-->

iklan bawah header

Letak dan Cara Baca Sekring Avanza & Xenia Kode Mesin K3-VE (2011-2014)

Letak sekring avanza xenia - Sekring mobil adalah komponen penting dalam sistem listrik mobil yang berfungsi untuk melindungi perangkat elektronik dan kabel-kabel listrik dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan. Sekring ini bekerja dengan cara memutuskan aliran listrik jika terjadi overcurrent atau lonjakan arus yang melebihi kapasitas yang ditentukan. Hal ini dapat mencegah terjadinya korsleting, kebakaran, atau kerusakan pada komponen elektronik mobil. 

Sekring mobil biasanya terbuat dari bahan yang dapat meleleh pada suhu tertentu ketika arus listrik melebihi batasnya. Ketika sekring meleleh, maka jalur arus listrik terputus, sehingga aliran listrik terhenti dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada perangkat elektronik atau kabel-kabel mobil. 

Setiap mobil memiliki berbagai jenis skering yang berbeda untuk berbagai sistem dan perangkat elektronik di dalamnya. Sekring-sekring ini terletak dalam kotak sekring yang biasanya terletak di dalam ruang mesin atau di dalam kabin mobil. Sekring-sekring ini harus diganti jika terjadi kerusakan atau jika terjadi overcurrent yang menyebabkan sekering tersebut meleleh.

Masalah kelistrikan mobil yang timbul karena masalah sekring, kerap kali hanya berupa masalah-masalah kecil yang umumnya tidak rumit juga tidak terlalu berbahaya apabila penanganannya benar. Penanganan termudah saat sekring mobil putus adalah dengan mengganti sekring  yang baru. Perlu diingat bahwa mengganti sekring mobil juga tidak boleh sembarangan, harus mengikuti aturan dan prosedur penggantian sekring yang benar untuk mencegah korslet yang bisa mengakibatkan mobil terbakar. 

Oleh karena itu, kita juga harus memahami arti kode sekring mobil yang kita gunakan untuk memudahkan dalam mengganti sekring mobil. Setiap sekring pada mobil memiliki arti dan kode khusus yang akan menunjukkan besaran arus listrik yang di tolerir teragantung dari penggunaannya. 

Arti kode sekring mobil untuk tiap-tiap merek berbeda dan tidak sama, pada artikel kali ini hanya akan membahas arti kode sekring mobil yang dipasang pada mobil Toyota Avanza (2011-2014), sehingga apabila Anda memiliki masalah terkait kelistrikan pada mobil Toyota Avanza akan memberikan gambaran dalam mencari solusi. Berikut merupakan pembahasan mengenai arti kode sekring pada mobil Toyota Avanza.


LETAK DAN ARTI KODE SEKRING AVANZA & XENIA

Langkah pertama apabila ingin mengetahui posisi sekring avanza Daihatsu Xenia pada mesin adalah dengan membuka kap mesin. Posisi kotak sekring berada pada sebelah kanan mobil. 


Untuk konstruksi dari letak sekring pada mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia (2011-2014) adalah sebagai berikut:

Berikut penjelasan mengenai masing-masing kode sekring pada mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia (2011-2014):

NoKode SekringAmpereSirkuit / Komponen
1H-LP RH10ALampu besar sebelah kanan (lampu headlamp kanan)
2H-LP LH10ALampu besar sebelah kiri (lampu headlamp kiri)
3(ABS NO. 2)30AAnti-lock brake system
4EFI15ASistem injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, sequential multiport/sistem injeksi, pompa bahan bakar
5(A/C NO.1)10ASistem air conditioner
6TAIL10ALampu belakang, lampu posisi depan, lampu plat nomor polisi, lampu kabut depan, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport
7HORN (KLAKSON)10AKlakson
8(FR FOG)20A-
9(ECU-B)10ATransmisi Otomatis
10STOP10ALampu rem, lampu interior, lampu rem hight mounted, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake system dan sistem kontrol shift lock.
11BACK UP10ASistem diagnosis on-board, meter, sistem audio
12IG140A-
13AM230A-
14HTR40ASistem air conditioner
15SPARE (CADANGAN)15ASekring cadangan
16SPARE (CADANGAN)10ASekring cadangan
17SPARE (CADANGAN)7.5ASekring cadangan
18EPS50AElectric Power Steering
19AM150A-
20(ABS NO. 1)40AAnti-lock brake system
21RAD30AKipas pendingin radiator elektrik



Demikian pembahasan kali ini mengenai arti kode sekring pada mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia (2011-2014). Semoga dapat bermanfaat apabila ditemui masalah terkait dengan kelistrikan pada mobil.

Salam Teknika!

0 Response to "Letak dan Cara Baca Sekring Avanza & Xenia Kode Mesin K3-VE (2011-2014)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel