-->

iklan bawah header

Diesel Runaway : Penyebab dan Cara Mengatasi Diesel Runaway pada Mesin Diesel

Diesel runaway - Kendaraan bermesin Diesel memiliki banyak keunggulan, antara lain torsi yang tinggi, mesin yang kuat dan tahan lama bila beroperasi, serta irit bahan bakar. Oleh karena itu, mesin diesel banyak digunakan di bus dan truk yang memerlukan mobilitas tinggi, bahkan mobil mewah seperti Toyota Land Cruiser menggunakan diesel. Selain banyak kelebihan, ternyata mesin diesel juga memiliki kekurangan, diantaranya getaran ruang mesin tinggi mengakibatkan kabin bergetar bagi beberapa mobil. Dan mengakibatkan potensi masalah serius antara lain Diesel Runaway. Apa itu diesel runaway?


PENGERTIAN DIESEL RUNAWAY

Diesel runaway mengacu pada situasi di mana mesin masih menyala dan tidak dapat dimatikan meskipun kita sudah memutar kunci kontak ke off dan mencabutnya. Dalam hal ini, mesin mobil akan hidup secara terus-menerus, dan kemudian asap putih akan muncul pada knalpot. Apabila pengemudi mengalami diesel runaway pada mesin diesel, maka tidak banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengemudi, karena jika penanganan yang dilakukan salah, maka risikonya fatal.

Mesin yang mengalami diesel runaway akan mati ketika oli mesin sudah habis atau pasokan bahan bakar  solar terhenti tergantung penyebab dari diesel runaway itu sendiri.

Penyebab seperti ini biasanya terjadi pada pompa diesel atau kerusakan pada ECU. Masalah ini menyebabkan mesin mengeluarkan solar dari bahan bakar secara tidak terkendali, sehingga putaran mesin akan tinggi. Dalam hal ini, awan asap putih akan muncul dan tidak akan hilang. Semua mobil atau kendaraan yang menggunakan mesin diesel sangat mungkin mengalami diesel runaway apabila salah dalam perawatan mesin.


PENYEBAB DIESEL RUNAWAY

Penyebab diesel runaway salah satunya adalah suplai bahan bakar yang bermasalah. Diesel Runaway yang disebabkan oleh kegagalan komponen saluran bahan bakar akan berhenti jika suplai dari bahan bakar terhenti. 

Penyebab lain dari diesel runaway adalah masuknya oli mesin ke dalam ruang pembakaran sehingga oli akan ikut terbakar oleh kompresi mesin diesel. Hal ini biasanya terjadi karena seal oli pada turbo yang sudah rusak (getas) sehingga oli mesin dapat menerobos masuk ke turbo yang selanjutnya masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar, kemudian terjadilah diesel runaway. Mesin akan berhenti sendiri jika oli mesin habis. Oli mesin yang habis makan menyebabkan? Ya mesin akan ikut rusak dan memerlukan penggantian komponen.

sumber: Facebook JurnalPantura


CARA MENGATASI DIESEL RUNAWAY
Ada beberapa langkah untuk mengatasi Diesel Runaway. Apabila mobil yang mengalami diesel runaway pengemudi dapat:

  1. Jika mobil bertransmisi manual, maka pindahkan transmisi pada posisi gigi 4 atau 5 dengan kondisi rem parkir diaktifkan. Lalu injak pedal rem secara penuh. Dibarengi dengan menginjak pedal kopling, mesin akan menjadi mati karena beban mesin terlalu berat. Pastikan melepas kopling secara perlahan dan lembut untuk mencegah gigi transmisi ambrol dan pecah.
  2. Jika mobil diesel yang bertransmisi otomatis, pemilik mobil dapat menutup saluran udara (intake) dengan benda yang rata dan besar. Namun, apabila pengemudi tidak memiliki pengalaman menangani hal ini, sebaiknya pengemudi segera memarkir kendaraan di tempat yang aman. Tarik rem tangan, dan segera menjauh dari kendaraan. Ketika solar habis, maka mesin akan mati dengan sendirinya. 
  3. Pengemudi juga bisa menunggu kerusakan sistem mekanikal lainnya yang membuat pasokan solar ke dalam mesin berhenti.
  4. Jika langkah tersebut belum juga mengakibatkan mesin masti karena penyebab dari oli yang masuk ke sistem pembakaran, maka langkah yang diambil adalah memarkirkan kendaraan ke tempat aman tari tuas rem parkir dan tunggu mesin mati sendiri saat oli mesin telah habis.

Untuk mencegah masalah diesel runaway dapat dilakukan melalui perawatan secara rutin mesin dan komponen diesel. Mesin diesel memang paling sedikit perawatannya, tapi bukan berarti tidak ada perawatannya. Jangan lupa untuk selalu mengecek komponen-komponen yang dapat menyebabkan diesel runaway, seperti pompa bahan bakar, seal oli turbo, dll. 

Demikian pembahasan kali ini mengenai diesel runaway, semoga dapat bermanfaat dalam perawatan diesel.

0 Response to "Diesel Runaway : Penyebab dan Cara Mengatasi Diesel Runaway pada Mesin Diesel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel