-->

iklan bawah header

Tipe-Tipe Rem ABS (Anti-lock Brake System) pada Kendaraan dan Penjelasannya

Teknologi sistem pengereman anti-lock brake system (ABS) dirancang untuk mencegah roda terkunci saat pengereman cukup kuat dalam kondisi jalan raya yang permukaan satu roda berubah dari permukaan roda lainnya selip. Hal tersebut mengakibatkan roda pada sistem rem mudah terkunci sehingga menyebabkan kendaraan berputar atau menjadi tidak stabil, yang sangat membahayakan keselamatan penumpang. Pembahasan tidak akan diuraikan secara detail dan jelas, setidaknya memahami pemahaman dan pengertian sistem pengetahuan dasar kendaraan mengenai sistem pengereman anti-lock brake system (ABS) .


Pengertian Sistem Rem ABS (Anti-Lock Brake System)

Anti-Lock Brake System adalah sistem pengereman yang dikontrol secara elektrolik. Sistem ini menggunakan suatu unit komputer actuator yang gunanya untuk mengendalikan tekanan hidrolik yang menuju ke disc brake caliper semua roda mobil tersebut. Tanpa ABS manakala pengereman diterapkan dengan cukup kuat untuk mengunci roda mobil akan meluncur tak terkendali sebab tidak ada daya tarik antara ban dan permukaan jalan. Selagi roda sedang meluncur, pengendara hilang kendali juga. Saat Anti-Lock Brake System mengerem, sistem menyediakan keselamatan kepada pengendara yang lebih tinggi melalui pencegahan roda dari penguncian. Anti-Lock Brake System dalam pemakaian sistem pengereman normal tidak akan terpengaruh. Anti-lock Brake System dirancang untuk mencegah terjadinya penguncian roda (wheel lockup) saat pengereman mendadak di segala medan jalan.


Kelebihan dari sistem pengontrolan rem Anti-lock Brake System

  1. Mobil tetap Stabil (Vehicle Stability) 
  2. Proses penghentiannya lebih cepat (jarak lebih dekat, kecuali jalan bertanah atau bersalju) 
  3. Penguasaan control kendaraan menjadi maksimal (Steerability) 
  4. Jika roda depan terkunci mobil tidak mungkin bisa dikendalikan 
  5. Jika roda belakang yang terkunci mobil akan tidak stabil dan dapat tergelincir kesatu sisi.


Tipe-Tipe Anti-lock Brake System

Anti-lock Brake System memiliki beberapa tipe, diantaranya:

1. Rem ABS dengan 4 Sensor 4 dan Channel (Independent Control)

Sensor kecepatan dipasang di keempat roda, dan katup independen dipasang di keempat roda, dan setiap roda dipasang secara terpisah untuk memastikan gaya pengereman maksimum.

ABS jenis ini memiliki sensor empat roda dan empat saluran kontrol hidraulik yang masing-masing dikontrol secara independen. Sistem ini memiliki tingkat keamanan tertentu dan jarak berhenti yang pendek dalam berbagai kondisi jalan. Namun, jika permukaan jalan basah dan licin, gaya pengereman yang tidak rata antara kiri dan kanan akan menyebabkan bodi bergerak menganga, sehingga mengurangi stabilitas. Karenanya, sebagian besar mobil yang dilengkapi saluran ABS Tipe 4 menyertakan opsi logika rendah di roda belakang untuk menjaga kestabilan mobil di berbagai kondisi jalan.


2. Rem ABS dengan 4 Sensor dan 3 Channel (Roda depan : Independent, Roda belakang : Select low)

Ada sensor kecepatan di keempat roda, masing-masing roda depan memiliki katup terpisah, dan kedua roda belakang hanya memiliki satu katup.

Digunakan pada mobil FF (front-engine front driving), sebagian besar bobot kendaraan terkonsentrasi pada roda depan. Saat melakukan pengereman, mid-point weight kendaraan juga telah bergerak ke depan hampir 70%. Gaya pengereman dikendalikan oleh roda depan. . Ini berarti bahwa sebagian besar gaya pengereman dihasilkan oleh roda depan, jadi agar ABS efektif, diperlukan kontrol independen pada roda depan.

Namun, roda belakang dengan tenaga pengereman yang kecil juga sangat penting untuk menjamin keamanan kendaraan saat melakukan pengereman. Oleh karena itu, saat ABS roda belakang bekerja di jalan licin, perangkat kontrol independen pada roda belakang akan menyesuaikan gaya pengereman roda belakang secara tidak merata, sehingga menyebabkan mobil menguap. Untuk menghindari gerakan yaw ini dan menjaga mobil tetap aman saat ABS bekerja di berbagai kondisi jalan, sesuaikan tekanan rem roda belakang sesuai dengan kecenderungan roda mana yang akan terkunci. Konsep pengaturan disebut "select low-control".


3. Rem ABS dengan 3 Sensor dan 3 Channel (Roda depan:  Independent, Roda belakang : Select Control)

Tipe ini biasanya terdapat pada ABS roda empat yang dilengkapi dengan sensor kecepatan dan katup untuk setiap roda depan, serta katup dan sensor untuk dua roda belakang. Sensor kecepatan roda belakang terletak di poros belakang. 

Sistem ini menyediakan kontrol individual untuk roda depan, sehingga dapat mencapai gaya pengereman maksimum.

Kerja roda belakang dipantau bersama setiap waktu. Kedua roda harus mulai mengunci sebelum ABS akan mengaktifkan di bagian belakang. Dengan sistem ini memungkinkan salah satu roda belakang akan mengunci selama berhenti hingga mengurangi efektivitas rem. Sistem ini mudah untuk mengidentifikasi kerja rem, karena tidak ada sensor kecepatan individu untuk roda belakang.


4.Rem ABS dengan 1 Sensor dan 1 Channel (Roda belakang : Select Low Control)

Sistem ini biasanya ditemukan pada kendaraan dengan ABS roda belakang. Sistem ini memiliki katup yang mengontrol dua roda belakang dan sensor kecepatan di poros belakang. Pengoperasian sistem ini sama dengan bagian belakang sistem tiga saluran. Roda belakang dipantau bersama, dan kedua roda harus mulai mengunci sebelum ABS masuk. 

Dalam sistem ini, salah satu roda belakang dapat terkunci, sehingga mengurangi efek pengereman. Sistem ini juga mudah dikenali karena setiap roda tidak memiliki sensor kecepatan tersendiri.

Digunakan pada mobil yang dilengkapi sistem pipa rem H, hanya digunakan untuk mengontrol tekanan roda belakang. Pada diferensial belakang dipasang sensor kecepatan roda untuk mendeteksi kecepatan roda. Cara kerjanya adalah ketika roda depan tiba-tiba terkunci maka kestabilan roda kemudi akan hilang, dan jarak pengereman di jalan dengan koefisien gesekan rendah (rendah) akan semakin ditingkatkan. Sistem ini hanya membantu dalam parkir lurus.


Demikianpembahasa mengenai tipe dari sistem rem ABS (Anti-Lock Brake System). Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Tipe-Tipe Rem ABS (Anti-lock Brake System) pada Kendaraan dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel