-->

iklan bawah header

Peluang-Peluang Usaha di Bidang Otomotif

Peluang usaha otomotif - Bidang otomotif merupakan salah satu dari sekian banyak bidang bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Apabila bisnis  ini dikerjakan dengan benar pasti akan menguntungkan dikarenkan pangsa pasar yang berkaitan dengan kendaraan mobil dan motor ini juga sangat banyak. Seperti yang sering kita lihat bahwa bengkel mobil atau motor ada di setiap jalan baik kota maupun desa. 

Untuk anda yang memiliki hobi atau kesukaan di bidang otomotif, apabila ingin membuka usaha sangat cocok menjalankan bisnis otomotif ini. 

Faktor utama yang mendukung dalam menjalankan bisnis bidang otomotif ini adalah dengan adanya kebutuhan otomotif di masyarakat yang semakin meningkat. Banyak jenis usaha bidang otomotif yang paling sering ditemui saat ini, diantaranya yaitu jasa perawatan atau perbaikan kendaraan, jasa transportasi hingga franchise di bidang otomotif. 



Terdapat berbagai jenis peluang-peluang usaha dalam bidang otomotif selain diatas. Berikut ini beberapa jenis peluang usaha otomotif yang paling umum di Indonesia : 

1. Bengkel Servis Mesin Mobil dan Motor 

Bengkel merupakan salah satu jenis usaha otomotif yang paling banyak dipilih oleh konsumen. Misalnya adalah bengkel yang melayani servis ringan atau servis rutin pada kendaraan. 

Contoh pengerjaan dari bengkel ini biasanya membersihkan karburator, ganti oli, membersihkan radiator atau servis yang lainnya. 

Saat mendirikan usaha bengkel ini, menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen merupakan hal yang penting dilakukan. 

2. Jasa Montir Panggilan 

Jasa montir panggilan merupakan salah satu pilihan tepat dalam usaha otomotif, dengan seiring kendaraan mengalami masalah ringan yang dalam perbaikanya tidak harus dibawa ke bengkel, namun bisa dilakukannya montir panggilan yang mendatangi konsumen. Usaha jenis ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang otomotif . Dengan emanfaatkan kemajuan teknologi digital, jenis usaha ini pasti sering dibutuhkan. 

3. Jasa Air Brush, Cutting Sticker Mobil Branding 

Pada pendirian usaha jenis ini dibutuhkan keahlian khusus atau spesifik. Jenis usaha ini mengutamkan hasil dalam bidang seni gambar. 

Hasil dari pekerjaan usaha ini biasanya terlihat dari bodi bus, bak truk, mobil-mobil perusahaan, bodi motor, dan sebagainya. 

4. Jasa Cuci Mobil dan Motor 

Jenis usaha cuci mobil dan motor merupakan usaha pilihan yang tepat dan mudah, dikarenakan setiap pengguna kendaraan tersebut memerlukan kendaraanya akan selalu tampil bersih dan mengkilap dalam penampilannya,

Pada saat melewati jalan yang berlumpur atau selepas hujan membuat kendaraan akan kotor akan tetapi tidak semua orang memiliki waktu yang lebih dalam membersihkanya. 

Usaha cuci mobil dan motor dapat dilakukan dengan skala perumahan hingga pencucian dengan peralatan lengkap seperti single post car-lift dan lain sebagainya. 

5. Bengkel Modifikasi 

Jenis bengkel ini biasanya khusus dalam menerima modifikasi pada motor atau mobil saat ini mulai banyak dilirik para pebisnis pemula. 

Bagi konsumen yang hobi dalam otomotif, biasanya tidak akan ragu untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar memodifikasi kendaraan mereka. Adapula kendaraan yang dimodifikasi karena urusan perniagaan maupun pribadi. 

6. Jasa Instalasi Audio atau Video Sound System Mobil 

Kebanyakan orang yang mempunyai hobi mendangarkan musik dan bernyanyi dalam kendaraan, biasanya pengguna kurang puas dengan sound system standar bawaan mobil dan mereka cenderung menggantinya dengan biaya yang tinggi untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.


Demikian pembahasan kali ini mengenai peluang-peluang usaha dalam bidang otomotif. Semoga dapat memberikan wawasan akan macam peluang dalam bidang otomotif. 

Salam Teknika!


0 Response to "Peluang-Peluang Usaha di Bidang Otomotif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel