-->

iklan bawah header

Pengertian Istilah Pilar A, B, C, D pada Mobil dan Fungsinya

Pengertian pilar mobil - Pada setiap jenis kendaraan mobil tentunya memiliki pilar-pilar yang sering disebut dengan istilah pilar A, B, C, D. Akan tetapi sebagian dari Anda tentu sudah sering dengar istilah pilar ini meskipun belum banyak yang tahu dimana letak pilar yang dimaksud beserta fungsinya.

Banyaknya jumlah pilar-pilar pada mobil berbeda–beda, tergantung dari jenis mobil tersebut. Tetapi pada dasarnya hanya terdiri dari 3 atau 4 pilar pada setiap kendaraan. Pilar-pilar ini juga merupakan bidang desain yang menandakan bentuk lekukan pada kendaraan. Hal ini akan memudahkan untuk menganalisa dari bentuk lekukan bodi pada setiap pilar yang ada. Pilar pada mobil sedan biasanya terdiri dari 3 buah pilar yang disebut dengan pilar A, B, dan C. Sedangkan pada mobil jenis SUV terdapat tambahan pilar lagi yang disebut pilar “D”, sehingga mempunyai pilar A, B, C, dan D. 

Apabila dari Anda ada yang belum tahu dimana sajakah posisi pilar yang dimaksud dan fungsinya, mari kita kupas apa maksud dengan istilah pilar A, B, C, D pada ulasan berikut ini. 


Posisi Pilar pada Mobil dan Fungsinya 

Bagi Anda yang belum tahu dimana sajakah posisi pilar yang dimaksud, silahkan anda simak gambar beserta penjelasan berikut ini :

Pilar A 

Letaknya berada di bagian depan mobil yang berfungsi sebagai penyangga atap bagian depan dan menahan kaca depan mobil. Selain itu pilar A juga berfungsi sebagai tempat untuk memasang air bag pilar (curtain airbag) dan spion depan mobil. 

Pilar B

Letaknya berada di bagian tengah mobil tepatnya di belakang pintu depan mobil. Pilar ini berfungsi untuk konstruksi menyambungkan atap dan pintu samping depan, serta sebagai tempat untuk memasang sabuk pengaman (seat belt) pengemudi dan penumpang depan. 

Pilar C 

Untuk mobil jenis sedan dan hatchback letaknya berada di bagian belakang mobil yang berfungsi sebagai penyangga atap bagian belakang dan menahan kaca belakang mobil. Fungsi lain dari pilar C juga sebagai tempat memasang sabuk pengaman (seat belt) penumpang belakang. 

Sedangkan untuk mobil tipe MPV dan SUV (7 seater) yang memiliki 4 pilar, fungsi dari pilar C ini sama dengan pilar B, yaitu untuk menyambungkan dan menyangga atap serta untuk memasang sabuk pengaman (seat belt) penumpang tengah. 

Pilar D 

Pilar ini hanya terdapat pada mobil tipe MPV atau SUV yang memiliki 7 seater. Letaknya berada di bagian belakang mobil yang berfungsi sebagai penyangga atap bagian belakang dan untuk menahan kaca belakang mobil. 


Pemasangan pilar-pilar pada mobil selain bertujuan untuk memperkokoh kendaraan, akan tetapi juga berfungsi meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Contoh apabila terjadi tabrakan, maka pilar tersebut akan berfungsi untuk menahan dan menyerap getaran yang dihasilkan. 

Semakin tebal pilar, maka mobil akan semakin kokoh dan kerusakan yang ditimbulkan akibat benturan akan semakin kecil.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pilar pada mobil dari macamnya dan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam Teknika!

0 Response to "Pengertian Istilah Pilar A, B, C, D pada Mobil dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel