-->

iklan bawah header

Profesi Kerja Jabatan Bidang Otomotif sesuai SKKNI Nomer 179 Tahun 2020

Profesi / jabatan - Pengertian profesi / jabatan dengan pekerjaan adalah sesuatu hal yang berbeda, dimana yang dimaksud profesi merupakan bagian pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian khusus. Pada pengetahuan dalam profesi diperoleh melalui pendidikan formal seperti sekolah, pelatihan-pelatihan, dan sebagainya. Sedangkan pada keterampilan dan keahlian diperoleh melalui pengalaman kerja. 

Profesi / jabatan di bidang otomotif adalah kemampuan dari seseorang untuk mampu menguasai ilmu yang berhubungan dengan dunia otomotif. 

Adapun beberapa profesi di bidang otomotif antara lain sebagai berikut: 


PROFESI KERJA / JABATAN DI BENGKEL OTOMOTIF

Pada profesi kerja / jabatan di bengkel otomotif berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari bengkel tersebut, berikut ini beberapa jabatan dalam bengkel otomotif yang umum diterapkan:

contoh struktur organisasi bengkel

a. Kepala Cabang (Branch Head) 

Memiliki jabatan dalam membuat perencanaan strategis, arah dan target dari intruksi pusat dalam pengelolaan bidang penjualan, administrasi service dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada pada bengkel. 

b. Kepala Bengkel (Workshop Head) 

Memiliki jabatan dalam mengelola segala kegiatan bengkel dalam rangka meningkatkan mutu dan kecepatan pelayanan sesuai dengan prosedur operasional standar. 

c. Kepala Mekanik (Service Advisor) 

Memiliki jabatan dalam mengatur dan mengkoordinasi mekanik dalam melaksanakan pekerjaanya serta mengontrol keluhan pelanggan (service advisor). 

d. Partman 

Memiliki jabatan dalam mengelola barang masuk dan keluar, jual beli pengambilan suku cadang yang dibutuhkan mekanik. 

e. Front desk 

Memiliki jabatan dalam menerima keluar masuk pelanggan yang datang untuk melakukan berbagai layanan di bengkel. 

f. Kepala regu 

Memiliki jabatan dalam mengembangkan, mengawasi, dan membantu kerja mekanik dalam menghadapi persoalan troubleshooting perawatan dan perbaikan kendaraan. 

g. Mekanik 

Memiliki jabatan dalam mengerjakan perbaikan dan perawatan kendaraan sesua kebutuhan pelanggan.

h. Office boy 

Memiliki jabatan dalam menjaga dan merawat area bengkel agar selalu nyaman dan bersih. 

i. Sales 

Memiliki jabatan dalam yang menyangkut segala aktivitas penjualan barang/jasa, dan biasanya sales dalam menjalankan kegiatan menggunakan tiga strategi antara lain : 

  • Menentukan daerah atau wilayah, berfungsi dalam menentukan peluang dalam penjualan barang/jasa. 
  • Strategi dalam menentukan kekuatan atau kelebihan barang /jasa yang akan dijual 
  • Target pasar untuk menentukan jumlah pelanggan yang harus dicapai. Target pasar ini seringkali menjadi kunci keberhasilan dari seorang sales.


PROFESI KERJA / JABATAN BIDANG OTOMOTIF SESUAI SKKN1 NO 179 TH 2020

Sedangkan golongan pokok area pekerjaan industri kendaraan bermotor roda empat sub area pekerjaan sesuai dengan SKKNI nomor 179 TAHUN 2020 antara lain sebagai berikut: 

logo SKKNI Kemnaker

1. Casting 

Merupakan suatu area kerja dalam proses pembuatan produk dengan menggunakan teknik pengecoran.

2. Stamping 

Merupakan suatu area kerja dalam proses pembentukan bahan baku logam, baik menggunakan panas atau tidak kemudian dilakukan penekanan atau dipress. 

3. Welding 

Welding adalah proses menyatukan dua buah logam atau lebih dengan menggunakan panas untuk mencairkan logam yang kemudian akan disatukan dengan bahan tambah atau tidak sehingga menghasilkan sambungan yang kuat.

4. Assembly 

Merupakan salah proses perakitan beberapa komponen atau bagian-bagian menjadi satu kesatuan. Dalam industri otomotif berati perakitan komponen otomotif. 

5. Production maintenance 

Merupakan proses yang digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas dalam produksi dengan cara merawat peralatan kerja seperti mesin, equipment dan lainnya agar tetap terjamin kualitas produk yang dihasilkan. 

6. Painting 

Meruapakan proses pelapisan pada material agar terlindung dari pengaruh suhu dan kelembaban sehingga akan tahan dari karat. Fungsi painting juga berfungsi dalam memperindah tampilan dengan berbagai warna pilihan. 

7. Quality Control 

Merupakan proses pemeriksaan visual untuk menguji produk dari kesalahan yang timbul sehingga dapat dijaga kualitasnya. Pemeriksaan ini dilakukan diawal produksi, selama produksi, dan setelah produksi. 

8. Logistic 

Merupakan proses pengaturan bahan baku, bahan jadi dalam proses distribusianya. Kegiatan ini biasanya meliputi dari perencanaan, implementasi, perawatan dan pengawasan perpindahan barang serta perlengkapan dari tempat awal sampai tempat penggunaanya.


Demikian pembahasan kali ini mengenai profesi kerja dan jabatan dalam bidang otomotif baik secara umum dan menurut SKKNI nomer 179 tahun 2020. Semoga dapat bermanfaat dalam mempelajari bisnis bidang otomotif.

Salam Teknika!

0 Response to "Profesi Kerja Jabatan Bidang Otomotif sesuai SKKNI Nomer 179 Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel