-->

iklan bawah header

Spesifikasi Minyak Rem Mobil Avanza dan Waktu Untuk Mengganti

Rem mobil sangat penting diperhatikan kondisinya, karena berkaitan dengan keselamatan berkendara tak terkecuali pada mobi Avanza. Prinsip kerja sistem rem adalah dengan cara memanfaatkan gaya gesek dalam memperlambat laju kendaraan dengan memanfaatkan perlambatan yang dilakukan pada roda kendaraan. 

Selain untuk mengatur kecepatan pada kendaraan sistem rem juga berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan, sehingga dengan sistem rem maka pengemudi dapat mengatur dimana dan kapan kendaraan akan berhenti

Kondisi mobil yang baik dan prima tentu akan memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Sehingga sangat penting untuk memeriksa setiap komponen pada mobil untuk meminimalisir risiko bahaya saat mengemudi. Salah satu hal tersebut adalah pengecekan minyak rem secara rutin karena memiliki peran yang sangat vital. 

Dalam kinerjanya pada mobil Avanza, minyak pada rem perlu pengecekan secara berkala agar cara kerja rem mobil tetap optimal. 

Berikut ini merupakan ulasan mengenai spesifikasi minyak rem mobi avanza dan waktu yang tepat penggantian minyak rem mobil :


WAKTU YANG TEPAT MENGGANTI MINYAK REM MOBIL AVANZA

Ada baiknya minyak rem mobil diganti sesuai dengan waktunya agar tidak membuang minyak yang masih dapat digunakan, maupun tidak telat apabila minyak sudah benar-benar basi. Berikut ini waktu yang tepat untuk mengganti minyak pada rem pada mobil. 

1. Sesuai dengan buku petunjuk 

Waktu penggantian minyak pada rem mobil biasanya disarankan dalam buku panduan pemilik saat membeli mobil. Pada buku itu berisikan waktu yang tepat dalam mengganti minyak dan kondisi yang harus diperhatikan ketika minyak tersebut perlu diganti. Buku petunjuk yang mungkin kurang dalam penjelasan mengenai penggantian minyak rem oleh orang awam yang memiliki sedikit pengetahuan tentang mesin mobil dan perawatannya. Sehingga, sangat disarankan meminta informasi dari pihak bengkel ketika ada kebingungan saat membacanya dan mengetahui penggantian minyak rem. 

2. Kualitas dan kuantitas berdasarkan jarak dan lama penggunaan

Sama seperti oli mobil, perawatan pada minyak rem juga perlu diperhatikan apabila volumenya berkurang atau kualitasnya sudah memburuk. Apabila kuantitas dari minyak rem maupun kualitas dari minyak rem jelek tentu akan berdampak negatif terhadap komponen dan sistem pengereman. 

Apabila minyak rem yang volumenya sudah berkurang maka perlu ditambah lagi. Sedangkan apabila kualitas dari minyak rem sudah jelek maka wajib dilakukan penggantian dengan yang baru sesuai spesifikasi. 

Waktu ideal untuk mengganti minyak rem pada mobil Avanza adalah 30 ribu - 40 ribu km atau jika mobil sudah dipakai selama 3 tahun. 


SPESIFIKASI MINYAK REM MOBIL AVANZA

Setelah diketahui bahwa minyak rem mobil Avanza perlu diganti, maka sebaiknya perhatikan spesifikasinya agar tidak salah dalam penggantian. 

Terdapat kode DOT yang menandakan spesifikasi minyak rem, antara lain: DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Apabila mengisi minyak rem dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan sistem pengereman akan berdampak buruk yang dapat mengakibatkan kerusakan seal pada sistem rem. Banyak yang menganggap bahwa semakin tinggi angka DOT-nya, maka kualitas minyak rem tersebut semakin baik. Semakin tinggi spesifikasi angka DOT-nya, maka minyak rem tersebut semakin mudah menangkap uap air. 

Sehingga, penting untuk memastikan membaca buku manual kendaraan atau melihat kode yang tercantum di tutup wadah minyak rem pada saat akan menggantinya. 

Umumnya minyak rem yang digunakan pada Toyota Avanza adalah DOT 3. Jadi jangan sampai salah mengisi saat dilakukan penggantian.


Perlu diperhatikan dalam mengganti minyak rem menggunakan yang berkualitas atau sesuai rekomendasi pabrikan. Hal ini bertujuan agar sistem rem tidak cepat rusak bila digunakan. Minyak rem yang dinilai sesuai rekomendasi pabrikan umumnya akan disesuaikan pula dengan kebutuhan mobil.

Demikian pembahasan mengenai spesifikasi minyak rem mobi avanza dan waktu yang tepat penggantian minyak rem mobil. Semoga bermanfaat. 

Salam Teknika!

0 Response to "Spesifikasi Minyak Rem Mobil Avanza dan Waktu Untuk Mengganti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel