-->

iklan bawah header

Ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya

Fuel pump atau pompa bahan bakar di mobil injeksi mempunyai peranan fungsi yang penting dan sangat vital pada sistem injeksi. Sistem injeksi membutuhkan fuel pump untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki bahan bakar untuk didistribusikan sesuai dengan porsinya ke injektor. Selain itu fungsi dari fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan dari bahan bakar agar tetap tinggi.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan sistem karburator, pada mobil sistem injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap bahan bakar. Biasanya untuk mobilyang sering dipakai, komponen fuel pump memiliki masa pakai sekitar lima tahunan. 


Fuel pump mobil dapat rusak dikarenakan beberapa hal, yaitu: usia pemakaian dan akibat kebiasaan selalu membiarkan tangki bahan bakar hingga kosong. Dengan selalu menjaga volume bensin agar tidak sampai kosong, minimal setidaknya setengah tangki dapat memperpanjang masa pakai dari fuel pump. 

Lalu bagaimana jika ingin mengetahui apakah kondisi dari fuel pump masih bagus atau tidak? Untuk mengetahui ciri-ciri fuel pump rusak pada kendaraan, berikut pembahasannya :


CIRI-CIRI FUEL PUMP MOBIL RUSAK

1. Mesin susah dihidupkan 

Apabila saat Anda menyalakan motor akan tetapi susah hidup sekalipun starter normal, Anda perlu curiga kemungkinan dari fuel pump yang sudah mulai lemah. 

Untuk memastikan kodisi dari fuel pump masih hidup atau tidak cukup mudah, dengan mendengarkan dengungan dari tangki bensin saat setelah kontak kontak ON. Apabila tidak muncul suara dengungan sesaat atau suaranya sangat kecil, maka menandakan bahwa fuel pump lemah. Kondisi dari fuel pump yang masih bagus akan berdengung keras sesaat setelah kunci kontak posisi ON. 

2. Suara dengungan jadi pelan 

Seperti yang sudah dibahas di atas, apabila saat kontak motor ke posisi ON maka fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar suara dengungan dari fuel pump. 

Ketika dengungan itu terdengar lebih lirih daripada biasanya maka perlu diwaspadai jika fuel pump bermasalah atau dalam kondisi lemah. 

Segera ke bengkel terpecaya untuk service memastikan keadaan dari fuel pump. Jangan sampai membawanya ke bengkel saat fuel pump sudah tidak berfungsi karena motor pasti tidak akan menyala atau hidup.

3. Lampu indikator injeksi berkedip 

Apabila ada kedipan pada indikator check engine lamp, maka sudah jelas menandakan kalau ada masalah yang terjadi pada motor. 

Akan tetapi, fuel pump yang rusak tidak selalu ditandai dengan adanya kedipan Malfunction Indicator Lamp (MIL). Apabila terjadi permasalahan pada sensor atau sistem injeksi, maka lampu MIL akan menyala dan berkedip. 

Saat kunci kontak pada posisi ON, lampu MIL akan menyala sekitar 0,3 detik lalu mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada sistem sensor. 

Apabila tidak terjadi kerusakan, maka lampu MIL akan mati. Sedangkan kalau lampu MIL ini berkedip dan disertai beberapa gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas kalau kondisi dari fuel pump motor harus diganti. Penggantian dari fuel pump ini dengan cara melepas beberapa baut dan cover di tangki bensin. Kalian dapat melakukan penggantian rotak di bengkel langganan atau mengganti sendiri di rumah.


CARA MEMPERBAIKI FUEL PUMP MOBIL

Kondisi dari fuel pump yang rusak masih bisa diperbaiki. Cara memperbaiki dan membersihkan fuel pump mobil terdiri dari beberapa cara, dimulai dari bagian relay, wiring harness, dan tahanan fuel pump. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya : 

a. Pemeriksaan relay fuel pump 

Komponen relay fuel pump memiliki fungsi sebagai saklar elektronik untuk mengalirkan arus listrik agar pompa bahan bakar dapat bekerja. Cara mengecek kinerja dari relay fuel pump dengan cara. melepas terlebih dahulu relay dari soketnya. Kemudian, cek tahanan terminal 30 dan 87 dengan hasil standar berada pada angka 10 kilo Ohm atau lebih. Cek juga tahanan terminal 30 dan 87 dengan penambahan satu daya pada terminal 85 dengan  positif baterai dan 86 dengan negatif baterai. Hasil standar yaitu di bawah 1 Ohm. 

b. Pengecekan Wiring Harness Fuel Pump 

Pada fuel pump memiliki rangkaian kelistrikan, sehingga bagian ini wajib dicek dalam rangkaian cara memperbaiki fuel pump mobil karena bisa saja terjadi masalah yang dapat menyebabkan konsleting. Berikut alur pengecekan : 

  1. Pemeriksaan hubungan antara terminal FC1 dengan relay F/P. Hasil standar di bawah 1Ω. 
  2. Pengecekan hubungan antara terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi. Hasil standar 10 kΩ atau lebih. 
  3. Pemeriksaan sambungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Hasil standar di bawah 1 Ω. 
  4. Pengecekan relasi terminal 3 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar sebesar 10 Ω atau lebih. 
  5. Pemeriksaan hubungan terminal 4 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar di bawah 1 Ohm. 

c. Pemeriksaan Tahanan Fuel Pump 

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dari motor pompa. Apabila tahanan terlalu besar, maka motor pompa akan berputar lambat yang akan menyebabkan berbagai masalah seperti suplai bahan bakar terlambat dan tekanan bahan bakar berkurang. 

Pemeriksaan dilakukan dengan cara melepaskan terminal fuel pump, kemudian mengukur tahanan terminal 3 dan 4. Hasil standar adalah 0,2-0,3 Ohm pada temperatur 20 derajat Celcius. Apabila terdapat perbedaan, maka perlu dilakukan penggantian motor pompa.


TIPS MENCEGAH KERUSAKAN POMPA MOBIL

Mencegah lebih baik daripada mengganti, berikut merupakan beberapa tps yang bisa dicoba agar kondisi dari fuel pum tetap dalam keadaan bagus :

a. Jangan terlambat mengisi bahan bakar 

Pastikan sampai terlambat untuk mengisi bahan bakar apabila inidkator sudah menyala. Hal ini dikarenakan bahan bakar juga memiliki fungsi sebagai pelumas dan pendingin dari pompa bensin. Sehingga, apabila tidak ada bahan bakar dapat menyebabkan pompa bensin akan panas dan berangsur mengurangi umur pakai. 

Jadi, bagi pemilik mobil disarankan untuk segera mengisi bahan bakar apabila sudah kurang bahan bakar untuk menjaga agar pompa bensin agar bisa selalu bekerja dengan baik.

b. Menguras tangki secara rutin 

Untuk mobil baru, lakukanlah pengurasan tangki bahan bakar setidaknya setelah lima tahun pemakaian. Sedangkan untuk mobil lama, setidaknya lakukan pengurasan tangki bahan bakar setiap dua tahun sekali. Menguras tangki bertujuan membersihkan kotoran endapan di dasar tangki dari akibat bahan bakar yang kotor. 

c. Mengisi bahan bakar pada waktu yang pas 

Hindari mengisi bahan bakar saat pihak SPBU sedang mengisi bunker atau saat cuaca dingin. Hal ini dikarenakan pada saat SPBU mengisi bunker atau saat SPBU sedang ramai di siang hari, maka ada kemungkinan bunker SPBU tidak steril 100% dari kotoran yang mengendap pada dasar bunker. Jadi, sebaiknya isilah bahan bakar saat SPBU sedang sepi. 


Demikian pembahasan kali ini mengenai ciri-ciri fuel pum mobil yang rusak. Setelah mengetahui fungsi dan ciri-ciri fuel pump yang bermasalah, dan didapati kondisi pompa bensin mobilmu bermasalah, maka segera bawa mobilmu ke bengkel resmi terdekat. Sekian dan semoga dapat beramanfaat. 

Salam Teknika!

0 Response to "Ciri Fuel Pump Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel