-->

iklan bawah header

Solusi Ampuh Mengatasi Masalah Kode Error 12 Yamaha Aerox 155

Kode 12 Aerox - Yamaha Aerox 155 merupakan salah satu motor matic Maxi Yamaha yang memiliki cukup banyak peminat di kalangan anak muda Indonesia. Dengan perpaduan desain gagah dan spesifikasi mesin yang mumpuni, beragam fitur canggih yang menarik juga telah disematkan pada motor matic ini Yamaha ini. Namun dibalik kelebihan yang ditawarkan tersebut terdapat beberapa kelemahan pada motor ini yang tak jarang ditemui beberapa lalu. Seperti munculnya kode 12 pada intrument dashboard pada beberapa motor Yamaha Aerox.. Munculnya kode error 12 pada Aerox 155 di panel instrumen pun membuat para pemilik sedikit kaget dan panik. Karena saat kode error 12 tersebut muncul, menyebabkan mesin motor akan mati total, sehingga motor tidak dapat berjalan.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab munculnya kode error 12 pada Yamaha Aerox dan bagaimana solusi agar tehindar dari kode 12? 

Jika di lihat dari daftar kode error yang telah dishare sebelumnya, kode error 12 sebenarnya mempunyai arti bahwa ada masalah pada crankshaft position sensor/pulser. Signal yang diterima oleh CPS tidak normal. Akan tetapi pada kenyataannya komponen CPS/pulser seharusnya sangat jarang mengalami kerusakan yang fatal. Lanta apa yang menjadi penyebab kenapa muncul kode error 12  pada motor matic Yamaha Aerox 155?  Mari kita simak ulasan berikut ini. 


Penyebab Muncul Kode Error 12 Aerox 155

Yamaha Aerox 155 hingga saat ini masih ada saja yang ditemui masalah eror kode 12 yang disertai dengan motor mogok. Arti dari kode 12 ini yaitu terdapat masalah di seputar Crankshaft Position Sensor atau pulser, hal ini disebabkan soket yang menyambungkan antara spull dengan kabel bodi biasanya terlihat gosong terbakar. Hal ini akan mengakibatkan suplai listrik yang diterima SGCU (Starting Generator Control Unit) akan menjadi tidak stabil dan kurang sehingga motor tidak bisa dihidupkan.

Kondisi dari soket kebakar atau panas biasanya karena kurang kencang atau kurang keras dalam hubungannya,  yang menyebabkan suplai arus listrik terputus-putus dan timbul percikan api sehingga akan menjadi panas. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa munculnya kode error 12 bukan berasal dari kerusakan pada bagian CPS (Cranshaft Position Sensor) atau mungkin bisa saja terjadi karena hal tersebut (dengan persentase yang cukup kecil). Kebanyakan penyebab utama dari munculnya kode error 12 pada Yamaha Aerox 155 dikarenakan adanya malfungsi pada sistem kelistrikan. Error 12 pada motor matic Yamaha Aerox ini bisa saja muncul secara tiba-tiba dan dapat membuat mesin motor akan secara tiba-tiba mati. Parahnya lagi bahkan tidak bisa sampai distarter yang membuat kalian harus mendorongnya. 


Solusi Mengatasi Masalah Kode 12

Saat ini Yamaha sudah mengeluarkan spul model baru untuk Aerox 155 model lawas dan Lexi 125, dengan adanya spul model terbaru ini diharapkan eror 12 pada motor dapat diminimalisir. Untuk bentuk spulnya adalah sebagai berikut :

Yamaha mengeluarkan spul model baru untuk Aerox 155 dan Lexi 125 dengan kode B63-H1410-10. Kode tersebut perlu dipahami agar tidak salah dalam memilih, karena spul model yang lama masih banyak beredar di pasaran.

Jika spul model lama kode partnya adalah B63-H1410-00. Untuk spul model baru kode partnya adalah B63-H1410-10 atau pakai yang kit dengan kode 99999-04498 yang isinya spul, braket dan kabel tis , perihal harrga tidak jauh berbeda. 

Dengan perbedaan kode bagian belakang saja pada spul model lama dengan baru, jangan sampai salah membeli. Untuk harganya sendiri berkisar 800ribuan (tergantung marketplace). 

Perbedanan spul lama dengan model baru adalah pada panjang kabel, kalau spul dimodel lama kabelnya pendek dan soketnya ada di atas spull, sedangkan dimodel baru ini kabelnya super panjang sampai ke SGCU.


Demikian pembahasan kali ini mengenai solusi ampuh dalam mengatasi kode error 12 motor Aerox maupun Lexi. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Solusi Ampuh Mengatasi Masalah Kode Error 12 Yamaha Aerox 155"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel