-->

iklan bawah header

Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Kopling Mobil Bermasalah

Kerusakan pada kopling - Kendaraan memiliki berbagai komponen yang sangat penting dalam membatu kinerja dari jalannya kendaraan. Setiap komponen tersebut mempunyai peran dan fungsi masing-masing dalam menunjang kerja kendaraan agar dapat berjalan secara maksimal. Salah satu komponen penting pada kendaraan yang berhubungan dengan mesin adalah kopling. Kopling mempunyai beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda sesuai desain kendaraan tersebut. Berikut ini merupakan penjelasan dari jenis-jenis koping yang perlu kamu ketahui. 


PENGERTIAN KOPLING

Kopling merupakan komponen kendaraan yang berfungsi dalam menghubungkan dan memutusakan putaran mesin dari fly wheel ke transmisi, dimana pada transmisi bekerja untuk mengubah tingkat kecepatan mesin sesuai keinginan pengendara. Kecepatan putaran tersebut mempengaruhi kecepatan mobil saat bergerak. Setiap kendaraan bermotor pasti mempunyai kopling meski tidak semuanya sama. Penggunaan kopling tersebut disesuaikan dengan jenis kendaraan yang digunakan. Seiring perkembangan teknologi khususnya di dunia otomotif, kopling mulai banyak dikembangkan dengan berbagai elemen tambahan. Sehingga lebih menunjang fungsi kendaraan dalam kerjanya.

Kopling sebagai komponen yang penting dalam kendaraan mempunyai fungsi lain sebagai berikut: 

  1. Untuk mengangkat engine pada saat mobil akan bergerak, sehingga pergerakan mobil lebih halus dan lancar. 
  2. Memindahkan gigi mobil dengan pergerakan yang halus saat mobil mulai berjalan atau digunakan. 
  3. Menghentikan mobil tanpa mematikan mesin, terutama pada saat macet atau lampu merah di jalan besar dan padat. 
  4. Menunjang performa kendaraan dan mesin sehingga lebih maksimal dan optimal.  


CARA MENDETEKSI KERUSAKAN KOPLING

Permasalahan pada mobil bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa ada peringatan sebelumnya. Bagi yang mengerti tentang permasalahan mobil tentu saja bukan masalah karena dapat diketahui dan selesaikan sendiri, akan tapi bagaimana dengan orang yang tidak mengerti tentang permasalahan pada mobil? 

Berikut ini merupakan beberapa cara dalam mendeteksi kerusakan pada kopling. Contoh kondisi kopling mobil adalah ngadat.

Untuk mendeteksi kondisi kopling dapat mengikuti beberapa trik berikut ini : 

  1. Pastikan rem tangan pada posisi mengunci kemudian hidupkan mesin. Peran rem tangan untuk mencegah mobil melompat saat dimasukkan gigi perseneling. 
  2. Apabila rem tangan dipastikan berfungsi dengan baik, pindahkan gigi perseneling ke gigi satu secara perlahan sambil menekan kopling. 
  3. Kemudian lepaskan kopling dan posisikan kaki kanan menginjak rem bersamaan dengan gas. Saat melakukannya jangan terburu-buru. Injaklah secara perlahan. 
  4. Setelah itu, lepaskan kopling secara perlahan. 
  5. Apabila mesin mobil masih hidup, maka kemungkinan kampas kopling sudah tipis dan harus segera diganti. 

Selain trik di atas, terdapat cara lain yang juga dapat lakukan untuk mendeteksi kerusakan pada kopling mobil manual, yaitu dengan memperhatikan beberapa gejala berikut ini : 

  1. Apabila pedal kopling terasa lebih keras saat ditekan, dan mobil baru akan bergerak saat pedal kopling diangkat mendekati posisi sebelum saat diinjak. 
  2. Akselerasi mobil yang menurun hingga mobil terasa berat dan tidak bertenaga. Kondisi seperti ini terasa semakin parah saat melewati kondisi jalan menanjak. 
  3. Timbulnya getaran saat pedal kopling diangkat. Hal ini kemungkinan disebabkan karena cover clutch atau flywheel yang sudah tidak rata dan harus segera diganti. 
  4. Muncul suara asing di transmisi. 


CONTOH KERUSAKAN PADA KOPLING

  1. Contoh permasalahan saat pedal kopling diangkat, kemudian terdengar suara asing berupa bunyi “pletak” atau suara kasar. 
  2. Terdengar suara desingan bearing (laher) saat pedal kopling tidak diinjak. Hal ini umumnya terjadi karena disebabkan pelumas pada ada release bearing sudah mengering.


Demikian pembahasan kali ini mengenai cara mendeteksi kerusakan pada kopling mobil. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Kopling Mobil Bermasalah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel