-->

iklan bawah header

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik, Sebab dan Akibat

Penyebab kompresor AC berisik - Dalam berkendara, kenyamanan merupakan tujuan utama agar pengendara dan pengemudi betah untuk melakukan perjalanan. Masalah yang sering terjadi di kalangan pengguna mobil (terutama yang berusia di atas 5 tahun) adalah kompresor AC berbunyi keras atau kasar saat  AC dinyalakan. Saat kompresor tidak bekerja, suara aneh ini akan hilang. Bila terjadi kerusakan pada kompresor ini maka akan membuat sistem AC mobil menjadi terganggu kinerjanya. 

Banyak juga yang menyebutkan suara kasar kompresor itu dengan “decit” kasar. Untuk masalahnya banyak penyebabnya, salah satunya adalah kurangnya oli kompresor atau kondisi piston di dalamnya yang telah aus. Hal ini bisa menjadi tanda-tanda awal kerusakan AC mobil., maka segera bawalah ke bengkel khusus perbaikan AC sebelum semakin parah rusaknya dan menggangu kenyaman dalam berkendara. Biasanya kompresor AC rusak karena kurang perawatan terhadap komponen ini.

Berikut ini merupakan tanda-tanda indikasi kompresor AC mobil rusak dan penyebabnya untuk diperbaiki:


INDIKASI KOMPRESOR AC MOBIL RUSAK

1. Suara ngorok mirip gesekan benda logam bisa jadi karena oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor aus, atau longgarnya bearing. Selama jangka waktu tertentu tidak ada efek samping. Tapi lambat laun, kadang AC tidak dingin saat mobil berjalan pada RPM rendah. 

2. Hilangnya kompresi pada kompresor. “Fungsi dasar kompresor adalah menghisap refrigerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompresi berkurang, gejalanya adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, lalu berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang,” kata Kelvin. Baca juga: Berkendara Jarak Jauh, Jangan Biasakan Minum Suplemen 

3. Magenetic clutch bermasalah. Komponen ini yang sudah menghubungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika kinerjanya sudah lemah, efeknya sama, embusan udara AC akan lebih dingin saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. 

4. Kebocoran saluran AC. Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompesor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit sampai habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi. Pada kasus tertentu, menurut Kelvin masih bisa diperbaiki. Namun, kalau sudah akut, diperbaiki hanya akan mengembalikan fungsinya. Suara akan tetap berisik jika tidak ganti kompresor. 


PENYEBAB KOMPRESOR AC BERISIK

Mencari Penyebab AC Mobil Berbunyi Berisik dan Mengganggu 

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah berbagai macam penyebab kerusakan pada kompresor AC, alasan tersebut dapat menyebabkan kompresor mengeluarkan suara, mengeluarkan suara atau kebocoran. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

1. Oli kompresor habis

Oli kompresor merupakan cairan yang dapat digunakan sebagai pelumas, sehingga kompresor tidak cepat panas dan mengurangi gesekan pada bagian tertentu. Jika kompresor AC mobil kurang atau malah kehabisan oli maka kerja kompresor AC akan semakin berat dan hal tersebut menjadi salah satu penyebab kompresor AC mengeluarkan suara. 

Penyebabnya adalah kesalahan pengisian oli kompresor atau kebocoran kompresor. Jenis kebocoran ini sangat umum terjadi pada seal atau saluran pipa, dan dapat mengakibatkan pengurangan atau bahkan kehabisan oli dan freon.


2. Piston/silinder kompresor yang telah aus

Masalah ini dapat terjadi pada mobil tua atau mobil dengan perawatan daya AC yang buruk. Keausan piston atau silinder merupakan salah satu penyebab terjadinya suara bersik jika AC hidup. Jika masalah ini terjadi, sebaiknya kompresor AC diganti dengan yang baru. 


3. Trush bearing longgar 

Saat membongkar kompresor AC mobil, pastikan sudah terpasang dengan benar. Biasanya, pemasangan yang salah akan menyebabkan trush bearing (bantalan geser) menjadi kendur, yang dapat menyebabkan kebisingan pada kompresor. Alasannya adalah ketika kompresor dan mesin berputar pada saat yang bersamaan, putarannya tidak stabil dan timbul suara berisik.


4. AS kompresor tidak presisi 

Pada AC tipe ND, kompresor AS yang tidak presisi akan menyebabkan piston bergerak melebihi batas maksimumnya. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi benturan pada katup kompresor AC dan menyebabkan kompresor AC mengeluarkan suara dan menimbulkan suara berisik. 


Demikian pembahasan kali ini mengenai kompresor AC berisik. Diatas beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat AC mobil Anda. Tentunya, melakukan perawatan secara rutin dan benar merupakan salah satu cara agar AC tidak kembali bersuara dan / atau bocor. 

Banyak orang yang tidak peduli dengan perawatan AC mobilnya dan membawanya ke bengkel saat AC rusak. Jika ini terjadi, Anda dapat yakin bahwa perbaikan akan menghabiskan banyak uang. Yang penting disini adalah masalah oli pada kompresor AC mobil. Pengemudi jarang tahu apakah oli kompresor harus diganti setelah 20.000 kilometer. Bahkan oli kompresor inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya kebisingan, kebisingan dan kebocoran AC.

1 Response to "Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik, Sebab dan Akibat"

  1. Fueled by the regular interaction of dissipation, evaporative coolers don't depend on very a lot of power and substance based coolants, similar to Freon.https://www.wtfixair.com.au/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel