-->

iklan bawah header

Tanda Tanda Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Mulai Lemah

Fuel Pump Lemah - Fuel pump atau pompa bahan bakar di motor injeksi mempunyai peranan fungsi yang penting dan sangat vital pada sistem injeksi. Sistem injeksi membutuhkan fuel pump untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki bahan bakar untuk didistribusikan sesuai dengan porsinya ke injektor. Selain itu fungsi dari fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan dari bahan bakar agar tetap tinggi.

Berbeda dengan motor yang menggunakan sistem karburator, Pada motor sistem injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap bahan bakar. Biasanya untuk motor yang sering dipakai, komponen fuel pump memiliki masa pakai sekitar lima tahunan. 

Fuel pump motor dapat rusak dikarenakan beberapa hal, yaitu: usia pemakaian dan akibat kebiasaan selalu membiarkan tangki bahan bakar hingga kosong. Secara umum, fuel pump ini bisa bertahan hingga lima tahun apabila digunakan secara normal. Dengan selalu menjaga volume bensin agar tidak sampai kosong, minimal setidaknya setengah tangki dapat memperpanjang masa pakai dari fuel pump. 

Lalu bagaimana jika ingin mengetahui apakah kondisi dari fuel pump masih bagus atau tidak? Untuk mengetahui ciri-ciri fuel pump rusak pada kendaraan, berikut pembahasannya :


Berikut Beberapa Gejala Fuel Pump Motor Bermasalah/Rusak 

1. Mesin susah dihidupkan 

Apabila saat Anda menyalakan motor akan tetapi susah hidup sekalipun starter normal, Anda perlu curiga kemungkinan dari fuel pump yang sudah mulai lemah. 

Untuk memastikan kodisi dari fuel pump masih hidup atau tidak cukup mudah, dengan mendengarkan dengungan dari tangki bensin saat setelah kontak kontak ON. Apabila tidak muncul suara dengungan sesaat atau suaranya sangat kecil, maka menandakan bahwa fuel pump lemah. Kondisi dari fuel pump yang masih bagus akan berdengung keras sesaat setelah kunci kontak posisi ON. 

2. Suara dengungan jadi pelan 

Seperti yang sudah dibahas di atas, apabila saat kontak motor ke posisi ON maka fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar suara dengungan dari fuel pump. 

Ketika dengungan itu terdengar lebih lirih daripada biasanya maka perlu diwaspadai jika fuel pump bermasalah atau dalam kondisi lemah. 

Segera ke bengkel terpecaya untuk service memastikan keadaan dari fuel pump. Jangan sampai membawanya ke bengkel saat fuel pump sudah tidak berfungsi karena motor pasti tidak akan menyala atau hidup.

3. Lampu indikator injeksi berkedip 

Apabila ada kedipan pada indikator check engine lamp, maka sudah jelas menandakan kalau ada masalah yang terjadi pada motor. 

Akan tetapi, fuel pump yang rusak tidak selalu ditandai dengan adanya kedipan Malfunction Indicator Lamp (MIL). Apabila terjadi permasalahan pada sensor atau sistem injeksi, maka lampu MIL akan menyala dan berkedip. 

Saat kunci kontak pada posisi ON, lampu MIL akan menyala sekitar 0,3 detik lalu mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada sistem sensor. 

Apabila tidak terjadi kerusakan, maka lampu MIL akan mati. Sedangkan kalau lampu MIL ini berkedip dan disertai beberapa gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas kalau kondisi dari fuel pump motor harus diganti. Penggantian dari fuel pump ini dengan cara melepas beberapa baut dan cover di tangki bensin. Kalian dapat melakukan penggantian rotak di bengkel langganan atau mengganti sendiri di rumah.


Demikian pembahasan kali ini mengenai tanda-tanda dari fuel pump yang sudah lemah. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Tanda Tanda Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Mulai Lemah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel