-->

iklan bawah header

Tujuan dan Proses Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Proses Bisnis

Pembahasan mengenai tujuan dan proses dari pengelolaan sumber daya manusia dalam proses bisnis akan kita bahas pada artikel berikut ini. Mari kita simak dan pahami setiap penjelasannya. 



PENGERTIAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA

Pengelolaan sumber daya manusia juga dikenal dengan istilah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu pemikiran ilmu atau cara bagaimana cara untuk mengatur hubungan dan peranan dari sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif, serta dapat digunakan semaksimal mungkin sehingga tercapai tujuan bersama. 

Pada sumber daya manusia sendiri memiliki karakter, sifat, sikap yang berbeda-beda, dan dalam pengelolaanya menggabungkan beberapa ilmu seperti psikologi, sosiologi dan lainnya yang berkaitan.


TUJUAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA

Tujuan dari adanya pengelolaan atau manajemen sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan efektifitas dari karyawan (pegawai, buruh, manajer, dan tenaga kerja lainya). Sehingga diharapkan organisasi atau perusahaan tersebut akan mencapai tujuan utamanya. Di perusahaan, bagian yang menangani dari sumber daya manusia disebut dengan HRD (Human Resource Departement). 

Sedangkan tujuan pengelolaan atau manajemen Sumber Daya Manusia menurut Sedarmayanti, penulis buku Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja (2009) menyebutkan bahwa ujuan manajemen sumber daya manusia terdapat 4 tujuan, yaitu: 

a. Tujuan sosial 

Pengelolaan ini untuk memastikan dan bertanggung jawab secara sosial terhadap tantangan dan keperluan yang terjadi saat ini dimasyarakat guna mengurangi efek negatif atau merugikan bagi organisasi atau perusahaan yang akan timbul. 

b. Tujuan Organisasi 

Tujuan ini mengelola dan memastikan adanya sumber daya manusia yang baik dengan cara menggunakan sasaran-sasaran formal yang disusun dalam mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi. 

c. Tujuan fungsional 

Pengelolaan sumber daya manusia ini senantiasa untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan kontribusi sumber daya manusia terhadap organisasi atau perusahaan. 

d. Tujuan Individu 

Pengelolaan sumber daya manusia pada diri individu pada setiap anggota atau karyawan yang berguna dalam memberikan motivasi, sehingga akan terciptanya kontribusi yang maksimal dalam melaksanakan kewajiban tugasnya dalam organisasi atau perusahaan.


PROSES PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA 

Proses pengelolaan sumber daya manusia dari setiap organisasi atau perusahaan itu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi secara umum dalam proses yang dilakukan dari perencanaan sumber daya manusia seperti halnya perekrutan, penandatanganan kontrak kerja, penempatan, pembinaan tenagakerja, dan sebagainya tersebut dengan persyaratan tertentu. 

a. Perencanaan SDM (Human Resource Planning) 

Perencanaan SDM merupakan proses manajemen dimana bertujuan dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia pada organisasi dari posisi yang diinginkan di masa mendatang, dengan proses-proses dan aktivitas yang dilakukan bersama oleh manajer sumber daya manusia dan manajer lini dalam menyelesaikan masalah pada organisasi yang terkait dengan manusia. 

b. Penyediaan SDM (Personal Procurement) 

Penyediaan SDM merupakan segala sesuatu cara yang dilakukan dalam penyediaan sumber daya manusia dengan menentukan kriteria tertentu yang berguna dalam memenuhi kebutuhan suatu organisasi perusahaan. Dalam penyediaan tenaga kerja biasanya dilakukan melalui beberapa seleksi, diantaranya: seleksi administrasi, seleksi kualifikasi, seleksi sikap perilaku, dan penempatan dari tenaga kerja.

c. Pengembangan (Personnnel Development) 

Dalam pengembangan tenaga kerja baru diakomodasi melalui program orientasi organisasi atau perusahaan. Bagi tenaga kerja lama, pembinaan dilakukan dengan metode on the job dan off the job yang dilakukan didalam maupun di luar suatu organisasi perusahaan. 

d. Pemeliharaan (Personnel Maintanance) 

Tenaga kerja yang dipilih harus berasal dari sumber terbaik, kemudian memberikan program terbaik bagi perusahaan. Maka perusahaan akan dapat berharap lebih ke tenaga kerja dalam memberikan kinerja terbaik untuk organisasi suatu perusahaan. Dan untuk proses selanjutnya adalah pemeliharaan tenaga kerja. 

Dari setiap tenaga kerja mempunyai motif bakcground yang berbeda-beda, biasanya pada perusahaan dalam hal melakukan pemeliharaan dilakukan dengan cara pemberian kompensasi dan benefit ke tenaga kerja tersebut. Kompensasi hali ini bisa berbentuk uang atau insentif tingkat yang berbeda sesuai dengan pekerjaanya. Sedangkan benefit berbentuk perhatian dari perusahaan seperti cuti yang bergaji dan asuransi kesehatan keselamatan kerja bagi tenaga kerja dan keluarganya.

e. Pemanfaatan (Personnal Utilization) 

Pada langkah ini merupakan upaya dalam melakukan pemelihara tenaga kerja agar selalu sejalan dengan rencana strategis suatu perusahaan. Program yang diberikan diantaranya adalah promosi jabatan, demosi penurunan tenaga kerja pada bagian lebih rendah dikarenakan adanya penurunan kualitas dalam bekerja. Transfer pemindahan tenaga kerja dengan harapan dapat meningkatkan produktifitasnya setelah mengalami proses transfer.


Demikian pembahasan kali ini mengenai tujuan dan proses dari pengelolaan sumber daya manusia dalam proses bisnis. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Tujuan dan Proses Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Proses Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel