-->

iklan bawah header

Arti Kedipan Lampu Indikator Malfungsi MIL (Malfunction Indicator Lamp) dan Cara Mereset Kedipan Motor Honda

Penggunaan sepeda motor injeksi telah banyak dipakai dalam motor modern saat ini.  Maka, sangat penting bagi semua elemen pecinta teknologi sepeda motor untuk memahami dan menerima pendidikan pengetahuan teknis tentang product knowledge sistem sepeda motor injeksi. Salah satu jenis sepeda motor yang akan kita bahas kali ini adalah teknologi PGM-FI dari Honda.

Kerusakan motor tidak hanya dapat diperkirakan dari suara, performa, atau gejala fisiknya saja, tetapi juga dari lampu indikator pada sepeda motor PGM-FI. Ya, fungsi PGM-FI Honda memiliki banyak keunggulan, terutama lampu indikator yang menandakan kerusakan motor. Lampu ini disebut MIL (Malfunction Indicator Lamp) atau lampu indikator kesalahan, biasanya berwarna orange dan terletak pada instrument meter pada dashboard speedometer.

Jika MIL menyala terus menerus (berkedip) menandakan ada masalah pada sepeda motor. Anda bisa mengetahui jenis masalahnya dengan menghitung banyaknya kedipan lampu indikator. Lalu, bagaimana dengan mode penghitungan? mari kita simak pembahasan berikut ini.


CARA MEMBACA KEDIPAN INDIKATOR HONDA

Mal fungsi pada sepeda motor dengan sistem PGM FI bisa dideteksi dengan menghitung nyalanya lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) pada dashboard speedometer. 

Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. 

Satu kedipan panjang dihitung 10, dan untuk kedipan cepat dihitung 1. Nyala lampu tersebut berulang secara periodik dengan kedipan yang sama. Setiap kedipan sesuai dengan jenis kerusakan pada motor. 

Sebagai contoh permasalahan untuk motor Supra X Helm In PGM Fi  muncul 3 kali kedipan. Perlu diketahui bahwa jarak antar kedipan selang waktunya sama atau berbeda? Kalau 1 kedipan berlangsung agak lama (bernilai 10), kemudian disusul 2 kedipan cepat (bernilai 2x1=2), sehingga kalau dijumlah adalah 12 kedipan yang berarti mal fungsi terdapat pada Injector (keterangan jumlah kedipan dan masalah dibawah). Mal fungsi tersebut bisa karena arus yang masuk ke injector kurang atau putus, terjadi hubungan singkat di kabel injector, atau yang fatal Injector mengalami kerusakan. Untuk lebih jelasnya  bisa cek ke AHASS sebagai bengkel resmi honda setempat untuk pengecekan lebih lanjut, karena untuk memperbaiki sistem PGM FI menggunakan alat khusus untuk scanner dari sistem EFI motor honda.


ARTI KEDIPAN LAMPU MIL HONDA

Pada motor Honda terdapat 11 kode MIL yang perlu diketahui oleh setiap pengguna motornya arti dan bagaiman cara mengatasinya. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing dari kedipan lampu MIL tersebut. 

1. Kedip 1 Kali – Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) 

Lampu MIL berkedip sekali memiliki arti apabila ada kerusakan pada sensor MAP. Mamlfungsi ini mudah diketahui karena kedipannya hanya sekali dan pendek. Akibat dari erornya sensor ini akan  menyebabkan akselerasi motor jadi kurang baik dan tenaga mesin kurang bertenaga pada putaran atas. 

2. Kedip 7 Kali – Sensor EOT (Engine Oil Temperature)/ECT (Engine Coolant Temperature) 

Lampu MIL berkedip sebanyak tujuh kali dan pendek memilik arti terdapatnya masalah pada sensor EOT atau ECT. Rangkaian sensor bermasalah karena tidak berfungsi atau terjadi putus sambung. Hal ini akan menyebabkan mesin motor menjadi cepat panas. 

3. Kedip 8 Kali – Sensor TP (Throttle Position) 

Kode MIL berkedip sebanyak delapan kali menandakan adanya masalah pada sensor TP. Masalah ini muncul saat lampu MIL berkedip sebanyak delapan kali dan pendek. Penyebab dari masalah ini bisa terjadi karena sensor atau rangkaiannya tidak berfungsi dengan semstinya. Kontak yang longgar pada konektor unit sensor dapat menyebakan bahan bakar menjadi boros, akselerasi tidak baik, dan mesin sering mati. 

4. Kedip 9 Kali – Sensor IAT (Intake Air Temperature) 

Kode MIL berkedip pendek sebanyak sembilan kali memiliki arti terjadi masalah pada intake air temperature. Penyebabnya kemungkinan karena sensor atau rangkaiannya tidak berfungsi dengan baik ataupun masalah pada konektor unit sensor. Hal ini dapat menyebabkan akselerasi jadi kurang baik serta mesin kurang bertenaga pada putaran menengah. 

5. Kedip 11 Kali – Sensor VS (Vehicle Speed) 

Kode MIL berkedip panjang sebanyak satu kali dan pendek sekali memilik arti terdapat masalah pada bagian sensor VS. Apabila terjadi masalah ini, dampaknya akan membuat indikator spidometer pada motor tidak berfungsi dan ISS (Idling Stop System) pada motor yang menggunakan teknologi ini  tidak berfungsi dengan baik.

6. Kedip 12 Kali – Injektor 

Kode MIL berkedip panjang sebanyak satu kali dan pendek dua kali. Kode 12 memilik arti terdapat masalah pada bagian injektor. Apabila terjadi masalah ini, dapat menyebabkan mesin motor tidak dapat dihidupkan, serta coil pengapian, pompa bahan bakar, dan injektornya mati. Cek rangkaian dan sensor apakah berfungsi sebagaimana mestinya tidak.

7. Kedip 21 Kali – Sensor Oksigen (O2) 

Kode MIL berkedip panjang sebanyak dua kali dan pendek satu kali yang menunjukkan kode 21 memiliki arti ada masalah pada bagian sensor O2. Apabila terjadi masalah ini akan menyebabkan mesin jadi sulit dihidupkan atau ada bunyi ledakan pada bagian knalpot motor. Jika kotor, perlu diservis agar kembali normal. 

8. Kedip 29 Kali – Rangkaian IACV (Intake Air Control Valve) 

Kode MIL berkedip panjang sebanyak dua kali dan pendek sembilan kali yang menunjukan kode  29 memiliki arti jika intake air cut valve-nya bermasalah. Komponen Intake air cut valve berfungsi sebagai penyempurnaan pembakaran di ruang bakar. Apabila ada masalah pada komponen ini maka kemungkinan penyebabnya adalah rangkaiannya tidak berfungsi dengan baik ataupun kontak yang longgar pada sensor IACV. Akibat dari kerusakan ini menyebabkan mesin motor jadi sulit dihidupkan, pusat stasioner kasar, serta konsumsi bahan bakar boros. 

9. Kedip 33 Kali – ECM (Engine Control Module) 

Kode MIL berikutnya menujukkan salah satu masalah yang termasuk lumayan serius. Jika menunjukkan kode 33, berarti terdapat masalah pada bagian ECM. Hal ini ditandai dengan kedipan panjang selama tiga kali dan pendek juga tiga kali. ECM sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk membatasi penggunaan bahan bakar tanpa mengurangi kinerja mesin. Penyebab masalah pada ECM ini adalah rangkaiannya tidak berfungsi atau kontaknya yang longar pada konektor ECM-nya. Hal tersebut bisa menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan, bahkan jadi sering mati. 

10. Kedip 52 Kali – Sensor CKP (Crankshaft Position) 

Kode MIL menunjukan kedipan panjang sebanyak lima kali dan pendek dua kali yang menunjukkan l kode 52 memiliki arti ada masalah pada sensor CKP. Fungsi dari sensor ini untuk memberikan sinyal pada ECU atau ECM dalam mendeteksi dari sudut crankshaft dan putaran mesin motor secara akurat untuk mengatur durasi injeksi bahan bakar dengan tepat. Kerusakan sensor ini menyebabkan mesin menjadi sulit dihidupkan atau sering mati, putaran stasioner kasar, serta akselerasi motor kurang di semua kecepatan. Cek kondisi sensor CKP ataupun rangkaiannya tidak berfungsi atau kontak yang longgar pada sensornya. 

11. Kedip 54 Kali – Sensor BAS (Bank Angle Sensor) 

Kode MIL menunjukan kedipan panjang sebanyak lima kali dan pendek empat kali adalah kode 54 yang memberitahukan bahwa ada masalah pada sensor bank angle sensor. Sensor bank angle sensor berguna untuk mematikan mesin saat motor terjatuh posisi miring..Apabila ada masalah pada sensor ini, kemungkinan besar disebabkan karena sensor atau rangkaian yang tidak berfungsi ataupun kontak yang longgar pada sensor tersebut. Akibat dari keerusakan ini menyebabkan sensor bank angle tidak dapat bekerja secara maksimal.


CARA MERESET MALFUNGSI PADA LAMPU INDIKATOR MOTOR HONDA PGM-FI

1. Pastikan kode kegagalan fungsi (MIL) dan lakukan perbaikan terlebih dahulu.

2. Langkah Reset :

  • Putar kunci kontak ke “ ON “ (Pastikan MIL menunjukkan kedipan kode kegagalan fungsi – baca kode kegagalan tersebut sampai terjadi pengulangan kode yang sama)
  • Matikan kunci kontak ke “ OFF  “
  • Pasang DLC Shorts Connector
  • Putar kunci kontak ke  “ ON “
  • Di saat MIL menyala (± 5 dtk) dan mulai berkedip, lepas DLC kemudian pasang kembali (jika MIL menyala dan tidak berkedip lagi / berkedip cepat tanpa henti, reset berhasil)
  • Putar kunci kontak ke “ OFF  “
  • Lepas DLC Shorts Connector
  • Putar Kunci Kontak ke “ ON “
  • Cek apakah lampu indikator masih berkedip menandakan malfungsi atau tidak.

Demikian pembahasan kali ini mengenai arti kedipan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) pada sepeda motor Honda dan bagaimana cara mereset lampu MIL tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Arti Kedipan Lampu Indikator Malfungsi MIL (Malfunction Indicator Lamp) dan Cara Mereset Kedipan Motor Honda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel