-->

iklan bawah header

Penyebab Idling Stop System (ISS) Motor Matic Honda Tidak Dapat Berfungsi

Penyebab ISS tidak berfungsi- Saat ini motor-motor matic Honda terdapat salah satu fitur bernama Idling Stop System (ISS) yang berguna untuk menghemat bahan bakar dengan cara kerjanya yaitu mesin secara otomatis mati ketika posisi diam atau langsam sejenak seperti di kemacetan atau lampu merah. Pengendara tinggal memutar handle gas untuk kembali menyalakan motornya.

Namun ada beberapa pengguna kendaraan dengan fitur ISS merasakan bahwa ISS tidak dapat berfungsi meskipun tombol idling pada posisi ON. Berikut ini beberapa trouble shooting apabila menemui gejala ISS tidak dapat berfungsi:

1. Pastikan Melakukan Starter dengan Elektrik Starter

Dalam melakukan starter dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan elektrik starter. Hal ini karena dapat dipastikan bahwa sistem ISS motorakan dapat digunakan. Kerja sistem ISS tidak akan berfungsi jika melakukan starter dengan kick starter.  

2. Pastikan Switch ISS Posisi ON “Idling Stop”

Saklar ISS berada di bagian kanan kemudi motor. Untuk mengaktifkannya hanya dengan mengubah posisi tombol switch ke kondisi Idling Stop (klik ke bawah). Indikator lampu hijau ISS pada speedometer akan menyala secara otomatis,dan menandakan bahwa sistem ISS sudah dapat bekerja. 

3. Pastikan Motor Sudah Mencapai Kecepatan Melebihi 10 km/jam

Kerja dari idling stop sistem akan berfungsi saat kecepatan kendaraan sudah lebih dari 10 km/jam yang akan terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor. Sensor ini bekerja untuk mendeteksi putaran gigi dan saat sensor mendeteksi adanya perputaran roda gigi, maka sinyal akan dikirim ke speedometer dan ECM kemudian akan mengendalikan kerja idling stop sistem. 

4. Pastikan Putaran Mesin Standar Mencapai 1.600 rpm (+/- 100 rpm)

Putaran mesin standar ini dipengaruhi oleh pencapaian kecepatan yang melebihi 10 km/jam dan kerja akan sama terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor. 

5. Pastikan Temperatur Mesin melebihi 60° C

Pada mesin terdapat sensor Engine Coolant Temperature (ECT). Sensor ini secara otomatis  mengetahui temperatur dari mesin. Jika temperatur mesin sudah melampaui 60° C, maka sistem ISS baru akan mulai beroperasi. 

6. Pastikan Throttle atau Handle Posisi Tertutup

Kerja sistem ISS beroperasi dengan memastikan handle gas dalam posisi tertutup penuh.Hal ini sering terjadi pada saat berhenti atau pada lampu merah, dan dalam kondisi jalanan macet. 

7. Motor Berhenti 3 Detik 

Waktu yang diperlukan untuk mengetahui sistem ISS beroperasi yaitu selama 3 detik setelah motor berhenti dan handle menutup penuh. Vehicle Speed Sensor dan Throttle Position Sensor akan secara otomatis mendeteksi rentan waktu tersebut. Indikator pada panel speedometer akan berkedip yang memastikan sistem ISS berfungsi.

8. Pastikan Komponen Pendukung ISS Tidak Bermasalah

Aki merupakan komponen pendukung utama agar sistem ISS dapat berfungsi sebagaimana kerjanya. Aki tekor bisa membuat sistem ISS tidak berfungsi, tetapi ada beberapa faktor lain,  antara lain akibat spidometer mati, bisa karena masalah di speed sensor ini membuat sistem ISS jadi tidak aktif.

Sakelar idling stop aktif dan lampu indikator berwarna hijau menyala (kurang lebih 3 detik, kemudian mati lagi), tetapi mesin tidak mau mati bisa diakibatkan karena putaran idle tidak pada posisi 1600 +/- 100 rpm , sensor ECT bermasalah, sensor TP bermasalah, dan sensor VS bermasalah.


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab dari idling stop system tidak dapat beefungsi sebagaimana fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

1 Response to "Penyebab Idling Stop System (ISS) Motor Matic Honda Tidak Dapat Berfungsi"

  1. In this webpage it is possible to understand the needs and wants, generate anything exclusive. matic gems

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel