-->

iklan bawah header

Analisa Suara Berisik Komponen Tambahan Mesin Otomotif (Penyebab Suara Berisik pada Mesin Mobil)

Suara berisik mesin - Pada mesin bensin, suara mesin mobil baru pasti akan lebih lembut daripada dengan suara mesin mobil yang sudah dipakai lebih dari satu atau dua tahun. Berbeda dengan mesin yang dalam perawatan selalu rutin, tentu pada mesin yang sudah lama digunakan dan jarang dirawat akan sedikit berisik dan kasar dari mesin atau kerjanya. 

Gejala mesin atau suara kasar biasanya muncul dari dalam kap ruang mesin. Apabila pemilik mobil tidak peduli dengan kondisis mobilnya kebanyakan pemilik mobil akan membiarkan saja masalah ini, karena berpikiran kadang suara mesin akan kembali normal selepas beberapa saat. 

Padahal, apabila tidak segera ditangani akan dapat berpotensi menjalar merusak komponen mesin lain di dalam kap mobil. 

Banyak kemungkinan mengapa gangguan ini bisa terjadi, bisa saja diakibatkan oleh kurangnya oli pelumas pada mesin. Sehingga saat mesin dinyalakan pada pagi hari (awal), maka oli tidak mampu melumasi semua komponen di dalam mesin. Hal ini akan mengakibatkan beberapa komponen pada mesin tidak mendapatkan asupan oli yang cukup. Dampak yang terjadi adalah mesin terganggu kinerjanya dan akan mengeluarkan suara bising. 


CARA MENGATASI SUARA BERISIK DALAM MESIN

Langkah termudah yang bisa Anda lakukan dalam merawat dan menghindari suara berisik pada mesin mobil adalah dengan cara pengecekan berkala supaya kondisi selalu terpantau. Pada pelumas oli dalam perawatan harus diganti secara rutin dalam meminimalisir dampak suara mesin kasar. 

Cobalah lakukan kedua hal tersebut mencegah masalah suara mesin. Gejala suara kasar ini biasanya muncul dari ruang mesin. Berikut ini suara mesin yang kasar dapat diakibatkan dari beberapa bagian komponen-komponen mesin. 

  1. Penyebab pertama adalah dapat diakibatkan oleh pada klep yang kendur sehingga harus dicek kebenarannya. 
  2. Penyebab lainnya adalah kurangnya pelumas atau oli yang melumuri komponen mesin. Selain mengakibatkan suara mesin kasar tentu hal ini sangat berbahaya. 
  3. Penyebab terakhir pada dalam mesin berasal dari komponen seperti dinding silinder kondisi masih baik atau tidak. Dinding silinder umumnya berbentuk oval, jika bentuk tidak lagi sempurna, atau ada goresan dan sejenisnya maka dipastikan suara mesin juga akan menjadi kasar.


 

Gambar mesin diatas adalah salah satu contoh cara mencari penyebab mesin bunyi dengan cara melepas tali kipas. Pemeriksaan terhadap penyebab mesin mobil bunyi kasar juga bisa dengan menggunakan cara ini yaitu ketika drive belt atau v-belt telah dilepas dari mesin, kemudian hidupkan mesin, jika suara mesin kasar tersebut hilang berarti asal bunyi bukan berasal dari dalam mesin, tetapi dari komponen pendukung mesin. Setelah itu matikan mesin dan coba putar satu persatu komponen yang ikut berputar dengan putaran mesin tersebut, seperti alternator, water pump, idler puli atau kompresor ac atau pompa power steering dan salah satu komponen tersebut pasti ada yang rusak yang menyebabkan bunyi, biasanya terjadi kerusakan pada bearing atau kolaher. Khusus untuk pompa power steering yang sering terjadi timbul bunyi karena oli power steering habis atau kurang akibat ada kebocoran. 


ANALISA SUARA BERISIK KOMPONEN TAMBAHAN PADA MESIN MOBIL 

Apabila sudah dengan cara melepas drive belt suara mesin juga masih kasar ketika mesin dihidupkan, beberapa hal yang bisa menjadi penyebab suara mesin mobil bunyi kasar tersebut adalah 

1. Bunyi dari Belt 

Belt atau  bahasa bengkel menyebut dengan tali kipas adalah komponen yang menghubungkan beberapa komponen-komponen yang berputar oleh mesin, seperti memutar kipas radiator, alternator, dan kompresor ac. 

Apabila timbul bunyi pada belt, biasanya di timbulkan karena kondisi belt sudah aus/rusak, kotor atau kering. Perawatan jika kering bisa di coba dengan memberikan sedikit pelumas untuk bahan karet, apabila bunyi hilang maka penyebab utamanya adalah belt tersebut. Cek apakah pada belt ada keretakkan lainnya. 

Indikasi bunyi yang disebabkan oleh belt: timbul bunyi “cit, cit, cit” seperti selip. 

Cara memperbaiki: ganti belt baru, atau bersihkan atau lumasi belt bila kotor. 

2. Bunyi akibat Kompresor AC 

Apabila bunyi yang di timbulkan oleh kompresor AC, cara paling mudah dalam mengidentifikasi apabila AC dinyalakan akan terdengar bunyi yang abnormal pada bagian komponen mesin. 

Indikasi bunyi yang disebabkan oleh kompresor AC: timbul bunyi “grok grok” pada saat AC hidup.

Terdapat dua komponen yang bisa menimbulkan bunyi ini:

  • Bearing kompresor 
  • Piston kompresor 
Tetapi akibat paling banyak adalah bunyi dari bearing kompresor. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti bearing kompresor yang baru. 

3. Bunyi karena Bearing-Bearing 

Suara yang diakibatkan bearing merupakan bunyi yang sulit di identifikasi bearing sebelah mana dan penyebabnya. Di bengkel terdapat alat khusus bernama soundscoope yang berfungsi mendeteksi bunyi abnormal. 

Penyebab dikarenakan bearing ini megalami kerusakan karena sudah aus pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Indikasi bunyi yang disebabkan bearing: Biasanya seperti mendengung yang terus menerus, semakin di naikkan RPM maka semakin kencang suaranya, serta saat mesin panas.

Bearing yang sering mengalami bunyi adalah bearing tensioner,idler, alternator, kompresor dan water pump.


PENUTUP

Pada mesin mobil terdiri dari banyak komponen yang berputar dan saling bergesekan, tidak hanya di dalam mesin tetapi komponen bagian luar seperti v belt, bearing, dan komponen lain. Setiap komponen yang bergesekan akan menimbulkan bunyi, maka dari itubagian kap mesin terdapat peredam bunyi untuk meminimalisir suara masuk dalam kabin. Apabila ada bunyi yang abnormal dalam ruang mesin, biasanya akan terdengar dari dalam kabin.

Periksalah secara rutin komponen dalam mesin Anda seperti water pump, bearing AC, dan bearing-bearing alternator dari kerusakan karena dapat menyebabkan bunyi kasar pada mesin.

Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab suara berisik pada mesin. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Teknika!

0 Response to "Analisa Suara Berisik Komponen Tambahan Mesin Otomotif (Penyebab Suara Berisik pada Mesin Mobil)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel