-->

iklan bawah header

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Honda dan Liternya Lengkap Terbaru

Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya memahami pengetahuan tentang menentukan pelumas berdasarkan spesifikasi kendaraan yang dipakai apakah sesuai dengan kebutuhan mesin atau tidak. Pergantian oli mesin kendaraan merupakan hal yang sangat wajib dilakukan dan harus rutin dalam kendaraan untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Penggantian oli pelumas secara rutin dan teratur dilakukan supaya mesin kendaraan menjadi terawat dan dapat memberikan performa yang baik bagi kendaraan yang dipakai dalam mobilitas.


Lalu seberapa pentingkah oli atau pelumas dalam kendaraan tersebut? Berikut ini kita akan membahas mengenai fungsi oli pelumas dalam kendaraan dan berapa kapasitas oli mesin pada mesin Honda lengkap.


FUNGSI DAN TUJUAN PELUMAS OLI

1. Lubricating ( melumasi )

Mesin dalam berkerja menimbulkan gesekan antar komponen. Fungsi oli harus dapat mengurangi gesekan serta mencegah keausan dan panas pada komponen mesin kendaraan, dengan cara oli harus dapat membentuk suatu lapisan tipis (oil film) untuk mencegah kontak langsung permukaan logam dengan logam sehingga tidak menimbulkan gesekan secara langsung antar komponen yang dapat mengakibatkan kerusakan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

2. Cooling ( mendinginkan )

Kerja mesin yang secara terus-menerus dalam sistem pembakaran mengakibatkan suhu dalam mesin meningkat. Fungsi oli sebagai media pendingin, yaitu oli dapat menyerap panas dari bagian-bagian yang mendapat pelumasan dan kemudian membawa serta memindahkannya pada sistem pendingin pada kendaraan. Sehingga seuhu mesin diharpakan tidak melebihi batas kerja (overheat).

3. Cleaning ( membersihkan )

Oli sebagai bahan pembersih, yaitu dengan mengeluarkan kotoran pada bagian-bagian mesin yang bisa berupa hasil pembakaran untuk dapat dialirkan ke bagian bak penampung oli sehingga dapat keluar ketika dilakukan penggantian pelumas. 

4. Protecting ( melindungi )

Fungsi oli sebagai protecting antara lain oli harus dapat mencegah karat pada bagian-bagian mesin kendaraan. Fungsi lain adalah agar dapat mencegah terjadinya kebocoran gas dari hasil pembakaran.


KAPASITAS OLI MESIN MOBIL HONDA

Mengingat pentingnya oli atau oli pelumas pada mesin, keberadaannya harus selalu diperhatikan, termasuk penggantian secara berkala dan teratur. Berikut daftar dari kapasitas oli mesin pada mobil merek Honda:

No Tipe Mobil Honda Tanpa Ganti Filter Dengan Ganti Filter
1. Honda BR-V 3.4 liter 3.6 liter
2. Honda Civic ES 3.6 liter 4 liter
3. Honda City Vtec GD8 3 liter
4. Honda CR-V Gen.4 4 liter 4.2 liter
5. Honda Stream 3.5 liter 3.8 liter
6. Honda New Accord 3.6 liter 3.8 liter
7. Honda Mobilio 3.4 liter 3.6 liter
8. Honda Freed 3.4 liter 3.6 liter
9. Honda Jazz GE8 3.1 liter 3.3 liter
10. Honda HR-V 1.5 3.4 liter 3.8 liter
11. Honda HR-V 1.8 3.4 liter 3.8 liter
12. Honda Brio Satya 3.2 liter 3.5 – 3.8 liter



WAKTU PENGGANTIAN OLI MESIN HONDA

Terlambat dalam mengganti oli akan berakibat pada penurunan performa mesin dan kemungkinan kerusakan pada mesin. Oli yang kurang atau berlebih juga dapat mempengaruhi kerja mesin, sehingga perlu diperhatikan dalam pengisian jumlah oli harus sesuai dengan spesifikasi mesin. Kemudian perlu diketahui juga bahwa jarak ganti oli tidak hanya mengacu pada jarak tempuh atau kilometer, namun perlu dilakukan pengecekan kualitas dan kuantitas secara rutin apabila mobilitas kendaraan tinggi.

Untuk waktu penggantian pelumas mesin umumnya disarankan setiap 6 bulan atau 5.000 km sekali. Apabila menggunakan oli yang berkualitas, dapat mengganti oli setiap setahun atau 10.000 km sekali. Catatan, penggantian ini bisa dilakukan tergantung yang mana dicapai terlebih dahulu dari jarak tempuh atau waktunya.


Demikian pembahasan kali ini mengenai  fungsi oli pelumas dalam kendaraan dan berapa kapasitas oli mesin pada mesin Honda lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca,

Salam Teknika!

0 Response to "Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Honda dan Liternya Lengkap Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel