-->

iklan bawah header

Jenis-Jenis Dongkrak Mobil dan Fungsi Cara Kerjanya Masing-Masing

Dongkrak merupakan salah satu peralatan khusus pada otomotif yang digunakan untuk mendongkrak  atau mengangkat bodi mobil. Peralatan ini menjadi salah satu alat yang wajib dan harus dimiliki para pemilik mobil. Penggunaan dongkrak biasanya berguna dalam membantu proses servis mobil, pengecekan bagian bawah mobil dan mencuci mobil. 

Penggunaan dongkrak juga sangat membantu dalam kondisi darurat seperti kondisi akan mengganti ban yang kempes dengan ban serep. Setidaknya ada beberapa jenis dongkrak yang perlu diketahui dan dipahami cara kerjanya. Berikut ini merupakan pembahasan lebih lengkap mengenai dongrak dan jenisnya.


Jenis Dongkrak Mobil Berdasarkan Sistem Gaya 

Terdapat berbagai macam dongkrak dengan fungsi yang sama untuk mengangkat benda berat, akan tetapi memilik spesifikasi dan cara kerja yang berbeda. Berdasarkan dari sistem gaya dongkrak, terdapat dua tipe dongkrak, yaitu: 

1. Dongkrak mekanik 

Dongkrak mekanik bekerja dengan menggunakan gaya yang berpusat pada roda gigi. Gaya pada roda gigi akan diteruskan dan diperbesar ke bagian batang dongkrak yang kemudian akan mempermudah dalam mengangkat benda yang berat. 

2. Dongkrak hidrolik 

Dongkrak hidrolik bekerja dalam mengangkat benda berat dengan bantuan sistem hidrolis. Gaya tekan pada proses diteruskan dengan perantara zat cair di bagian dalam dongkrak, hanya cukup memompanya dengan tuas untuk mengangkat mobil. 


Jenis Dongkrak yang Sering Digunakan dan Fungsinya 

Setelah mengetahu jenis dongkrak berdasarkan sistem gayanya, berikut ini merupakan jenis jenis dongkrak berdasarkan macamnya, fungsi, dan prinsip kerjanya:

1. Dongkrak gunting (Scissor Jack)

Dongkrak gunting merupakan dongkrak yang bentuknya paling sederhana dari semua jenis dongkrak yang sering ditemukan. Pada dongkrak jenis ini tidak menggunakan sistem hidrolik, sehingga dalam penggunaan harus menggunakan tenaga extra agar dapat terangkat. Walaupun penggunaan dongkrak ini masih memerlukan tenaga, akan tetapi dongkrak ini sangat cocok digunakan di mobil pribadi. Karena bentuk dari dongkrak ini sangatlah ringkas, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Dongkrak gunting banyak dipakai sebagai dongkrak bawaan dari setiap mobil saat pembelian. 

Daya angkat dongkrak gunting mampu mengangkat beban 1 sampai 6 ton. Jangan menggunakan dongkrak melebihi dari daya angkat maksimum yang diizinkan pada dongkrak. 

Mekanisme kerja dongkrak gunting menggunakan sistem mekanik dengan memakai ulir layaknya baut. Dongkrak gunting menggunakan sejumlah roda gigi yang berfungsi menambah gaya saat mengangkat beban berat. 

Contohnya adalah jika kita mengaplikasikan gaya sebesar 10 N saat menggunakan dongkrak maka gaya tersebut akan dilipat gandakan melalui mekanisme roda gigi sehingga kendaraan akan dapat terangkat. 

Cara menggunakannya adalah saat baut/ulir diputar searah jarum jam maka posisi dongkrak akan semakin tinggi. Berikut cara kerja dari dongrak gunting:

a. Cara kerja ketika menaikan beban 

Dengan memutar handle searah jarum jam akan membuat poros ulir berputar mengikuti putaran handle. Poros tersebut dihubungkan dengan nuts, nuts dan poros ulir akan bekerja sama seperti halnya baut dan mur yang dapat bergerak maju sesuai arah putaran. Dengan bergeraknya ulir maka mengakibatkan ketinggian dongkrak berubah (rangka lengan atas dan lengan bawah akan saling mendekat). Dari perubahan ketinggian dongkrak akan membuat kendaraan terangkat. 

b. Cara kerja ketika menurunkan beban 

Dengan memutar handle berlawanan arah dengan putaran jam akan menyebabkan poros ulir berputar searah dengan putaran handle yang berlawanan arah jam tersebut. Nuts dan poros ulir akan bekerja sama seperti baut dan mur yang dapat bergerak mundur sesuai arah putaran. Bergeraknya ulir mengakibatkan ketinggian dongkrak berubah (karena rangka lengan atas dan lengan bawah saling menjauh). Dengan berkurangnya tinggi dongkrak maka mengakibatkan beban yang ada diatas penyangga akan turun. 

Cara menggunakan dongkrak gunting 

  • Posisikan kendaraan di tempat yang datar. 
  • Posisikan tumpuan dongkrak pada bagian chasis kendaraan paling kuat sebelum dilakukan pendongkrakan. 
  • Putar batang pemutar searah jarum jam sampai kendaraan terangkat setinggi yang diinginkan 
  • Jika memungkinkan, pasang jack stand guna menjamin keselamatan kerja.


2. Dongkrak Buaya (Trolley Jack/Floor Jack)

Dongkrak buaya adalah salah satu jenis dongkrak yang memiliki ukuran lebih besar. Dongkrak ini juga sudah menggunakan sistem kerja hidrolik untuk mengangkat beban. Penggunaan dongkrak ini sangat aman dipakai dengan kelebihan mudah dalam penggunaan dan memiliki daya angkat beban yang cukup besar dibandingkan dengan dongkrak gunting. Dalam pemakaian mudah digeser dan dipindah karena ditopang oleh 4 roda. Dongkrak buaya lebih mudah digunakan untuk mengangkat kendaraan dengan ground clearance yang kecil.  

Daya angkat dari dongkrak buaya adalah mampu mengangkat beban dengan kapasitas 1 sampai 20 ton. Jangan menggunakan dongkrak melebihi daya angkat maksimum yang diizinkan 

Mekanisme kerja dongrak buaya adalah dengan menggunakan sistem hidrolik yang diaplikasikan dengan menggunakan tuas engkol yang digerakan naik dan turun. Pada dongkrak buaya memiliki pompa minyak (cairan dalam sistem hidrolik) dimana kerja torak digerakan oleh tuas panjang. Sementara pompa kaki digunakan untuk menaikan sadel pengangkat (untuk beban ringan). Sadel ini yang menjadi tumpuan pengangkatan untuk ditempatkan pada bagian chasis kendaraan. Pada dongkrak dengan sistem hidrolik terdapat realese valve /klep pengontrol untuk membocorkan tekanan saat akan menurunkan beban. 

Cara menggunakan dongkrak buaya: 

  • Posisikan kendaraan di tempat yang datar.
  • Tempatkan penahan/pengaman dibawah kendaraan sebelum bekerja dan pastikan lantai atau permukaan cukup kuat agar titik permukaan saat pendongkrakan tidak ambles. 
  • Letakan sadel tepat pada bagian chasis kendaraan paling kuat. 
  • Gerakan batang pengungkit dongkrak buaya untuk menaikan lifting arm, sampai sadel menyentuk titik tumpu angkat kendaraan yang telah ditentukan. 
  • Pastikan bidang kontak antara dongkrak buaya dengan kendaraan sudah tepat. 
  • Gerakan batang pengungkit untuk melakukan pengangkatan sampai ketinggian yang diinginkan.
  • Sebelum melakukan pekerjaan topanglah kendaraan dengan menggunakan jack stand.
  • Turunkan dongkrak buaya dengan membuka katup oli/klep pengontrol hingga jackstand/penopang menyentuh kendaraan. 


3. Dongkrak Botol (Hydraulic Bottle Jack)

Dongkrak mobil botol adalah salah satu jenis dongkrak yang bentuknya menyerupai sebuah botol dan penggunaan alat ini memanfaatkan hidrolik sama seperti dongrak buaya. Penggunaan hanya perlu naik turunkan tuas supaya sistem hidrolik mobil bekerja dengan baik. 

Sesuai dengan namanya, jenis dongkrak ini berbentuk seperti botol. Dongkrak botol memiliki dimensi yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan dongkrak jenis lain. Dongkrak ini tidak cocok untuk alat angkat kendaraan yang memiliki ground clearance yang kecil seperti pada kebanyakan mobil-mobil sedan. Pada dongkrak botol memiliki adjustable threaded center piece yang berfungsi untuk menyetel ketinggian. 

Daya angkat  dongkrak botol adalah mampu mengangkat beban dengan kapasitas 1 sampai 5 ton. Jangan menggunakan dongkrak melebihi daya angkat maksimum yang diizinkan 

Mekanisme kerja dari dongkrak botol adalah menggunakan sistem hidrolik. Pada dongkrak botol mimiliki sebuah silinder kecil yang berfungsi mengangkat silinder besar. Proses perpindahan tekanan ini dilakukan oleh media kerja berupa cairan hidrolik yang terdapat di dalam dongkrak. Gerakan diantara slinder dikontrol oleh valve yang pada saat disetel hanya akan membuat oli mengalir pada satu arah (one way valve).  Kerja pompa pada dongkrak ini masih manual, sehingga tetap memerlukan tenaga manusia dengan cara memompa/ menggerakan sebuah tuas naik dan turun. 

Cara menggunakan dongkrak botol: 

  • Pastikan dogkrak botol mampu bekerja dengan baik. 
  • Posisikan kendaraan di tempat yang datar.
  • Posisikan penahan/pengaman dibawah kendaraan sebelum bekerja dan pastikan lantai atau permukaan cukup kuat agar titik permukaan saat pendongkrakan tidak ambles. 
  • Tempatkan dongkrak botol dibawah kendaraan pada bagian yang akan diangkat.
  • Tutup katup oli dan pasangkan batang pengungkit. 
  • Tekan batang pengungkit berulang ulang hingga ketinggian yang diinginkan. 
  • Pasangkan jackstand pada bagian yang aman sehingga tidak terjadi slip dan tidak merusak komponen kendaraan. 
  • Turunkan dongkrak botol dengan membuka katup oli hingga posisi kendaraan pada tumpuan jackstand. 


4. Dongkrak Transmisi 

Jenis dongkrak ini berguna untuk memasang, melepas, mengangkat, atau memindahkan transmisi pada berbagai jenis kendaraan. Pada dongkrak ini memiliki kapasitas mulai dari 0,2-1,8 ton dan umumnya kontruksi terbuat dari bahan baja berat. Harga dongkrak transmisi cukup mahal (mulai dari 900 ribuan hingga jutaan rupiah) dan biasanya digunakan di bengkel resmi atau garasi profesional. 


5. Dongkrak Kereta (High Lift Jack

Berbentuk seperti rel kereta, sehingga sering disebut dongkrak kereta. Dongkrak ini dipakai untuk mengangkat mobil yang butuh daya angkat tinggi. Penggunaannya biasanya dipakai untuk mengangkat mobil-mobil offroad (perjalanan di jalan berlumpur, tanah, pasir, bebatuan, sungai, atau kondisi alam yang ekstrim), dan jenis trailer (truk). 

Perlu diperhatikan dalam penggunaan harus hati-hati karena footplate-nya cukup kecil dan goyah. Biasanya, dongkrak ini hanya digunakan di bengkel mobil oleh bantuan profesional. Jenis dari  dongkrak ini dapat mengangkat beban berat hingga kapasitas 20 ton. Harga dongkrak kereta mulai dari 850 ribuan rupiah. 


6. Kombinasi Dongkrak Botol dan Buaya 

Dongkrak kombinasi botol buaya adalah jenis dongkrak yang merupakan gabungan dari dongkrak botol dan buaya yang memiliki kelebihan dari kapasitas angkat yang lebih besar. Kekurangan dari dongkrak ini yaitu memiliki ukuran yang besar, sehingga sangat sulit untuk dipindah tempatkan. Dongkrak jenis ini kebanyakan hanya dimiliki pihak bengkel resmi.

Dongkrak ini sendiri memiliki kapasitas angkat beban yang beragam, mulai dari 20 hingga 50 ton. Harga paling murah dimulai dari 250 ribuan hingga jutaan rupiah.


Demikian pembahasan kali ini mengenai berbagai  macam jenis dongkrak mobil dan fungsi kerjanya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Jenis-Jenis Dongkrak Mobil dan Fungsi Cara Kerjanya Masing-Masing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel