-->

iklan bawah header

Penyebab Per CVT Motor Matic Honda BeAT Minta Diganti, Bikin Tarikan Lemot

Pegas CVT adalah salah satu komponen penting dalam sistem transmisi otomatis sepeda motor matic. Pegas pada motor matic memiliki fungsi penting untuk mengendalikan atau mempertahankan tekanan pada komponen-komponen tertentu dalam CVT, seperti roller atau belt, untuk mengatur perpindahan rasio secara kontinu. Hal ini memungkinkan mesin untuk beroperasi dalam rentang kecepatan yang lebih tanpa adanya perpindahan gigi yang terasa. 

Namun dalam penggunaannya, pegas CVT ini akan mengalami penurunan kinerjanya. Berikut akan kita bahas mengenai penyebab per CVT motor Matic Honda BeAT  harus diganti.


Penyebab Per CVT Honda Beat Rusak

Kerusakan pada CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic Honda BeAT bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa penyebab umum kerusakan CVT pada motor matic pada Honda BeAT sebagai berikut: 

1. Penggunaan motor tidak tepat

Pengunaan atau pemakaian yang kasar pada motor merupakan penyebab dari per CVT rusak, seperti percepatan yang tiba-tiba atau beban berat secara konsisten sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada CVT. 

2. Kualitas oli gardan yang buruk

Penggunaan oli yang tidak sesuai atau tidak terjadwal dalam mengganti oli gardan CVT dapat mengakibatkan penumpukan kotoran dan gesekan berlebihan yang dapat merusak komponen CVT. 

3. Penggunaan motor yang berlebihan

Jika motor digunakan dalam kondisi yang ekstrem atau sering mengangkut beban berat, dapat menyebabkan komponen CVT dapat terkikis atau terlalu dipaksa. 

4. Kualitas komponen yang buruk

Kerusakan CVT juga terkadang dapat disebabkan oleh kualitas buruk dari komponen CVT itu sendiri, seperti pegas, sabuk CVT, atau komponen lain yang bisa mengalami keausan. 

5. Kondisi lingkungan

Lingkungan dengan debu atau kotoran yang tinggi bisa masuk ke dalam sistem CVT dan menyebabkan kerusakan.


Waktu Tepat Ganti Per CVT Motor Matic

Waktu yang tepat untuk mengganti per CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic sebaiknya mengikuti rekomendasi dari pabrikan motor atau memperhatikan kondisi dan pemakaian motor secara individu. 

Mengenai penggantian per CVT motor matic Honda BeAT, untuk pengecekan (per CVT) dapat dilakukan pada saat servis CVT  di 12 ribu kilometer atau 1 tahun. Sedangakan untuk penggantian per CVT antara 24.000 sampai 35.000 kilometer atau 2-3 tahun.

Perlu diketahu juga apabila perlu cek juga kondisinya, pemakaian motor di kondisi jalan yang berat atau di lingkungan dengan debu atau kotoran yang banyak dapat mempercepat keausan per CVT. Pada kondisi seperti ini, pemantauan lebih sering dan penggantian per CVT lebih cepat mungkin diperlukan.

Umumnya semua jenis matic rata-rata waktu yang direkomendasikan (pengecekan dan penggantian, PCX, BeAT, Vario, atau yang lainnya sama. Apabila saat dilakukan pembongkaran CVT dibongkar dan per sudah melemah, maka perlu diganti.


Kisaran Harga Per CVT

Untuk kisaran harga per CVT motor matic Honda BeAT adalah Rp 35 ribu belum termasuk biaya dari pemasangannya. Maka siap-siap saja membawa uang lebih agar tidak kurang.


Demikian pembahasan kali ini mengenai pegas CVT matic dari penyebab dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti per CVT. Perawatan yang teratur terhadap pegas CVT penting untuk menjaga kinerja sistem transmisi secara keseluruhan. Dengan perhatian yang tepat, pegas CVT akan membantu memastikan pengalaman berkendara yang mulus dan efisien bagi pengguna sepeda motor matic.

Salam Teknika!

0 Response to "Penyebab Per CVT Motor Matic Honda BeAT Minta Diganti, Bikin Tarikan Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel