-->

iklan bawah header

Keuntungan dan Kelebihan Pompa Injeksi Distributor dalam Motor Diesel

Keuntungan Pompa Distributor - Keberadaan sistem bahan bakar atau fuel system pada motor diesel memiliki peranan penting dalam  menyediakan atau mensuplai bahan bakar yang dibutuhkan agar sesuai dengan kebutuhan mesin baik dari  putaran  motor  dan  beban  motor. Maka dari itu kemampuan dari sistem bahan bakar sangat menentukan dari kinerja dari motor diesel. 

Pada sistim bahan bakar motor diesel terdapat beberapa macam jenis dari penyaluran  bahan  bakar  yang berdasarkan  jenis pompa injeksinya, diantaranya adalah sistem penyaluran bahan bakar dengan pompa injeksi in-line dan pompa injeksi distributor. Dalam pemilihan sistem penyaluran bahan bakar ini didasarkan pada konstruksi ruang bakar dan besarnya tekanan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Sehingga banyak ditemukan penggunaan pompa injeksi jenis in-line pada kendaraan  komersial  seperti bus dan truk yang  memiliki kapasitas silinder lebih besar. Sementara pompa injeksi jenis distributor digunakan pada kendaraan penumpang yang memiliki kapasitas kecil dan membutuhkan kenyamanan lebih tinggi. Akan tetapi, dalam perkembangan penggunaan teknologi elektronik yang pesat telah mampu meningkatkan performance pompa distributor.



Pada pembahasan artikel ini akan fokus pada pompa injeksi distributor. Pembahasan mengenai keuntungan dari penggunaan  pompa jenis ini. Mari kita simak pembahasan lebih lanjut topik tersebut di artikel ini:

Keuntungan Pompa Injeksi Jenis Distributor

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dari pompa injeksi jenis distributor:

  1. Pompa injeksi jenisi ini ukuran kecil dan ringan dan memiliki jumlah komponen suku cadang yang kecil apabila dibandingkan dengan pompa injeksi jenis in-line yang konvensional. 
  2. Pengaplikasian pompa injeksi dapat dipasang pada mesin baik dengan posisi tegak maupun horizontal. 
  3. Dapat digunakan untuk mesin dengan kecepatan tinggi hingga 6000rpm. 
  4. Dapat dengan mudah dalam mengatur untuk mendapatkan karakteristik torsi mesin. 
  5. Konstruksi pompa yang dapat mencegah pengiriman bahan bakar yang terbalik apabila karena suatu sebab arah putaran mesin diputar terbalik. 
  6. Dapat dengan mudah dalam penyesuaian dengan berbagai macam kebutuhan dari kemampuan mesin. 
  7. Mekanis pengontrol pada pompa dapat dipasang secara terpisah. Seperti contohnya: torque control device, load timer, boost compensator. 
  8. Dikarenakan injeksi dihentikan dengan cara memutar saklar mesin ke OFF, maka mesin dapat dengan segera berhenti. 
  9. Pada pelumasan sistem menggunakan bahan bakar dalam kerjanya sehingga bebas perawatan.  Dikarenakan pelumasan dalam pompa injeksi dilakukan oleh bahan bakar yang ada pada ruangan pompa, sehingga pelumasan dengan minyak khusus tidak diperlukan lagi. Sehingga akan lebih menghemat waktu dan biaya.


Demikian pembahasan kali ini mengenai keuntungan dari penggunaan pompa injeksi jenis distributor. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Keuntungan dan Kelebihan Pompa Injeksi Distributor dalam Motor Diesel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel