-->

iklan bawah header

Macam-Macam Tang dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel - Hand Tools

Hand tools – Sering kita dengar istilah hand tools dalam dunia teknik salah satunya adalah pada bidang otomotif di pekerjaan yang banyak melibatkan alat bantu tersebut. Fungsi dari special tools atau alat bantu dalam dunia otomotif adalah digunakan dalam meringankan perkerjaan bengkel. Dikenal dengan beberapa jenis peralatan yang berfungsi dalam merawat kendaraan, mulai dari power tools, special service tools, hingga yang paling banyak digunakan, hand tools. 

Apa yang dimaksud dengan hand tool ini? Sesuai namanya, peralatan yang disebut hand tool berarti dioperasikan dengan tenaga tangan manusia. Banyak alat yang ditemukan pada bengkel otomotif yang termasuk dalam jenis hand tools, salah satunya adalah tang. Tang merupakan alat bantu yang dioperasikan dengan tenaga manusia yang paling banyak dipakai dalam pekerjaan bengkel. Berikut ini merupakan berbagai jenis macam tang yang digunakan dan dikategorikan hand tools.


PENGERTIAN TANG 

Tang (plier) secara umum adalah sebuah alat penjepit yang biasa digunakan atau berfungsi menjepit, memotong dan memegang benda dengan erat. Tang yang umum digunakan biasanya untuk menjepit benda kerja. Tetapi, tang terdapat berbagai macam dengan fungsi yang berbeda - beda. Tang adalah alat yang digunakan untuk memegang, melonggarkan, memutar, mencabut atau memotong benda kerja. Tang biasa digunakan dalam aktivitas yang berhubungan dengan mekanik otomotif, kelistrikan, reparasi dan sebagainya. Alat yang sering disebut gegep ini terbuat dari bahan besi dan baja. Pada bagian untuk pemegangnya dilapisi dengan bahan karet yang keras agar tidak licin ketika digunakan. Umumnya tang memiliki ukuran kecil atau hanya satu genggaman tangan. Tang mempunyai berbagai macam jenis dengan fungsi dan cara kerja berbeda antara satu dengan lainnya. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat macam macam tang beserta gambar dan juga fungsi-fungsinya tersebut.


MACAM-MACAM JENIS TANG

Berikut ini adalah macam - macam tang (plier) dan fungsinya : 

1. Tang Potong (Side Cutting Plier) 

Pada tang potong terdapat rahang yang tajam yang fungsinya adalah untuk memotong kawat, tali ataupun kabel-kabel kecil. Tang ini hampir sama fungsinya seperti tang kombinasi, hanya saja dalam scope yang lebih kecil. Karena hal itu, memotong dengan menggunakan tang potong lebih mudah dan efisien jika dibandingkan dengan menggunakan tang kombinasi.

Fungsi dari tang potong bisa dikatakan sama seperti gunting. Hanya saja pada benda-benda yang dipotong pada tang potong lebih keras dan spesifik.


2. Tang Kombinasi (Combination Plier) 

Tang kombinasi dapat berfungsi untuk memotong kabel, pengupas kulit kabel, maupun melilit kabel. Tang kombinasi juga dapat digunakan untuk menggenggam komponen-komponen bulat berukuran kecil dan membengkokkan logam yang tipis. Tang kombinasi ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. 

Tang kombinasi merupakan tang yang paling banyak kegunaannya. Fungsi dari tang kombinasi adalah memotong, memegang, dan membengkokan benda kerja. Sedangkan pada bagian ujung tang dapat digunakan untuk memotong kawat, kabel atau fiber tipis. Dan pada bagian tengah tang yang oval bergerigi bisa berfungsi sebagai pemutar atau penjepit benda kerja seperti mur ataupun baut. 

Benda ini adalah salah satu barang yang wajib dimiliki di bengkel, dikarenakan selain fungsi yang telah disebutkan diatas, ia masih memiliki banyak kegunaan lain..


3. Tang Cucut (Long Nose Plier) 

Tang cucut bentuknya menyerupai dengan ikan cucut yang mocong pipih dan panjang. Tang dapat digunakan untuk memotong kabel dan menjepit kabel atau kawar. Fungsi tang lancip lainnya adalah untuk membuka tutupan pada benda-benda kerja yang terhalang atau sulit dijangkau, membengkokkan, dan membentuk kabel atau lembaran besi lunak. 


4. Tang Slip Joint (Slip Joint Pliers) 

Tang slip joint mirip dengan tang kombinasi, tetapi pada tang jenis ini tidak tersedia untuk memotong. Tang slip joint dapat berfungsi sebagai pemegang atau penjepit pada benda kerja. Tang Sambungan Slip (Slip Joint Pliers) 

Fungsi tang slip joint adalah sebagai penggenggam atau pemutar benda kerja seperti mur dan baut. Fungsinya kurang lebih sama seperti pada tang kombinasi akan tetapi dalam bentuk dan kegunaan yang lebih sederhana.


5. Tang Air (Interlocking joint plier/Multi Grip) 

Tang air dapat digunakan untuk menjepit benda bundar atau bengkok dengan sangat kuat.  Contoh pengunaan pada pipa besi.


6. Tang Kakatua 

Tang ini disebut dengan tang kakaktua dikarenakan bentuk mirip dengan paruh dari burung kakaktua. Tang kakaktua sering digunakan untuk memotong kawat ataupun mencabut paku. Selain itu tang ini bisa juga digunakan memotong kabel atau benda lain yang ukurannya kecil.


7. Tang buaya (Vice Grip) 

Tang jenis ini biasanya digunakan sebagai sekrup bangku (vice) portabel berukuran kecil.  Fungsi tang buaya adalah untuk memegang atau mencengkram suatu komponen yang akan dibuka dengan cara diputar-kan bagiannya. 

Tang  buaya juga dapat digunakan untuk melonggarkan dan mengencangkan baut ataupun mur. Walaupun tentu saja cengkramannya tidak sekuat dengan menggunakan kunci pas.


8. Tang Sirklip Dalam (Internal Circlip Pliers) 

Tang ini digunakan dalam melepaskan atau memasang internal circlip yang digunakan untuk menahan beberapa pin di dalam piston. 


9. Tang Sirklip Luar (External Circlip Pliers) 

Berbeda dengan jenis tang diatas. Pada tang sirklip luar digunakan untuk melepaskan dan memasang external circlip seperti yang akan digunakan untuk menahan bearing (laker) pada shaft. 


10. Tang Rivet (Rivet Pliers) 

Fungsi dari tang rivet adalah untuk memasang paku keling (rivet) pada 2 benda yang akan disatukan. Prinsipnya kurang lebih sama seperti baut dan mur. Hanya saja dalam penyatuan benda menggunakan paku keling secara permanen dan tidak menggunakan mur sebagai pengunci. 


11. Tang Crimping (Crimping Pliers) 

Tang crimping adalah tang yang berfungsi untuk memotong atau pengupas kulit kabel. Pada tang ini memiliki beberapa macam ukuran sesuai dengan ukuran kabelnya, dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Untuk memotong/mengupas kabel kita tinggal memasukan kabel ke salah satu lubang yang ada. Selanjutnya tinggal kita tekan atau diputar dulu agar potongannya lebih merata.

Sehingga dalam menggunakan tang pengupas kabel ini dapat disesuaikan dengan ukuran diameter kawat kabel yang akan dikupas kulit kabelnya.


12. Tang Press Hidrolik

Tang Press atau Crimping Tool adalah tang yang sering dipakai oleh mekanik kelistrikan ataupun elektronika. Fungsinya adalah untuk menyambungkan antara kabel dengan sepatu kabel atau skun. Pengunaan dari tang press hidrolik lebih mudah dan hemat tenaga dikarenakan dalam menekan menggunakan sistem pompa. Tang ini biasanya digunakan pada pemasangan skun kabel di aliran listrik bertegangan tinggi atau kabel-kabel berukuran besar. 


13. Tang Press Manual 

Hampir sama dengan jenis tang press hidrolik. Fungsi tang ini adalah untuk menghubungkan kabel dengan skun kabel atau cable lug. Hanya saja dalam penggunaan masih manual atau menggunakan tenaga tangan. Tang press manual umumnya digunakan untuk melakukan penyambungan pada kabel-kabel kecil atau kabel bertegangan rendah sampai sedang. 


14. Tang Ampere 

Tang ampere disebut juga dengan clamp meter. Tang ampere adalah alat ukur arus listrik yang lazim dipergunakan dalam electrical. Dengan menggunakan alat ini dapat mengetahui arus listrik yang mengalir pada suatu kabel tanpa harus melepas atau mematikan arus listrik terlebih dahulu.


Demikian pembahasan kali ini mengenai macam-macam tang dan fungsinya dalam membantu kerja di bengkel atau praktik. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. 

Salam Teknika!

0 Response to "Macam-Macam Tang dan Fungsinya Lengkap dalam Peralatan Bengkel - Hand Tools"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel