-->

iklan bawah header

Jenis Ban dan Kontruksi / Struktur pada Ban pada Kendaraan yang Wajib Diketahui

BAN BIAS DAN BAN RADIAL BAGUS MANA?

Pengertian ban - Ban merupakan bagian penting dari kendaraan adalah alat peranti yang menutupi velg roda dan digunakan untuk melindungi roda dari aus dan kerusakan, mengurangi getaran akibat permukaan jalan yang tidak teratur, dan memberikan stabilitas antara kendaraan dengan jalan untuk meningkatkan akselerasi dan mendorong gerakan agar tetap melaju dengan traksi. 

Ban berperan penting dalam kendaraan sebagai penopang kendaraan dan mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh kondisi jalan sesuai dengan yang dilaluinya.


JENIS-JENIS BAN

Menurut strukturnya, ban dapat dibagi menjadi tiga jenis: ban bias, ban radial dan ban belted. Perbedaan konstruksi didasarkan pada arah benang lawon. Benang lawon yang telah di tenun dan merupakan lembaran kain untuk lapisan ban, yang disebut Ply. Pada saat yang sama, lapisan yang telah tersusun dalam kontruksi ban disebut Carcass.

1. Ban bias

Ban bias adalah ban yang garis kanvasnya disusun secara diagonal di sepanjang lingkar tengah tapak dan dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Arah normalnya berada pada sudut 25-40 derajat ke garis tengah telapak.

2. Ban radial

Ban radial memiliki konstruksi carcass cord yang  membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari bagian samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt. 

Pemakaian ban jenis ini hanya mengakibatkan sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi dipacu. Pada ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.

3. Ban belted

Ban belted disebut dengan betled karena mempunyai sabuk (belt) yang terbuat dari benang atau kawat baja. Jenis ban belted ini di bedakan menjadi dua, yaitu ban bias belted dan ban radial belted. Kedua jenis sama-sama menggunakan sabuk, yang membedakan hanya pada kontruksi ply (lapisan) saja. Arah benang lawonya yang ada pada ply untuk ban bias belted tersusun miring (bias) dan membentuk sudut 25 – 40. Sedangkan pada jenisi radial belted tersusun melingkar dan membentuk sudut 90 derajat.


KONTRUKSI DAN STRUKTUR BAN

Ban tersusun dari empat bagian utama, yaitu: carcass, tread breaker, dan bead. Atau pula dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang mempunyai fungsi utama sebagi berikut: crown, shoulder, sidewall, dan bead.

1. Casing / kanvas (carcass) 

Berfungsi menahan tekanan angin yang tinggi. Untuk ban mobil penunjang casing terbuat dari nylon, polyters atau rayon sedangkan untuk ban truck dan bus terbuat dari nylon (Bias) dan baja (radial) 

2. Telapak (tread) 

Merupakan bagian ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Berfungsi untuk melindungi casing dari keausan atau kerusakan luar. 

3. Dinding samping (side Wall) 

Merupakan lapisan karet yang melindungi caising dari kerusakan luar 4. Breker dan sabuk (belt) Sabuk terletak di bawah telapak, pada ban radial biasanya dari baja yang berfungsi membuat stabil telapak ban dan daya penyetiran yang baik serta umur pakai yang lama. Sedangkan breaker untuk ban bias untuk meredam kejut. 

5. Bead 

Berfungsi mencegah ban terlepas dari velg pada saat diisi oleh angin dan terbebani.

6. Inner liner 

Terdapat pada ban tubles yang berrfungsi sebagai pengganti ban dalam.


Demikian pembahasan mengenai jenis dan kontruksi pada ban. Semoga dapat bermanfaat dalam belajar dunia otomotif.

0 Response to "Jenis Ban dan Kontruksi / Struktur pada Ban pada Kendaraan yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel