-->

iklan bawah header

Servis CVT Motor Matic Tiap Berapa Bulan? Berikut yang Perlu Diperhatikan

Sistem CVT atau Continously Variable Transmission adalah sistem transmisi otomatis yang banyak diaplikasikan pada beberapa tipe sepeda motor saat ini. Pada sistem ini akan menghasilkan perbandingan reduksi yang secara otomatis sesuai dengan kondisi dari putaran mesin, sehingga pengendara motor terbebas dari keharusan memindah gigi sehingga lebih nyaman dan santai karena tidak adanya gigi perseneling dalam menggunakannya.

Sistem CVT ini banyak dijumpai pada motor matic seperti Honda Vario, Honda Scoopy, Honda PCX, Yamaha Mio, Yamaha N-Max Suzuki Spin dan lain produk yang beredar saat ini. Pada sistem CVT terdapat mekanisme V-belt yang tersimpan dalam ruangan yang dilengkapi sistem pendingin yang berfungsi untuk mengurangi panas yang timbul karena gesekan saat motor menyala dan jalan, sehingga kan bisa tahan lebih lama dari sistem CVT. 

Untuk menjaga agar kinerja dari CVT sesuai dengan yang diharapkan maka perawatan pada sistem ini harus perlu dilakukan secara rutin. Berikut ini merupakan pembahasan waktu servis yang tepat dan tips merawat CVT agar awet dan nyaman digunakan.


WAKTU SERVIS CVT MOTOR MATIC 

Dikarenakan CVT adalah salah satu bagian inti dari motor matic, maka service dan perawatan perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga performa motor. Lalu service CVT tiap berapa km atau bulan sekali untuk harus dilakukan?

Perawatan service CVT perlu dilakukan pertama kali apabila jarak tempuh motor telah mencapai 8.000 km yang kemudian service CVT dapat dilakukan secara rutin pada kelipatan jarak tempuh 8.000 Km. Sehingga ketika jarak tempuh motor berada pada 16.000 km, 24.000 km, maka service CVT perlu dilakukan. 

Perlu Anda ketahui juga bahwa service CVT juga perlu dilakukan meskipun motor jarang dipakai atau tidak pernah membawa beban yang berat. Pada CVT terdapat komponen drive belt yang dapat menjadi getas, yang membuat motor berjalan dengan kasar. 

Komponen drive belt merupakan sabuk karet bergerigi penghubung antara drive face (yang mendapat tenaga dari mesin) dengan bagian driven face (yang menggerakkan roda belakang) agar putaran dapat membuat motor berjalan. Drive belt ini harus dijaga dan diganti apabila jarak tempuh motor telah sampai 24.000 km atau jika kondisi drive belt sudah dalam kondisi yang pecah-pecah karena getas maka dapat segera diganti dengan yang baru sesuai spesifikasinya. 


TIPS MERAWAT CVT YANG PERLU DIPERHATIKAN

Merawat CVT pada motor matic sangat penting untuk menjaga kinerjanya dan memperpanjang umur pakai transmisi motor. Berikut merupakan beberapa tips merawat CVT motor matic : 

1. Pemeriksaan secara rutin 

Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap CVT pada interval yang disarankan oleh produsen atau mekanik yang terpercaya. Hal ini termasuk pemeriksaan level oli CVT, kondisi drive belt, dan komponen lainnya. 

2. Penggantian oli gardan CVT 

Pastikan untuk mengganti oli gardan CVT sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan. Kondisi dari oli yang bersih dan berkualitas akan membantu menjaga suhu dan pelumasan yang optimal dalam CVT. 

3. Perhatikan suhu mesin 

CVT dapat terpengaruh oleh panas berlebih, sehingga pastikan motor tidak terlalu panas saat digunakan dalam kondisi lalu lintas yang padat atau dalam perjalanan jarak jauh. 

4. Berkendara akselerasi secara halus 

Hindari akselerasi yang tiba-tiba atau penggunaan gas yang kasar. Hal ini dapat memberi tekanan kerja ekstra pada CVT dan belt. 

5. Perhatikan beban 

Jangan mengangkut beban yang melebihi kapasitas dari motor. Kondisi beban berlebih dapat membebani kinerja dari CVT sehingga dapat mengakibatkan kerusakan. 

6. Hindari air dan debu 

Selalu usahakan menjaga motor tetap bersih dan hindari paparan air yang berlebihan pada bagian CVT. Debu dan kotoran bisa mengganggu kinerja CVT. 

7. Perhatikan kinerja motor 

Apabila terdeteksi perubahan dalam kinerja motor, seperti perpindahan gigi yang tidak normal, getaran yang tidak biasa, atau suara yang aneh, maka segera lakukan pemeriksaan pada bagian CVT. 

8. Gunakan suku cadang asli 

Saat melakukan perawatan atau penggantian komponen, maka pastikan menggunakan suku cadang yang sesuai dengan spesifikasi dan merek motor Hal ini membantu menjaga agar kinerja CVT yang optimal. 


Dengan merawat CVT motor matic secara teratur dan memperhatikan kondisi serta penggunaannya, Anda dapat memperpanjang umur pakai transmisi tersebut dan memastikan performa motor tetap baik.

Demikian pembahasan kali ini mengenai kapan waktu yang tepat servis CVT motor matic. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Servis CVT Motor Matic Tiap Berapa Bulan? Berikut yang Perlu Diperhatikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel