-->

iklan bawah header

Pengertian Bisnis dalam Otomotif dan Perkembangannya

Bisnis - Sering kita kerap mendengar kata 'bisnis' dalam kehidupan sehari-hari. Secara historis, kata 'bisnis' diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu business. Kata business berasal dari kata dasar busy yang mempunyai arti 'sibuk' dalam konteks individu, komunitas, atau masyarakat. Sedangkan dalam konteks sederhana, bisnis adalah kesibukan dalam melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.


PENGERTIAN BISNIS MENURUT PARA AHLI

  • Hughes dan Kapoor 
Bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat

  • Brown dan Pretello 

Bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba atau tidak. 

  • Jeff Madura 

Bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan. 

  • L. R. Dicksee 

Bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut. 

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan, bidang usaha, dan usaha dagang.


KONSEP DAN TUJUAN BISNIS

Konsep Dalam Bisnis 

Secara umum dalam konsep bisnis terdapat beberapa komponen utama, yaitu: 

  • Strategi inti (core strategy), yaitu visi dan misi dari sebuah bisnis yang meliputi hal-hal ideal yang diharapkan dari bisnis tersebut. 
  • Sumber daya strategis (strategic resources), yaitu semua yang berhubungan dengan kompetensi utama, proses inti, dan aset strategis. 
  • Perantara pelanggan (customer interface), yaitu semua yang berhubungan dengan informasi, dukungan dan pemenuhan, dinamika hubungan, dan struktur harga. 
  • Jaringan nilai (value network), yaitu semua jaringan nilai yang dapat memperkuat dan melengkapi sumber daya perusahaan.

Tujuan Bisnis 

Beberapa tujuan bisnis, yakni sebagai berikut: 

  • Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis. 
  • Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. 
  • Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat. 
  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. 
  • Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang. 
  • Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum. 
  • Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.


FUNGSI DAN MANFAAT BISNIS

Fungsi bisnis 

Adapun beberapa fungsi bisnis adalah sebagai berikut: 

  • Form utility, yaitu fungsi produksi di mana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan. 
  • Place utility, yaitu fungsi distribusi di mana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang atau jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen. 
  • Possessive utility, yaitu fungsi penjualan dalam bisnis di mana sebuah perusahaan menjual suatu produk ke konsumen yang membutuhkan, baik itu barang maupun jasa. 
  • Time utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, di mana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat. 
Manfaat bisnis 

Menjalankan bisnis memberikan banyak manfaat bagi para pelakunya. Dengan memiliki bisnis, kamu akan merasakan beberapa manfaat berikut ini: 

  • Mendapatkan penghargaan dan pengakuan. 
  • Menjadi bos untuk diri sendiri. Menggaji diri sendiri. 
  • Bisa mengatur waktu dengan leluasa. Memiliki masa depan yang cerah.


PENGERTIAN BISNIS DALAM OTOMOTIF

Bisnis merupakan segala sesuatu usaha kegiatan merubah bentuk, sifat dan tampilan dari barang/benda melalui berbagai cara baik fisika atau kimia, sehingga barang/benda tersebut mempunyai nilai lebih sesuai yang dibutuhkan, pada masa saat ini barang/benda yang diolah untuk bisnis adalah suatu produk yang dapat berwujud nyata (mempunyai bentuk dimensi) atau hanya berwujud maya (bentuk digital). 

Bisnis sangat erat kaitanya dengan industri apalagi bidang otomotif. Industri merupkan serangkaian kegiatan manusia dengan segala kemampuan, ketekunan dan keahlianya dengan bantuan alat atau mesin dalam mengolah barang/benda menjadi bahan baku, bahan setengah jadi atau barang jadi untuk meningkatkan nilai kualitas dan kegunaan barang tersebut. 

Industri di Indonesia mempunyai peluang yang cukup besar dalam perkembanganya karena mempunyai bahan baku/bahan mentah yang sangat melimpah, letak geografis Indonesia yang menguntungkan, tenaga kerja yang banyak dan pasar dalam negeri yang menjanjikan. Namun dalam kenyataanya industri di Indonesia mengalami beberapa kendala diantaranya penguasaan teknologi yang perlu ditingkatkan pada segi SDM, mutu barang yang kalah bersaing dan juga sarana dan prasarana belum merata di seluruh wilayah. 


PERKEMBANGAN DUNIA INDUSTRI

  1. Dunia Industri sudah berkembang dari mulai abad ke 18 atau yang di kenal dengan revolusi industri 1.0 dimana di gunakanya mesin uap untuk proses pembuatan barang menggantikan tenaga manusia atau hewan. 
  2. Revolusi industri 2.0 ditandai dengan adanya perkembangan energi listrik dan motor penggerak dalam berbagai perusahaan manufaktur pada era ini produk dibuat secara masal seperti pesawat telephone, mobil dan pesawat terbang yang terjadi sekitar tahun 1870an. 
  3. Kemudian pada tahun 1969 ditemukan komputer hal ini sebagai tanda di mulainya revolusi industri 3.0. perkembangan pada era ini sangat cepat seperti industri berbasis elektronika, teknologi informasi dan otomatisasi. 
  4. Pada era saat ini dikenal dengan revolusi industri 4.0. dimana teknologi digital dan internet sudah sangat cepat pertumbuhannya sehingga mempengaruhi perubahan pada kehidupan manusia pada era revolusi sebelumnya. Bukan rahasia lagi hampir semua orang ketergantungan dengan smartphone. Bahkan dalam transportasi manual juga tergeser dengan munculnya Ride-sharing seperti Go-jek, Uber dan Grab.

Teknologi manufaktur saat ini sudah menggabungkan antara teknologi otomatisasi dengan teknologi pertukaran data secara jarak jauh atau di kenal dengan Internet Of Things (IoT) dimana kemampuan mesin, peralatan berbagai perangkat, sensor dan manusia saling bekerja sama menciptakan sistem informasi berupa salinan dunia fisik nyata secara virtual. 

Pemerintah bersama dunia usaha dan masyarakat berupaya secara sungguh-sungguh dalam menghadapi era revolusi 4.0 ini di tandai dengan adanya Roadmap Making Indonesia 4.0 yang terdapat lima industri yang menjadi fokus penerapan revolusi industri 4.0 yaitu industri : 

  • Kebutuhan pokok (Makanan dan Minuman), 
  • Tekstil dan Busana,
  • Otomotif,
  • Kimia,
  • Elektronika,
  • Farmasi,
  • Alat Kesehatan

Industri otomotif merupakan industri manufaktur karena dari proses pembuatannya terdiri dari banyak perusahaan (badan usaha) yang menyediakan bahan mentah dan bahan baku untuk di olah dengan berbagai peralatan seperti mesin-mesin, komputer robot dan tenaga kerja untuk menghasilkan sebuah produk, produk pada industri otomotif seperti kendaraan (sepeda motor dan mobil), angkutan barang, alat berat dan alat pertanian. 


Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian bisnis dalam otomotif dan perkembangan pada industri di Indonesia.

Salam Teknika!

0 Response to "Pengertian Bisnis dalam Otomotif dan Perkembangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel