-->

iklan bawah header

Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Bengkel Otomotif


Workshop Equipment - Peralatan bengkel atau dalam bahasa kerennya Workshop Equipment adalah berbagai macam peralatan perkakas yang digunakan pada bengkel otomotif. Meski begitu, workshop equipment bukan menjadi alat utama untuk melakukan berbagai jenis perawatan/perbaikan kendaraan, namun workshop equipment bisa mempermudah suatu pekerjaan bengkel. Dibandingkan dengan workshop equipment di bengkel besar, workshop equipment di bengkel kecil akan berbeda dari segi jumlah, macam, dan jenisnya. Sebagai contoh bengkel kecil hanya mempunyai dongkrak, tetapi dibengkel mempunya two-post lift ataupun car liff dan alat bengkel lainnya. Berikut ini kita akan membahas mengenai workshop equipment pada bengkel otomotif itu apa saja, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Macam-Macam Alat Workshop Equipment Dalam Bengkel Otomotif

1. Dongkrak

Dongkrak merupakan salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel baik besar dan kecil. Dongkrak ada di bengkel kecil dan bengkel besar karena kepraktisannya dalam penggunaan di bidang otomotif. Berguna dalam berbagai operasi yang membutuhkan mendongkrak atau mengangkat kendaraan agar lebih tinggi dari tanah atau lantai. Misalnya melepas roda, memperbaiki sistem rem, memperbaiki kaki-kaki dan tugas lainnya yang memerlukan dongkrak. 

Ada beberapa jenis dongkrak. Jenis dongkrak berdasarkan system gaya ada 2 macam sebagai berikut: 

  • Dongkrak Mekanik: Pada dongkrak ini gaya akan diteruskan dan diperbesar lewat roda gigi ke batang gigi. Pengoperasian dongkrak ini memerlukan tenaga yang lebih.
  • Dongkrak Hidrolik: Pada dongkrak ini gaya akan diteruskan dengan perantara zat cair hidrolik. Dongkrak ini memiliki ciri-ciri menyerupai mulut buaya yang memiliki kepraktisan penggunaan yang cukup tinggi. Dengan menggunakan titik tumpu pada dongkrak yang memiliki bentuk pipih serta disertai roda kecil, membuat dongkrak jenis ini bisa digunakan pada mobil yang memiliki ground clearance rendah dan menggunakan sistem hidraulis. Pada sistem ini membuat pekerjaan menjadi semakin mudah. Disini gaya tekan yang kecil pada torak kecil menggerakkan torak besar sehingga terjadi gaya angkat yang besar.

2. Car Lift

Lift adalah sejenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel besar. car lift perlu digunakan dalam pekerjaan perawatan kendaraan untuk memfasilitasi pekerjaan mekanisk yang dilakukan di bawah kendaraan. Dengan adanya car lift, berbagai tugas yang perlu dilakukan di bawah kendaraan bisa lebih fleksibel, contoh pekerjaan seperti memperbaiki kaki-kaki kendaraan, mengganti oli mesin, dan sebagainya. 

3. Jackstand

Jackstand merupakan peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel. Jackstand adalah penyangga setelah kendaraan diangkat. Kerja jackstand dapat disesuaikan dengan level ketinggian pengangkatan kendaraan yang dapat disesuaikan.

Jackstand ini terbuat dari bahan yang kuat, seperti besi, baja, atau campuran yang dapat menahan beban kendaraan. Namun, saat memasang jackstand harus dengan titik tumpu kendaraan yang tepat untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja.

4. Kompresor

Kompresor merupakan salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel otomotif. Kompresor adalah mesin yang digunakan untuk mengompres atau memampatkan udara dan gas. Akibat proses kompresi tersebut, udara memiliki tekanan yang dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan perawatan kendaraan. Tugas-tugas ini termasuk membersihkan filter, karburator, mengoperasikan impact, dll. Kompresor memiliki dua buah penggerak yaitu motor listrik dan motor berbahan bakar bensin / solar.

5. Mesin Las

Mesin las merupakan salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel yang berguna dalam perbaikan. Mesin las merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan antar komponen besi atau plat. Di bidang otomotif, mesin las sangat diperlukan untuk berbagai tugas seperti memperbaiki panel bodi, rangka, dan kaki-kaki. Mesin las ada banyak jenisnya, diantaranya adalah ada las listrik, las mig, dan las asityline.

6. Hydraulic Press

Hydraulic press merupakan salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel otomotif. Hydraulic press berfungsi untuk memberikan tekanan pada beberapa atau seluruh bagian komponen kendaraan yang memerlukan tekanan dalam perbaikan dan perawatan. Hydraulic press biasanya menggunakan tenaga tambahan untuk melakukan proses tekanan melalui peralatan pneumatik atau hidrolik. Hydraulic press sangat membantu dalam semua jenis pekerjaan di bengkel, seperti pemasangan bearing, pemasangan seal power cylinder, dan lain sebagainya.

7. Tyre Changer

Tyre Changer adalah salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel. Tyre Changer memiliki fungsi membantu proses pemasangan dan pelepasan ban dari pelek. Dengan menggunakan tyre changer, proses pelepasan dan pemasangan ban menjadi efektif dan cepat. Ini karena tyre changer menggunakan tenaga tekan atau udara bertekanan dari sistem pneumatik dari kompresor.

8. Wheel Balancer

Wheel balancer merupakan salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel spooring balancing. Wheel balancer memiliki fungsi untuk mendeteksi ketidakseimbangan roda kendaraan. Peralatan bengkel semacam ini sangat penting dalam proses penyeimbangan sehingga mempengaruhi kenyamanan dan keamanan kendaraan. Wheel balancer pada poros untuk memeriksa ketidakseimbangan dengan cara menyetel informasi roda pada alat wheel balancer meliputi jarak wheel balancer, lebar pelek, dan diameter pelek. Nilai dari hasil wheel balancer akan ditampilkan di layar yang disediakan pada alat. Untuk proses perbaikan dari hasil apabila ditemukan ketidakseimbangan, disediakan pemberat roda untuk ditempelkan pada roda sehingga hasil diharapkan menjadi 0.

9. Scanner

Scanner adalah salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel otomotif. Scanner memiliki fungsi menscam atau memindai berbagai kondisi sistem pada kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi injeksi bahan bakar elektronik. Dengan cara ini, kerusakan atau malfungsi pada mesin kendaraan akan lebih cepat diketahui. Alat tersebut berfungsi seperti komputer dan digunakan untuk mengambil data tentang kondisi mesin dari unit kendali elektronik. Setelah diketahui hasil data kerusakan dan letak, mekanik dapat dengan mudah untuk memperbaikinya.

10. Gas Analyzer

Gas analyzer adalah salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel untuk perawatan dari kerja mesin. Gas analyzer memiliki fungsi untuk mendeteksi kandungan atau komposisi gas buang atau sisa gas buang yang dikeluarkan dari mesin dalam proses pembakaran. Kandungan gas buang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya masalah pada kondisi mesin. Kandungan gas yang dapat dideteksi dengan alat ini adalah oksigen, karbondioksida, karbon monoksida dan hidrokarbon. 

11. Tune Up Tester

Tune up tester adalah salah satu jenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel. Alat uji ini berfungsi membantu proses tune up kendaraan (terutama kendaraan yang masih konvensional). Penguji tune up tester dapat digunakan untuk mendeteksi sudut pengepakan (sudut dweel), kecepatan mesin (rpm), voltase baterai, tingkat kevakum dan pengisian mesin kendaraan.

12. Bench Grinder

Bench grinder adalah sejenis peralatan bengkel yang banyak digunakan di bengkel. Memiliki fungsi membentuk, meratakan atau membersihkan permukaan. Bench grinder sangat membantu dalam berbagai pekerjaan di bengkel, seperti membersihkan busi dan membentuk berbagai sparepart yang perlu disesuaikan.

13. Injector Cleaner Tester

Dalam membersihkan injektor pada mesin kendaraan yang sudah injeksi biasanya dealer atau bengkel menggunakan alat khusus yang disebut "Injector Cleaner and Tester". Injector Cleaner ini bekerja menggunakan metode getaran ultrasonic dalam merontokan kotoran yang menempel didalam injektor. Namun alat ini di pasaran harganya sangat-sangat mahal. Sehingga jarang ditemui dibengkel kecil.


Demikian pembahasan kali ini mengenai workshop equipment. Apabila masih ada kekurangan mengenai alat kerja bengkel otomotif, silahkan tambahakn ke menu komentar. Salam Teknika!

0 Response to "Pengertian Dan Macam - Macam Alat Workshop Equipment Dalam Bengkel Otomotif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel