-->

iklan bawah header

Fungsi Kunci Pas dan Cara Menggunakannya

Fungsi kunci pas - Dalam perawatan dan perbaikan kendaraan  bermotor maupun mobil tidak dapat kita pisahkan tool set (seperangkat alat / perlengkapan) yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan bengkel. Ada banyak jenis tool set berbeda yang sering kita temui dalam pekerjaan bengkel diantaranya nama, merk, bentuk, dan modelnya dengan fungsi yang hampir sama atau berbeda-beda. 

Misalnya, untuk membuka baut atau mur, kita bisa menggunakan beberapa alat yang bisa digunakan. Dalam bengkel besar atau bengkel kecil, salah satu alat bengkel yang paling sering digunakan dan banyak digunakan adalah kunci pas. Kunci pas memiliki banyak nama dalam penyebutannya. Beberapa orang menyebutnya kunci pas saja, ada yang menyebutnya dengan open end wrench dan ada juga yang menyebutnya dengan open end spanner.

Kunci pas biasanya terbuat dari paduan logam kromium-vanadium (chrome-vanadium) yang sering kita bisa baca pada pungung kunci pas, dan kedua ujung kunci pas membentuk pegangan dengan sudut sekitar 15 derajat. Pada beberapa jenis kunci pas khusus, sudut pawl adalah 90 derajat.

Ukuran rahang pada kunci pas ini akan memperlihatkan lebar dari ukuran kunci yang sama dengan lebar  kepala baut atau mur yang akan digunakan. Satuan ukuran kunci pas ini biasanya menggunakan ukuran metrik (mm) dan Imperial (inch). Dalam penggunaan kunci pas dengan ukuran metrik, umumnya tersedia mulai dari ukuran 4 mm sampai ukuran 80 mm.

Pada ujung kunci pas ini mempunyai ukuran rahang kunci (shank) yang berlawanan antar sisi. Misalnya, pada ujung kanan memiliki rahang kunci dengan ukuran 10 mm dan ujung yang kiri memiliki rahang kunci dengan ukuran 11 mm. Maka dalam penyebutanya adalah kunci pas ukuran 10-11 mm. 

Di bengkel, biasanya digunakan kunci pas dengan ukuran mulai dari 6 mm dengan kenaikan per tingkat 1 mm, dan kunci pas dengan ukuran maksimum 36 mm digunakan. Meski begitu, masih ada beberapa ukuran kunci pas yang tidak tersedia, seperti ukuran 31mm, 33mm, 34mm dan 35mm.


FUNGSI KUNCI PAS
Fungsi kunci pas adalah untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur yang tidak terlalu besar momen dalam penggunaannya, atau dalam hall ini untuk melepas baut dan mur yang sebelumnya telah dilonggarkan dengan alat lain (seperti kunci ring atau kunci shock) . 

Dibandingkan dengan kuncing ring, desain kunci pas dapat mempercepat proses pengerjaan saat melepas mur atau baut karena mudah dalam memasukannya. Selain itu, kunci pas memiliki kemampuan untuk digunakan di ruang kerja dengan celah yang sempit.

Namun begitu, kunci pas hanya mampu digunakan dengan kepala baut ukuran segi enam (hexagonal) atau kota saja. Selain itu kunci pas tidak cocok digunakan.


CARA PENGGUNAAN KUNCI PAS

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menggunakan kunci pas adalah ukuran kunci pas yang digunakan harus sama dengan ukuran kepala baut atau mur yang akan dilepas. Misalnya, ukuran kepala baut atau mur yang ingin dilepas adalah 12 mm, jadi pastikan gunakan juga kunci pas 12 mm. Hindari menggunakan kunci dengan ukuran berbeda untuk menghindari kerusakan pada kunci atau kepala baut. 

Setelah memastikan bahwa ukuran kunci pas sama dengan kepala baut atau mur, langkah selanjutnya menggunakan kunci pas adalah posisi kunci pas harus benar dan lurus dengan kepala baut atau mur yang akan dilepas atau pasang. Hindari menggunakan kunci pas dalam posisi miring. Memiringkan kunci pas dari posisi kepala baut akan merusak kepala baut dan kunci pas yang digunakan.

Saat menggunakan kunci pas, pastikan posisi memegang adalah menarik kunci pas dalam posisi ergonomis. Hindari menggunakan kunci pas dengan posisi mendorong . 

Selain itu, jangan gunakan kunci pas yang terhubung ke pipa atau kunci lainnya. Selain merusak benda kerja, hal ini juga bisa merugikan diri sendiri. Jika tidak dapat menggunakan kunci pas dalam pekerjaan, gunakan alat lain yang sesuai untuk menyelesaikan proses kerja dengan cara yang bermanfaat dan benar.


CARA MERAWAT KUNCI PAS

Perawatan kunci pas bertujuan agar usia pemakaian dari kunci pas akan panjang, sehingga akan menguntungkan bagi pemilik. Untuk mencapai hal tersebut ada beberapa cara untuk merawat kunci pas dengan baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

  1. Bersihkan alat setelah digunakan dengan majun sampai bersih.
  2. Simpan ditempat yang sesuai (tempel didinding atau di tool box)
  3. Jangan simpan kunci tercampur dengan kunci lain yang sudah usang (berkarat/kotor)
  4. Pastikan penyimpanan kering dan tidak lembab.

Demikian pembahasan kali ini mengenai kunci pas, diharapkan dapat bermanfaat dalam mempelajari alat bengkel terutama kunci pas. Semoga bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Fungsi Kunci Pas dan Cara Menggunakannya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel