-->

iklan bawah header

Ciri-Ciri Turbo Mesin Diesel yang Mengalami Kerusakan (Troubleshooting Turbo Mesin Diesel)

Troubleshooting pada turbo - Cara untuk meningkatkan kinerja mesin diesel dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem intake dan output. Metode yang banyak digunakan adalah supercharger, yang menggunakan kompresor untuk membantu menyedot udara segar. Supercharger tersebut diubah menjadi turbocharger yang menggunakan gas buang untuk memutar turbin di inlet, memberikan hasil yang lebih baik terutama dalam hal performa mesin diesel udara.

Pada mobil diesel umumnya terdapat turbo pada mesinnya. Tujuan dipasangnya turbo agar dapat meningkatkan tenaga yang dihasilkan pada mesin. Komponen turbo sendiri merupakan perangkat yang kerjanya sendiri dengan cara sistem induksi paksa (forced induction system) yang akan menambah tenaga mesin dengan menggunakan gas buang yang berasal dari mesin. 

Tetapi, dengan kenerja yang terus-menerus pada mesin akan menyebabakan turbo mesin diesel rusak. Rusaknya turbo dapat karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah karena seal yang rusak, oli mesin yang terbakar berlebihan, dan kebersihan filter udara yang jarang diperhatikan. 

Apabila turbo mesin diesel mengalami kerusakan atau gangguan, biasanya akan memunculkan gejala atau ciri-ciri. Berikut ini kita akan membahas mengenai apabila turbo mesin yang mengalami kerusakan, mari simak penjelasan berikut ini:

 

1. Lampu Indikator Mesin yang Menyala 

Banyak kendaraan diesel saat ini yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih pada kerja mesinnya apabila ada gangguan atau malfungsi pada sistem, salah satunya adalah jika mesin turbo diesel mengalami gangguan dapat kita deteksi dari nyala lampu peringatan di meter-cluster. Perlu dicatat, bahwa lampu indikator yang menyala pada dashboard tersebut hanya peringatan bagi pemilik mobil jika ada kerusakan dan harus segera diperbaiki, bukan pertanda mesin langsung mati.

 

2. Akselerasi Mesin Jadi Lambat 

Untuk ciri-ciri turbo mesin diesel yang bermasalah atau rusak yang paling umum ditemui yaitu akselerasi dan tenaga yang dihasilkan mesin jadi lambat. Salah satu penyebab permasalahan ini dikarenakan kampas kopling yang telah habis dan filter udara pada mesin mobil yang kotor. Selain hal itu, ciri yang lainnya adalah sulit dalam mempertahankan kecepatan tinggi. Hal tersebut terjadi dikarenakan mesin yang menanggung beban yang lebih besar dibanding yang semestinya. 


3. Kerak pada Mesin 

Pada oli mesin diesel mengandung komposisi detergen yang lebih banyak daripada jenis oli mesin bensin, serta pada oli mesin diesel dilengkapi dengan viskositas yang lebih kental. Karena nilai viskositas lebih kental ini maka membuat oli mesin diesel dapat bertahan di suhu ruang bakar yang tinggi. Sementara fungsi dari detergen sendiri berperan dalam membilas jelaga yang timbul pada kerja mesin agar tidak menjadi kerak pada komponen mesin. 

Jika terdapat kerak pada mesin diesel akan menghambat kinerja mesin yang akan membuat proses pembakaran tidak berjalan secara optimal yang berakibat konsumsi bahan bakar lebih banyak. 


4. Knalpot Memunculkan Asap yang Terlalu Banyak 

Ciri-ciri selanjutnya adalah apabila asap mobil bewarna abu-abu atau biru pekat saat pedal gas diinjak. Hal tersebut dapat menjadi penanda turbo rusak. Asap dapat muncul disebabkan dari pembakaran oli yang masuk ke dalam sistem turbo lewat retakan segel internal atau turbo housing yang mengalami kerusakan. 


5. Mesin Jadi Berisik 

Salah satu fungsi dari adanya turbo pada mesin diesel adalah membuat suara mesin lebih halus dengan cara meredam suara udara yang terdapat dalam mesin. Tetapi, jika sistem turbo tidak bekerja dengan baik maka membuat suara yang dihasilkan jadi lebih keras dibandingkan dengan biasanya. Jika muncul ciri turbo mesin diesel rusak yang menyebabkan mesin menjadi berisik, sebaiknya segera dibawa ke bengkel. Jika dibiarkan, berisiko memperparah kerusakan. 


Demikian pembahasan kali ini mengenai ciri-ciri turbo yang bermasalah. Untuk mencegah kerusakan pada turbo mesin diesel lakukan secara rutin dalam mengecek kondisi mesin. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan bahan bakar yang berkualitas.

Salam Teknika!

0 Response to "Ciri-Ciri Turbo Mesin Diesel yang Mengalami Kerusakan (Troubleshooting Turbo Mesin Diesel) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel