-->

iklan bawah header

Pengertian Kode Motor KZL dan Keunggulannya

Kode produksi pada sepeda motor (motorcycle production code) adalah sebuah string unik yang diterapkan pada setiap motor yang diproduksi oleh sebuah pabrik. Fungsi utamanya adalah untuk mengidentifikasi secara unik setiap unit motor yang diproduksi, sehingga mempermudah untuk melacak informasi mengenai produk, seperti tanggal produksi, lokasi produksi, dan informasi lainnya. 

Sedangkan kode nomer mesin, kode nomer mesin (engine number code) adalah sebuah string unik yang diterapkan pada setiap mesin sepeda motor. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi secara unik setiap mesin yang diproduksi oleh sebuah pabrik, sehingga mempermudah untuk melacak informasi mengenai mesin, seperti tanggal produksi, lokasi produksi, dan informasi lainnya. Kode nomer mesin juga bisa membantu dalam membedakan antara mesin yang berbeda dari sepeda motor yang diproduksi oleh sebuah pabrik. Informasi ini bisa sangat berguna bagi pemilik sepeda motor saat melakukan perawatan atau membeli suku cadang, karena mempermudah untuk memastikan bahwa suku cadang yang dibeli sesuai dengan mesin yang dimilikinya. Secara umum, kode nomer mesin pada sepeda motor terdiri dari kombinasi angka dan huruf, dan setiap pabrik memiliki format kode nomer mesin yang berbeda-beda. Namun, format umumnya mencakup informasi seperti tahun produksi, lokasi produksi, dan nomor seri produksi. Kode nomer mesin biasanya terdapat pada bagian mesin sepeda motor, dan mudah ditemukan saat melakukan perawatan atau pemeriksaan.

Pada artikel berikut kita akan membahas mengenai arti dari kode motor. Kode motor yang akan dibahas adalah KZL, berikut penjelasannya.


Arti Kode KZL

Fungsi dari kode motor yang berfungsi memberikan informasi penting terkait kendaraan, termasuk pabrik pembuat, model tahun produksi, tempat pembuatan, dan berbagai informasi teknis pada motor. 

Pembuatan dari kode nomor tidak bisa sembarangan karena penggunaan kode motor sendiri telah diatur dalam undang-undang khusus dan wajib dimiliki pengendara motor sebagai identitas dari kendaraan. 

Arti dari kode KZL merupakan kode motor produksi Honda dengan jenis Beat Fi, Scoopy Fi, Vario 110 Fi, dan Spacy Fi. 

Arti dari Fi sendiri merupakan teknologi PGM-Fi (Programed Fuel Injection), yang merupakan sistem suplai bahan bakar yang dikontrol secara elektronik, sehingga mampu memasok bahan bahan oksigen secara optimal sesuai dengan kebutuhan mesin pada setiap keadaan. 


Keunggulan Teknologi Motor Honda Kode KZL 

Berikut merupakan beberapa berbagai keunggulan teknologi motor Honda kode KZL yang memiliki teknologi Fi: 

1. Ramah lingkungan 

Dengan adanya kerja dari sensor yang di atur oleh ECU, serta dengan adanya catalytic converter pada motor yang mampu menekan gas buang hingga menekan emisi sampai 90% yang sesuai dengan standar regulasi EURO 3. Sehingga akan lebih ramah lingkungan penggunaan dengan teknologi ini. 

2. Efisiensi bahan bakar 

Motor dengan kode ini memiliki konsumsi bahan bakar yang juga menjadi lebih hemat hingga 17% karena mengaplikasikan teknologi yang mengendalikan komposisi optimal antara oksigen dan juga bahan bakar. 

3. Motor lebih bertenaga 

Dengan teknologi Fi yang dalam kinerja mesin motor menjadi lebih terprogram, sehingga dapat memberikan akselerasi  motor yang lebih responsif. 

4. Perawatan motor yang mudah 

Motor teknologi Fi didukung dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL) yang memiliki fungsi mengidentifikasi dari gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu, sehingga akan membantu dalam mengetahui bagian yang bermasalah dan perlu diperbaiki.


Demikian pembasahan kali ini mengenai  pengertian dari kode motor KZL dan keunggulannya pada motor. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Pengertian Kode Motor KZL dan Keunggulannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel