-->

iklan bawah header

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Gredek saat Berjalan

Gredek motor matic - Meskipun tidak semua motor matic mengalaminya, tetapi tak banyak juga  pengguna motor matic yang sudah mengalami hal satu ini, yaitu dengan terdengar bunyi kasar pada bagian cvt, suara gredek-gredek, atau suara seperti bunyi kopling pada mesin yang tidak pas. 

Kebanyakan bunyi tersebut timbul dan terdengar saat pengguna motor matic memutar handle gas dari posisi pelan ke kencang. Suara dan gredek yang timbul tersbut tak jarang pemilik akan membiarkannya karena dianggap hanya akan terdengar di awal-awal saja karena seterusnya akan hilang seiring handle diputar, namun ada pula yang merasa tidak nyaman karena terkesan seperti mesin ada kerusakan. Sehingga, perlu bagi pemilik untuk mengetahui penyebab dari bunyi tersebut dan solusi untuk mengatasinya. 



PENYEBAB MOTOR MATIC GREDEK 

Saat memutuskan untuk membawa motor matic yang berbunyi gredek-gredek tersebut ke bengkel atau bongkar, perhatikan bahwa jangan langsung memvonis penyebab dari timbulnya bunyi tersebut berasal dari satu bagian saja. Penyebab dari motor matic gredek ada beberapa akibat, berikut ini merupakan beberapa penyebab dari motor matic gredek. 

1. Terdapat kotoran pada CVT

Penyebab pertama adalah dikarenakan adanya endapan kotoran dari CVT (Continuously Variable Transmission). Timbulnya kotoran tersebut dikarenakan beberapa sebab, mulai dari lingkungan sekitar seperti debu atau lumpur dan juga dikarena kampas gandanya yang bermasalah.

Kotoran pada CVT tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari kampas dan mangkok ganda motor matic. Sehingga membuat kampas ganda jadi kurang gigit dimangkuk atau rumah kampas ganda. Seperti kita tahu, kerja dengan memanfaatkan gaya lontar atau sentrifugal, kampas ganda akan menekan mangkuk kampas ganda. Karena adanya kotoran membuat kampas ganda kesulitan mendapatkan grip.

2. Rubber clutch damper / karet penahan kampas ganda mengeras

Penyebab kedua adalah pada rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang sudah mulai mengeras.Mengerasnya karet penahan tersebut akan menyebabkan kampas ganda menjadi goyang dikarenakan tidak ada penyangganya. Akibat dari kampas ganda yang goyang, akan menyebabkan terjadi benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat kopling berada. 

3. Grease / gemuk pada pulley mengeras dan menipis

Penyebab ketiga adalah grease atau gemuk pada pulley yang bocor, sudah mengeras atau sudah dalam keadaan menipis. Akibat dari keadaan tersebut, maka kampas ganda akan mudah bergoyang. 

4. Kerusakan pada roller weight dan belt

Penyebab keempat adalah adanya kerusakan pada roller weight atau roller CVT, dan belt yang sudah mulai aus. Solusinya adalah dilakuknyan servis dengan membersihkan mangkuk yang menjadi rumah kopling. Kemudian membersihkan kotoran yang ada di belt serta rollernya. Langkah selanjutnya periksa keras tidaknya per pengikat kampas kopling ganda. .


CARA MENGATASI MOTOR MATIC GREDEK

Dari keempat penyebab utama matic gredek di atas, solusi dalam mengatasi masalah gredek pada bagian CVT motor matic bisa dibilang begitu mudah apabila sering melakukan bongkar pasang motor untuk perawatan. Sedangkan orang yang awam mengerti mesin lebih memilih cara mudah yaitu dengan membawanya ke bengkel menjadi pilihan paling tepat karena ditangani oleh ahlinya. Namun apabila memang menginginkan untuk mengatasinya sendiri, maka berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat kalian gunakan sebagai solusi masalah tersebut. 

1. Bersihkan Kampas Ganda dari Kotoran 

Membersihkan kotoran pada kampas ganda merupakan solusi paling sederhana yang dapat digunakan untuk menghilangkan getaran dan gredek pada CVT. Dengan membersihkan kotoran yang menumpuk pada kampas ganda dapat meminimalkan geataran dan suara gredek. Kotoran ini biasanya berasal dari motor atau partikel debu lain di sekitarnya. 

Saat kampas ganda kotor, hal ini akan mempengaruhi kinerja dari kampas tersebut dengan dapat mengurangi grip atau cengkeraman kanmas. 

Sehingga, ketika handle gas naik atau turun, akan dirasakan getaran dan menciptakan suara gredek. Untuk membersihkan kotoran pada kampas ganda, hanya perlu menyiapkan kompresor. Setelah itu, buka penutup kampas ganda dan lepaskan, lalu semprotkan dengan udara bertekanan dari kompresor sampai benar-benar bersih atau gunakan sikat lembut.

2. Ganti Damper / Karet 

Penggantian pada kampas ganda damper atau karet kampas ganda seperti gambar di atas, karena motor matic gredek dapat dimungkinkan karena karet peredam sudah mulai mengeras. Fungsi dari karet damper pada motor CVT matik sendiri adalah sebagai penahan kampas ganda dan kondisinya harus fleksibel atau lentur seperti karet kebanyakan. 

Saat karet damper mulai mengeras, akan membuat gerakan kampas tidak pada posisi yang benar, tetapi bergerak tidak beraturan dan akan sedikit bergetar. Apabila sudah seperti ini, maka cengkeraman kampas tidak akan begitu kuat seperti saat kondisi karet damper masih lentur

Sehingga, apabila penyebab utama sepeda motor matic pada karet damper ini, maka disarankan untuk mengganti karet peredamnya dengan yang baru. 

Sebagai informasi: 

Basanya akan didapatkan karet damper baru saat membeli kampas ganda baru. Atau ada beberapa toko yang menyediakannya secara terpisah.

3. Ganti Roller CVT 

Seperti yang kita ketahui bersama, pada motor matic, bagian CVT memiliki bagian yang sangat penting yaitu roller. Fungsi dari roller pada motor matic sendiri adalah untuk memudahkan pergerakan transmisi, mengatur diameter puller dan mengatur percepatan. Jika kondisi roller sudah mulai aus atau rusak, otomatis akan terasa terdengar suara atau getaran yang keras saat motor berjalan. Oleh karena itu, bagi para pemilik sepeda motor yang mengalami masalah ini, hal ini disebabkan karena part roller sudah mulai aus. Jadi disarankan untuk segera menggantinya dengan kondisi baru. 

Catatan: 

Perhatikan ukuran roller saat mengganti. Hal ini dikarenakan setiap jenis motor matic memiliki ukuran roller yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mengurangi masalah lain, cobalah untuk menggantinya dengan ukuran yang sama.

4. Ganti Seal Pulley Belakang 

Kebocoran bagian gemuk pada pulley belakang juga akan menimbulkan bunyi gesekan, dan getaran pada motor matic akan sangat terasa pada kecepatan rendah. Hal ini karena gemuk akan masuk ke mangkuk kampas ganda seiring waktu. Jika diabaikan maka secara otomatis akan menyebabkan kanvas licin karena gemuk tersebut, sehingga secara otomatis akan membuat CVT bergetar dan mengeluarkan suara gesekan. 

Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara adalah mengganti seal pulley belakang yang baru. Seal tersebu dapat dibeli di toko suku cadang sepeda motor kebanyakan. Karena karet seal jenis ini biasanya tidak sulit untuk kita dapatkan.


Namun apabila setelah membersihkan  dan memperbaiki bagian-bagian permasalah tersebut dan motor matic masih berbunyi gredek, maka tidak ada cara lain, yaitu menggantinya dengan perangkat yang dijual di bengkel resminya


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab dan cara mengatasi motor matic gredek. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dalam memperbaiki motor matic gredek.

Salam Teknika!

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Gredek saat Berjalan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel