-->

iklan bawah header

Analisis Gangguan Kerusakan Pompa Injeksi Distributor Tipe VE dan Cara Perbaikannya

Keberadaan sistem bahan bakar atau fuel system pada motor diesel memiliki peranan penting dalam  menyediakan atau mensuplai bahan bakar yang dibutuhkan agar sesuai dengan kebutuhan mesin baik dari  putaran  motor  dan  beban  motor. Maka dari itu kemampuan dari sistem bahan bakar sangat menentukan dari kinerja dari motor diesel. 

Pada sistim bahan bakar motor diesel terdapat beberapa macam jenis dari penyaluran  bahan  bakar  yang berdasarkan  jenis pompa injeksinya, diantaranya adalah sistem penyaluran bahan bakar dengan pompa injeksi in-line dan pompa injeksi distributor. Dalam pemilihan sistem penyaluran bahan bakar ini didasarkan pada konstruksi ruang bakar dan besarnya tekanan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin. Sehingga banyak ditemukan penggunaan pompa injeksi jenis in-line pada kendaraan  komersial  seperti bus dan truk yang  memiliki kapasitas silinder lebih besar. Sementara pompa injeksi jenis distributor digunakan pada kendaraan penumpang yang memiliki kapasitas kecil dan membutuhkan kenyamanan lebih tinggi. Akan tetapi, dalam perkembangan penggunaan teknologi elektronik yang pesat telah mampu meningkatkan performance pompa distributor.

Pada pembahasan artikel ini akan fokus pada pompa injeksi distributor VE. Pembahasan mengenai analisis kerusakan dari penyebab dan cara perbaikannya pada pompa jenis ini. Mari kita simak pembahasan lebih lanjut topik tersebut di artikel ini:


ANALISIS GANGGUAN PADA POMPA INJEKSI DISTRIBUTOR TIPE VE

1.  O-Ring Menjadi Keras 

Penyebab: 

Dikarenakan panas yang dihasilkan oleh Injection pump yang akan dapat membuat O-ring yang terbuat dari karet tersebut akan menjadi keras. 

Perbaikan: 

Saat setiap pembongkaran sebaiknya periksa O-ring, selalu ganti guna mencegah terjadi kebocora pada Injection Pump. 

2.  Mesin Tidak Mau Hidup 

Penyebab: 

Bisa dikarekanan tangki bahan bakar yang kosong, pipa saluran bahan bakar yang tersumbat, adanya udara yang terperangkap pada ruang bahan bakar, blade feed pump yang macet, kabel magnet putus atau tidak mau bekerja. 

Perbaikan: 

Cek bahan bakar apabila kosong di isi kembali, bersihkanlah saluran bahan bakar apabila tersumbat, buang udara yang terperangkap pada ruang bahan bakar dengan melakukan air  bleding  dengan cara  memompa feed  pump,  periksa  kabel  penghubung magnet apabila putus perbaiki, apabila feed pump tidak berfungsi berkemungkinan blade feed pump macet, maka bongkar dan perbaiki. 

3.  Nozzle Tidak Bekerja 

Penyebab: 

Komponen nozzle atau nozzle holder tidak berfungsi atau rusak, kerusakan ini juga sering terjadi pada pompa injeksi jenis Inline. 

Perbaikan: 

Periksa saluran bahan bakar dari pompa injeksi (periksalah saluran dari kotoran yang berpotensi menyumbat). Setelah saluran bahan bakar baik, lakukanlah pengecekan dan bila perlu lakukan pembongkaran pada nozzle untuk membersihkan dan mengetes performa, jika nozzle tidak dapat digunakan lagi maka ganti dengan yang baru. 

4.  Mesin Tidak Mencapai Kecepatan Maksimal. 

Penyebab: 

Komponen governor spring terlalu lemah, Control lever tidak dapat mencapai posisi kecepatan maximum, dan penyemprotan bahan bakar tidak baik. Kerusakan ini juga dialami oleh pompa injeksi jenis Inline. 

Perbaikan: 

Untuk spring governor apabila sudah lemah maka ganti dengan yang baru, aturlah control lever dengan memutar adjusting lever. dan periksalah saluran bahan bakar, nozzle.


Demikian pembahasan kali ini mengenai analisis gangguan pada 

0 Response to "Analisis Gangguan Kerusakan Pompa Injeksi Distributor Tipe VE dan Cara Perbaikannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel