-->

iklan bawah header

Jenis Jenis Kunci Momen dan Cara Penggunaan

Pengertian kunci momen - Kunci torsi (torque wrench) atau lebih sering kita sebut dengan kunci momen adalah alat khusus yang digunakan untuk mengencangkan baut/mur dengan proporsi dan ukuran tertentu sesuai spesifikasi. 

Jenis kunci momen ini biasanya berbentuk panjang, dengan pin di salah satu ujungnya untuk memasukkan kunci soket, dan ujung lainnya sebagai pegangan dengan adanya skala pengukuran yang digunakan untuk menentukan besarnya torsi pengencangan yang bisa diatur.

Proses pengencangan baut / mur pada seluruh komponen vital kendaraan umumnya memiliki torsi pengencangan tertentu, yang bergantung pada ukuran baut, bahan yang dibuat, serta kualitas baut / mur tersebut.  Misalnya adalah baut pada cylinder head, mur pada penutup batang penghubung, dan baut pengencang crankshaft semuanya perlu dikencangkan dengan spesifikasi kekencangan tertentu, bahkan untuk baut roda pun proses pengencangannya tidak bisa sembarangan maka kunci momen ini berguna dalam proses pengencangan agar sesuai dengan standar spesfikasi kekncangan komponen tersebut. 

Sehingga saat kita menggunakan kunci momen ini untuk mengencangkan baut/mur, kita bisa melihat berapa besarnya torsi yang diterapkan pada baut / mur. apakah telah sesuai standar atau belum. Dengan cara ini, kita dapat menentukan seberapa kuat momen torsi nantinya dalam pengencangan mur/baut tersebut. 



FUNGSI KUNCI MOMEN

Dari penjelasan mengenai pengertian kunci momen diatas dapat kita lihat bahwa fungsi kunci momen adalah untuk mengukur kekencangan baut/mur, sehingga kekencangan baut tersebut memenuhi spesifikasi pengencangan yang ditentukan oleh produsen sesuai dengan kualitas/mutunya, lokasi baut dan tempat baut dipasangkan. 

Setiap baut/mur memiliki nilai ukuran dan spesifikasi pengencangan yang berbeda. Untuk memahami nilai ukuran dan spesifikasi pengencangan baut/mur harus mengacu pada buku manual perawatan setiap kendaraan yang bersangkutan. Dengan mengikuti aturan dan spesifikasi pengencangan baut / mur, kerusakan pada baut / mur itu sendiri atau komponen penyambung baut, seperti baut rusak atau kerusakan ulir mur dapat dicegah.


JENIS-JENIS KUNCI MOMEN

Ada banyak jenis kunci momen yang sebenarnya tersedia, bergantung pada kebutuhan dan kegunaan masing-masing kunci momen tersebut. Setidaknya saat ini terdapat lebih dari 5 jenis kunci momen yang digunakan di bidang industri. Akan tetapi, ada 3 jenis kunci momen yang paling banyak digunakan dan ditemukan di bengkel mobil. I

Berikut ini adalah jenis kunci momen yang dapat dipelajari:

  • Kunci momen jenis Jarum Penunjuk (Deflecting Beam) 
  • Kunci momen jenis Dial Indicator 
  • Kunci momen jenis Click Adjustable 
  • Kunci momen jenis Pneumatic 
  • Kunci momen jenis Hydraulic 
  • Kunci momen jenis Digital, dan lain sebagainya.


CARA MENGGUNAKAN KUNCI MOMEN

Menggunakan kunci momen ini sebenarnya sangat mudah. Berikut ini beberapa cara penggunaan dari kunci momen berdasarkan jenisnya:

1. Kunci momen jenis Jarum Penunjuk

Untuk kunci momen jenis jarum penunjuk, hanya perlu memasang kunci shock pada bagian kepala lalu perlahan-lahan kencangkan baut hingga jarum menunjuk ke angka yang diinginkan. 

Saat menggunakan kunci torsi tipe ini harus diperhatikan agar ukuran pengencangan baut tidak terlampaui saat mengencangkan, karena tipe ini tidak mengeluarkan suara klik, dan hanya mengandalkan jarum penunjuk. 

Besar kecilnya torsi akan dipengaruhi oleh besarnya momen yang dapat diukur oleh kunci ini. Semakin besar bentuk kunci momen maka semakin besar pula torsi yang dapat diukur, begitu pula sebaliknya. Semakin kecil bentuk kunci torsi, semakin kecil torsi kunci torsi. 

Untuk membuat kunci momen lebih tahan lama, sebaiknya gunakan kunci momen dibawah nilai ukuran maksimum yang bisa diukur dengan menggunakan kunci momen tersebut.

2. Kunci momen jenis Click Adjustable

Untuk kunci momen yang dapat disesuaikan atau click adjustable, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyetel kunci momen sesuai dengan spesifikasinya. Setelah itu, pasang kunci soket yang sesuai dengan ukuran kepala baut, lalu kencangkan bautnya hingga terdengar bunyi pada kunci momen. Saat terdengar bunyi klik, ini menandakan bahwa ukuran sekrup sama dengan pengaturan dispesifikasinya.


Demikian pembahasan kali ini mengenai kunci momen, semoga dapat bermanfaat. Salam Teknika!



0 Response to "Jenis Jenis Kunci Momen dan Cara Penggunaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel