-->

iklan bawah header

Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi dan Cara Perbaikan

Saat akan memulai suatu mesin pada kendaraan baik sepeda motor maupun mobil kita selalu menekan atau memutar starting yang berguna agar mesin kendaraan dapat hidup awal. Sistem ini akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan kendaraan saat proses awal sebelum berjalan. Namun tak jarang juga ada masalah saat melakukan starting kondisi kendaraan tetap mati. Pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai permasalahan sistem starter tersebut yaitu penyebab sistem starter tidak berfungsi dan cara perbaikinya. Mari kita simak pembahasan berikut ini:


Pengertian Sistem Starter . 

Starter adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyalakan motor bakar pembakaran dalam saat proses awal kondisi mesin mati sehingga mesin tersebut dapat berputar dengan tenaganya sendiri.

Komponen mesin akan mendapatkan putaran awal melalui bantuan dari flywheel yang dimotori oleh motor starter yang kemudian mesin akan mampu melakukan perputaran dengan sendirinya karena proses pembakaran dalam mesin mulai berjalan. 


Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi 

Penyebab dari tidak berfungsinya starter motor ada berbagai penyebab. Berikut ini merupakan beberapa dari komponen yang dapat menyebabkan kerusakan pada motor starter:

1. Sekring putus 

Sekring berfungsi untuk mengamankan arus listrik komponen elektronik yang ada pada sepeda motor, salah satunya rangkaian electric starter. Sekring electric starter pada motor umumnya berukuran 20 ampere. Sehingga kalau arus yang diterima lebih tinggi maka sekring akan korslet dan putus menyebabkan electric starter tidak akan berfungsi saat menekan tombol starting motor.

2. Switch starter bermasalah

Komponen starter switch berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambungkan arus listrik pada starter. Kegunaan switch starter ini adalah dengan biasa ditekan untuk menyalakan mesin sepeda motor.  Kondisi dari switch starter juga bisa mengalami kerusakan yang pada akhirnya membuat electric starter sepeda motor tidak berfungsi. Sehingga penting untuk dilakukan pengecekan apakah arus dapat mengalir melalui switch starter atau tidak.

3. Masalah di kabel starter 

Terdapat beberapa masalah yang dapat terjadi pada kabel starter motor. Hal yang sering ditemui adalah koneksinya yang tidak sempurna. Masalah yang lebih serius apabila terjadi kerusakan pada kabel starter adalah kabel terbakar. Salah satu penyebabnya adalah sekring yang putus dengan tanda apabila sekring kembali putus seketika padahal baru saja diganti. 

4. Kondisi aki tekor 

Tegangan listrik yang dibutuhkan untuk starter sepeda motor umumnya 12 volt. Apabila aki yang tekor tidak memiliki tegangan sebesar itu akan menyebabkan mesin susah hidup saat starter. 

5. Relay Starter Rusak 

Dalam penggunaannya yang kerap menerima listrik yang cukup besar, maka ada waktunya relay starter akan rusak. Dengan kondisi saklar relay starter tersebut yang putus maka listrik tidak bisa disalurkan sebagaimana mestinya dan menyebabkan starter tidak berfungsi. 


Cara Ketahui Penyebab Starter Motor Mati 

Jika ada masalah di antara salah komponen diatas maka dipastikan sistem starter akan terganggu. Penting bagi pemilik kendaraan untuk dapat mendeteksi kerusakan tersebut dengan mengetahui penyebabnya. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut: 

1. Memastikan kondisi sekring 

Apabila ingin mengecek kondisi dari sekring, langkah pertama yang perlu diketahui adalah letaknya sekring pada sepeda motor. Biasanya letak sekring starter ada di dekat aki. Sekring starter yang umumnya punya tegangan 20 ampere ditandai warna kuning. Langlah kedua setelah mengetahui letak sekring adalah cek dengan cara mencabut sekring tersebut dan lihat kondisi kawatnya. Apabila kondisi kawat di dalam sekring putus maka kemungkinan menjadi sumber masalah tidak dapat berfungsinya starter.

2. Cek relay starter 

Untuk mengetahui kondisi relay starter atau bendik starter adalah dengan memperhatikan suara yang ditimbulkannya. Relay starter akan menimbulkan bunyi “cetek cetek” yang cukup jelas terdengar di telinga apabila kondisi bagus. Apabila tidak terdengar, maka cek dengan multimeter hubungan antara terminal 85 dengan 86 relay apakah terhubung tidak. Apabial rusak maka ganti dengan yang baru.

3. Cek tegangan aki dengan multimeter 

Untuk mengetahui kondisi tegangan aki memerlukan alat yang dinamakan multimeter. Caranya dengan memposisikan multimeter berada dalam pilihan 50 dc. Kemudian hubungkan kabel yang berwarna hitam (negatif) ke terminal negatif pada aki dan kabel merah (positif) ke terminal positif aki. Baca pada jarum penunjuk multimeter berada pada besarnya berapa tegangan aki. Pastikan kondisinya 12 volt, apabila kurang maka aki perlu dicas. 

4. Mengecek kondisi dinamo 

Komponen dinamo starter cenderung awet, namun ada bagian yang justru sering bermasalah yaitu carbon brush atau arangnya. Cek kondisinya apakah sudah aus atau masih cukup baik. Kalau sudah aus solusi satu-satunya ganti dengan yang baru.


Demikian pembahasan kali ini mengenai penyebab starter motor tidak berfungsi dan bagaimana cara perbaikannya. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Salam teknika!

0 Response to "Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi dan Cara Perbaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel