-->

iklan bawah header

Fungsi dan Cara Kerja Kondensor dan Kipas (Condensor and Fan) AC Mobil

Pada dasarnya mobil sebagai kendaraan dituntut untuk memberikan keamanan juga memberikan kenyamanan bagi pengendaranya maupun penumpang. Salah satu bentuk kenyamanan yang ada pada mobil adalah adanya kondisi ruangan mobil dengan udara yang bersih dan sejuk. Untuk mewujudkan hal itu maka pada mobil ditambahkan sistem AC (Air Conditioner).

Sistem AC (Air Conditioner) mobil dalam kinerjanya terdiri dari berbagai proses agar bisa terciptanya udara yang bersih dan sejuk dalam kabin. Tentunya ada berbagai komponen pendukung yang berperan penting dalam kinerja terserbut, berikut beberapa komponen sistem AC (Air Conditioner) tersebut: 

  • Kompresor (Compressor)
  • Kondensor dan Kipas (Condensor and Fan)
  • Filter (Receiver Drier)
  • Katup Ekspansi (Expansion Valve)
  • Evaporator
  • Thermostat
  • Motor Blower

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai komponen dari sistem AC Air Conditioner) mobil kondensor dan kipas atau condensir and fan, yang merupakan satu paket dalam kerjanya.


Pengertian Kondensor dan Kipas (Condensor and Fan)


Kondensor dan Kipas (Condensor and Fan)

Kondensor adalah salah satu komponen dari sistem AC yang berfungsi untuk mengubah refrigeran dari gas bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi (14-15 kg / cm2 dan 80 derajat Celcius) menjadi cairan bertekanan rendah dan bersuhu tinggi (14-15 kg / cm2 dan 50 derajat Celcius). Hal Ini karena refrigeran mentransfer panas ke udara luar dengan bantuan udara yang mengalir melalui sirip kondensor. Saat energi panas berkurang, gas refrigeran akan mengembun dan kemudian menjadi bentuk cair (gas-cair). Udara yang mengalir melalui kisi-kisi kondensor dibantu oleh unit kipas. Kipas AC mobil bertanggung jawab untuk menghasilkan aliran udara yang diperlukan untuk membantu menghilangkan panas dari kondensor.


Fungsi Kondensor dan Kipas (Condensor and Fan)

Fungsi Kondensor AC: 

1. Mengubah refrigeran gas menjadi cair

Kondensor bertanggung jawab untuk mengubah refrigeran gas yang telah menyerap panas dari udara di dalam kabin menjadi cair. 

2. Memindahkan panas 

Saat proses kondensasi yang terjadi di kondensor membantu memindahkan panas yang diserap oleh refrigeran dari dalam mobil ke udara luar. 

3. Menjaga tekanan refrigeran

Kondensor juga membantu menjaga tekanan yang diperlukan dalam sistem pendinginan dengan mendinginkan refrigeran dan membantunya kembali ke bentuk cair.

Fungsi Kipas AC (Fan): 

Kipas AC menghasilkan aliran udara yang diperlukan untuk membantu menghilangkan panas dari kondensor. Aliran udara ini membantu meniup udara luar ke arah kondensor, membantu proses pendinginan.


Cara Kerja (Condensor and Fan)

Cara kerja kondensor dan kipas AC mobil saling terkait dan berkontribusi untuk menjaga udara di dalam mobil tetap sejuk. Mari kita jelajahi bagaimana keduanya bekerja secara bersama-sama dalam sistem pendinginan mobil: 

1. Penerimaan refrigeran gas 

Proses kerja dimulai ketika refrigeran dalam bentuk gas yang dalam sirkulasinya telah menyerap panas dari udara di dalam kabin masuk ke dalam kondensor melalui pipa refrigeran. 

2. Kompresi dan kondensasi

Dalam kondensor, refrigeran dalam bentuk gas dikompresi oleh kompresor AC. Selama proses kompresi, refrigeran gas menjadi lebih padat dan panas. Kemudian, refrigeran bentuk cair  ini melewati kumparan pipa yang dipasang di dalam kondensor. Udara luar yang mengalir melewati sirip-sirip kumparan pipa membantu menyerap panas dari refrigeran dan menyebabkan refrigeran berubah menjadi cair. 

3. Pengeluaran refrigeran cair

Setelah mengalami kondensasi, refrigeran cair kemudian mengalir keluar dari kondensor dan menuju ke receiver drier (dryer) untuk disaring kotoran dan memisahkan apabila ada cairan asing sebelum refrigeran kembali ke evaporator. 

4. Pengulangan proses

Proses ini terus berulang selama AC mobil dihidupkan, dengan refrigeran mengalir melalui siklus kompresi dan ekspansi untuk terus mendinginkan udara di dalam kabin. 

5. Kipas AC (fan)

Kipas AC mobil bertanggung jawab untuk menghasilkan aliran udara yang diperlukan untuk membantu menghilangkan panas dari kondensor.


Demikian pembahasan kali ini mengenai fungsi dan cara kerja dari kondensor dan kipas (condensor and fan) pada AC mobil. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Fungsi dan Cara Kerja Kondensor dan Kipas (Condensor and Fan) AC Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel