksi masuk angin, maka akan menciptakan gelembung-gelembung udara yang masuk ke sistem pembakaran bahan bakar dan memicu tekanan bahan bakar yang tidak stabil. Hal inilah yang membuat mesin brebet saat digas. 

10. Karburator mobil bermasalah 

Apabila mobil masih menggunakan karburator atau konvensional dan mengalami brebet saat RPM tinggi saja. Cara memeriksa karburator mobil apabila normal RPM dapat bisa menembus sekitar 5.000 RPM. Akan tetapi, apabila ada kerusakan pada karburator dan membuat jarum indikator RPM tidak bisa menembusnya sehingga malah muncul brebet, maka segera periksakan karburator mobil jika tidak mau mobil brebet bahkan mobil tiba-tiba mogok di jalan. 

11. Sistem pengapian di mesin terganggu 

Secara berkala cek komponen pengapian seperti koil, delco, CDI, busi, dan kabel-kabel yang menghubungkannya. Apabila salah satu dari komponennya terganggu, maka akan berpengaruh pada komponen lain dan dapat menyebabkan brebet saat di RPM tinggi. 

12. Kondisi ruang bakar kotor

Saat proses pembakaran mesin akan menghasilkan daya panas, ekspansi dan juga gas residu. Gas residu yang dihasilkan ini akan dikeluarkan melalui exhaust manifold kemudian knalpot. Terkadang residual ini memiliki jumlah cukup padat dan berbentuk kerak. Saat residual ini padat maka akan bisa terus menumpuk di dalam ruang bakar. Hal inilah yang akan menyebabkan mobil brebet atau tersendat terutama saat di RPM tinggi. 

13. Filter udara kotor atau rusak 

Filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bahan bakar agar tidak tercampur dengan partikel kotoran dan debu, sehingga membuat pembakaran mesin sempurna. Apabila filter udara mengalami kerusakan ataupun kotor, maka tarikan gas akan menjadi terasa lebih berat dan bisa berakibat mobil menjadi brebet. 

Apabila filter udara sudah rusak parah, maka segera menggantinya dengan yang baru. Kondisi dari filter udara yang rusak bisa menyebabkan mobil brebet dan mesin mati secara mendadak.

14. Jarang memanaskan mobil 

Dengan secara rutin memanaskan mobil sangatlah penting dalam menjaga mesin tetap dalam kondisi yang baik meskipun mobil jarang digunakan. Jika tidak dipanaskan akan menjadi penyebab mobil brebet di RPM rendah dikarenakan mesin kaget bila tiba-tiba tancap gas. 


CARA MENGATASI PENYEBAB MOBIL BREBET SAAT DI GAS

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil brebet saat digas di RPM tinggi maupun RPM rendah: 

1. Gunakan bahan bakar yang sesuai 

Umumnya pada mesin injeksi memiliki perbandingan kompresi yang tinggi bisa lebih dari 10:1. Sehingga saat kompresi semakin tinggi, maka nilai oktan BBM yang dibutuhkan akan makin tinggi. Pilihlah bahan bakar yang berkualitas dan disesuaikan dengan mesin mobil. 

2. Rutin memanaskan mobil 

Mobil yang jarang dipanaskan akan memicu terjadinya mesin mobil brebet. Pastikan jika mobil dipanaskan dulu sebelum digunakan. Hindari starter mobil dan langsung tancap gas untuk menghindari brebet di RPM rendah. 

3. Cek selang yang terhubung langsung ke pompa bensin 

Periksalah selang yang terhubung langsung dengan bagian pompa bensin untuk melihat apakah ada kotoran yang tersisa selama proses pembakaran. Kotoran yang mengendap ini akan tersedot oleh selang dan menyebabkan terganggunya kinerja yang menyebabkan brebet. Bersihkan apabila ada endapan pada selang.

4. Bersihkan filter udara dan ganti jika rusak

Secara rutin untuk membershikan filter udara dengan menyemprotkan udara bertekanan supaya kotoran terangkat. Jika kondisi dari filter rusak maka ganti dengan yang baru.

5. Bersihkan filter bensin 

Lakukan pemebersihan secara berkala setidaknya satu atau dua tahun sekali pada filter bensin. Untuk mencegahnya, pemilik kendaraan tidak disarankan untuk mencampurkan bahan bakar karena dapat memicu korosi pada tangki mobil. 

6. Bawa ke bengkel terdekat 

Untuk memastikan penyebab mobil brebet saat digas yang lebih pasti, bawalah mobil ke bengkel langgananmu untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikannya.


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab mobil brebet-brebet pada RPM tinggi maupun renda dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Penyebab Mobil Brebet Saat Di Gas Di RPM Tinggi / Rendah dan Solusi Mengatasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel