-->

iklan bawah header

Cara Identifikasi Bisnis dengan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) di Bidang Otomotif

Potensi bisnis otomotif - Bisnis adalah segala sesuatu usaha atau kegiatan dalam merubah bentuk, sifat , dan tampilan dari barang/benda mentah atau belum jadi dengan berbagai cara baik fisika atau kimia, sehingga barang/benda tersebut akan mempunyai nilai lebih, dan pada kondisi saat ini barang/benda yang diolah dalam bisnis adalah suatu produk yang berwujud nyata mempunyai bentuk dimensi atau hanya berwujud maya atau digital. Saat ini bisnis sangat erat kaitannya dengan dunia industri apalagi di bidang otomotif.

Mari kita simak pembahasan artikel berikut ini mengenai potensi bisnis dan cara identifikasi SWOT sebelum terjun ke dunia bisnis, khususnya otomotif.

Ketika kalian tertarik untuk memasuki dunia bisnis, kalian harus melakukan banyak persiapan terlebih dahulu. Tidak hanya harus mempertimbangkan masalah teknis seperti produk apa yang akan dijual, ada hal lain yang lebih penting, yaitu mengidentifikasi peluang bisnis. Tujuan terpenting adalah keberhasilan perusahaan yang akan dioperasikan. Oleh karena itu, ketika kalian memutuskan untuk membuka usaha atau bisnis baru, bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala dan dapat membawa kesuksesan bagi pemiliknya. 


TUJUAN IDENTIFIKASI BISNIS

Berikut ini merupakan tujuan/fungsi melakukan identifikasi suatu bisnis, antara lain: 

  1. Mencegah kerugian atau kebangkrutan dalam usaha. 
  2. Mengetahui seberapa persaingan yang terjadi di pasar. 
  3. Mengetahui bahwa produk atau jasanya jika dibutuhkan di pasar. 
  4. Mengetahui apabila usahanya memang layak dijalankan. 
  5. Mengetahui minat dari konsumen dari produk atau jasa yang ingin ditawarkan. 
  6. Mengetahui seberapa lama usaha dapat berjalan. 
  7. Mengetahui rugi dan laba ketika melakukan bisnis. 
  8. Menetapkan teknik dari pemasaran yang tepat.


CARA IDENTIFIKASI BISNIS DENGAN ANALISIS SWOT

Setelah mengetahui tujuan dari melakukan identifikasi peluang bisnis, langkah selanjutnya adalah mengetahui dan melakukan dari bagaimana cara identifikasinya. Pada proses ini dilakukan dengan cara menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Sehingga, dalam melakukan tindakan tidak akan terburu-buru dalam mengambil keputusan karena tanpa melalui pertimbangan yang matang. Dengan menggunakan cara ini, kita akan mengetahui kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman yang dimiliki oleh bisnis tersebut.


Terdapat 2 jenis identifikasi dari peluang bisnis tersebut, yaitu: faktor internal (kekuatan dan kelemahan bisnis) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Berikut ini penjelasan dari cara identifikasi peluang  bisnis tersebut.

1. Strength (Kekuatan) 

Cara identifikasi peluang bisnis yang pertama adalah dengan cara mengetahui dari kekuatan bisnis yang dijalankan. Dengan memiliki kekuatan utama dari bisnis yang akan dijalankan akan dapat mempengaruhi segala aspek, baik segi positif untuk saat ini ataupun di masa mendatang. 

Berikut cara dalam mengetahui kekuatan suatu bisnis. Caranya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti berikut:

  • Apa saja keunggulan dari perusahaan? 
  • Apa kelebihan yang dimiliki perusahaan yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing? 
  • Apa saja keunikan dari perusahaan Anda?
  • Apa hal utama yang membuat perusahaan sukses dalam melakukan penjualan selama ini? 
  • Apa saja keunggulan perusahaan dimata konsumen? 

2. Weakness (Kelemahan) 

Weakness merupakan cara untuk melakukan identifikasi peluang bisnis dengan cara mengetahui kelemahan dari perusahan. Cara ini dapat berpengaruh secara negatif ke perusahaan di masa sekarang maupun di masa yang mendatang. Siapkan pertanyaan berikut untuk mengetahui dari kelemahan bisnis yang akan Anda jalankan: 

  • Apa yang bisa diperbaiki oleh perusahaan?
  • Apa yang sebaiknya harus dihindari oleh perusahaan? 
  • Faktor apa saja yang membuat penjualan perusahaan menurun? 
  • Apa kelemahan perusahaan dimata konsumen? 
  • Apa saja sepak terjang kompetitor sehingga pesaing lebih baik dari perusahaan Anda? 

3. Opportunities (Peluang) 

Opportunities merupakan prospek bisnis atau peluang yang harus dimiliki oleh perusahaan. Dengan melakukan cara ini bisnis akan memiliki kesempatan agar bisa berkembang di masa yang datang. Berikut ini pertanyaan yang dapat diajukan dalam menjawab peluang dari bisnis yang akan dijalankan: 

  • Kesempatan apa yang dimiliki oleh perusahaan saat ini?
  • Hal apa yang sedang trend dan sejalan dengan perusahaan Anda? 

d. Threats (Ancaman) 

Threats merupakan ancaman-ancaman yang mungkin terjadi dan dapat menjadi hambatan bagi perusahaan atau bisnis untuk dapat berkembang. Berikut ini pertanyaan yang bisa disiapkan, yaitu: 

  • Apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh perusahaan saat ini? 
  • Hal apa yang sedang atau telah dijalankan oleh kompetitor perusahaan? 
  • Kemajuan teknologi apa saja yang menjadi ancaman untuk perusahaan? 
  • Apa saja peraturan baru pemerintah yang sekiranya akan mengancam kemajuan perusahaan Anda?


Demikian pembahasan kali ini mnegenai potensi bisnis dan identifikasi bisnis dengan cara analisis SWOT pada bidang otomotif. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dalam mengetahui bisnis dalam otomotif.

Salam Teknika!

0 Response to "Cara Identifikasi Bisnis dengan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) di Bidang Otomotif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel