-->

iklan bawah header

Suara Mesin Honda PCX Kasar, 10 Penyebab dan Bagaimana Perbaikannya

Honda PCX umumnya dikenal dengan desainnya yang elegan, performa mesin yang handal, serta fitur-fitur modern yang tentunya menjadi unggulan di segmennya. Fitur-fitur tersebut bisa mencakup teknologi injeksi bahan bakar, sistem pengereman canggih, lampu LED, dan penyimpanan yang luas di bawah jok. 

Dengan dibekali mesin berkubikasi 160 cc injeksi tentu menjadi nilai tambah dengan pesaingnya. Dengan teknologi yang ada pada Honda menjadikan motor ini tidak hanya kencang, namun juga irit bahan bakar dibandingkan dengan kompetitornya. Selain dapur pacu yang sudah canggih, pada bagian power train PCX dibekali dengan unit CVT yang tentunya berkontribusi dalam menyalurkan tenaga ke roda. 

Motor matic yang memiliki power yang bertenaga dengan CC yang besar dengan gaya yang elegan serta posisi berkendara yang nyaman untuk digunakan di jalanan kota, membuat Honda PCX 160 menjadi pilihan kendaraan yang tepat untuk menjadi salah satu motor andalan. 

Untuk menjaga agar kinerja dari motor sesuai dengan yang diharapkan maka perawatan pada sistem ini harus perlu dilakukan secara rutin agar kinerja motor tetap optimal. Salah satu tanda dari kerusakan pada motor adalah timbulnya suara abnormal pada bagian mesin/penggerak. Dengan rutin pemakaian motor, maka perawatan perbaikan dan servis perlu dilakukan sesuai jadwal dengan tepat waktu. 

Apabila mengabaikan perawatan dan perbaikan, maka bukan hal yang tidak mungkin jika terjadi kerusakan pada bagian motor. Salah satu masalah yang sering muncul adalah suara mesin Honda PCX yang kasar. 

Berikut ini merupakan pembahasan mengenai penyebab dan cara perbaikan apabila mesin Honda PCX kasar.


Penyebab Munculnya Suara Mesin Honda PCX Kasar 

Munculnya suara mesin Honda PCX yang kasar dapat dilakukan dengan pengecekan terlebih dahulu untuk mendapatkan kepastian dari penyebab munculnya suara yang kasar. Berikut adalah beberapa penyebab yang dimungkinkan menjadi masalah dari munculnya suara kasar pada Honda PCX 160:  

1. Rantai Kamrat atau Chainshaft yang Kendor 

Rantai kamprat kendur pada motor, ini bisa menjadi masalah serius karena rantai kamprat bertanggung jawab untuk menggerakkan katup pada mesin. Rantai kamprat yang kendur dapat mengakibatkan timing yang tidak tepat antara gerakan katup dan gerakan piston. Hal ini bisa menyebabkan suara-suara aneh, seperti desingan, ketukan, atau gesekan yang tidak normal di dalam mesin.

2. Lifter Tensioner yang Lemah 

Suara yang muncul karena lifter tensioner yang lemah bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem pelumasan dalam mesin. Lifter tensioner bertanggung jawab untuk menjaga ketegangan rantai atau timing belt pada mesin. Ketika tensioner ini melemah, rantai atau timing belt bisa kendur dan menyebabkan suara yang tidak wajar karena gesekan yang tidak teratur atau ketidakstabilan pada gerakan bagian-bagian mesin.

3. Oli Mesin

Apabila Anda mendengar suara yang tidak biasa dari mesin dan menduga keterkaitannya dengan oli, sebaiknya segera periksa level oli mesin. Pastikan juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Oli yang kotor atau sudah terlalu lama digunakan bisa membuat mesin terasa kasar karena kurangnya pelumasan yang baik. 

4. Busi

Busi yang sudah aus atau kotor bisa mengganggu pembakaran dalam mesin, menyebabkan getaran yang tidak normal. Periksa kondisi busi, bersihkan atau ganti jika diperlukan, dan pastikan bahwa gap-nya sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan.

5. Masalah Piece Slide yang Kendor pada Pulley Depan 

Pulley slide yang kendur dapat memengaruhi kinerja transmisi CVT dan menyebabkan suara berderit, berdecit, atau gesekan yang tidak normal ketika motor bergerak. Kondisi yang kendor atau aus pada transmisi CVT dapat membuat gerakan menjadi tidak lancar dan menyebabkan getaran yang terasa pada mesin. 

6. Kopling ganda

Komponen ini juga dapat menyebabkan getaran jika sudah aus atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Suara yang timbul akibat masalah pada kopling ganda bisa beragam, termasuk suara gemeretak, derit, atau ketukan. Kopling ganda pada motor matic bertanggung jawab untuk mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda, dan masalah pada komponen ini bisa menghasilkan suara yang tidak normal.

7. Kondisi belt CVT

Suara yang timbul akibat masalah pada belt CVT (Continuously Variable Transmission) biasanya terdengar sebagai derit, berdecit, atau suara gesekan yang tidak normal. Belt CVT adalah bagian penting dari sistem transmisi pada motor matic yang menghubungkan pulley-pulley di dalam CVT untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda.

8. Sistem Injeksi

Masalah pada sistem bahan bakar seperti injeksi yang kotor atau karburator yang bermasalah bisa membuat mesin terasa tidak halus. 

9. Komponen bearing yang aus atau rusak

Bagian-bagian lain dalam mesin yang sudah aus atau rusak, seperti bearing atau komponen yang berputar lainnya, bisa membuat mesin terasa kasar. 

10. Sistem pendingin

Overheating pada mesin juga bisa membuat mesin terasa kasar atau tidak berfungsi dengan baik. 


Apabila ditemukan masalah diatas maka disarankan untuk melakukan pengecekan dan perbaikan di bengkel AHASS resmi atau bengkel terpecaya. Gunakan selalu Honda Genuine Parts Untuk memperbaiki.atau mengganti part yang bermasalah dari munculnya suara mesin Honda PCX kasar, agar terjamin keamanan dan performa yang baik. 

Hindar penggunaan part yang tidak asli yang dapat menimbulkan masalah lain yang lebih serius. Walaupun memiliki harga yang mungkin lebih murah daripada aslinya. Namun, segi ketahanan dan keamanan sangat berisiko bagi motor.


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab suara mesin Honda PCX kasar dan cara perbaikanya. Jika mesin motor matic terasa kasar, sangat disarankan untuk segera memeriksakan ke bengkel terpercaya agar dapat didiagnosis dan diperbaiki dengan tepat.

Salam Teknika!

0 Response to "Suara Mesin Honda PCX Kasar, 10 Penyebab dan Bagaimana Perbaikannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel