-->

iklan bawah header

Daftar Kode Kampas Rem Tromol Motor Honda : Motor Matic, Motor Bebek, dan Sport Lengkap

Rem merupakan salah satu komponen paling vital dalam sebuah sepeda motor yang berperan dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengendara. Dalam sistem rem sepeda motor, kampas rem tromol memegang peranan penting. Artikel ini akan membahas mengenai kampas rem tromol pada sepeda motor, fungsinya, jenis-jenisnya, dan pentingnya perawatan untuk menjaga kinerjanya. 

Pada motor honda terdapat berbagai jenis tipe untuk rem tromol produknya yang tentunya jangan sampai salah memilih dalam memasang ke sepeda motor Honda kesayangan Anda. Berikut ini kita akan membahas daftar kode kampas rem motor Honda: BeAT FI, Vario, Scoopy, Genio, PCX, ADV, Supra, Kirana, Karisma, Blade, Revo, Tiger, Verza, Mega Pro, GL.


PENGERTIAN KAMPAS REM TROMOL

Kampas rem tromol adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengereman sepeda motor yang menggunakan rem tromol. Rem tromol adalah sistem pengereman yang menggunakan drum (tromol) yang terpasang di bagian roda sepeda motor. Letak dari kampas rem di dalam drum dan berfungsi sebagai penahan atau penghenti ketika rem digunakan.


FUNGSI KAMPAS REM TROMOL

Fungsi utama kampas rem tromol adalah menciptakan gesekan yang diperlukan untuk memperlambat atau menghentikan dari putaran roda sehingga sepeda motor dapat berhenti. Prinsip kerjanya adalah saat tuas rem ditarik, maka kampas rem akan bersentuhan dengan permukaan dalam drum rem dan menciptakan gesekan yang akan menghasilkan gaya hambatan. Gaya hambatan ini kemudian akan memperlambat putaran dari roda, sehingga sepeda motor dapat berhenti.


WAKTU PENGGANTIAN KAMPAS REM TROMOL

Perawatan yang baik terhadap kampas rem tromol sangat penting untuk menjaga kinerjanya. Pemeriksaan secara rutin, serta penggantian saat diperlukan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh pemilik sepeda motor.

Penting untuk selalu memperhatikan tanda-tanda bahwa kampas rem pada sepeda motor perlu diganti. Tanda-tanda ini dapat memberi indikasi bahwa kampas rem telah mengalami aus atau mengalami masalah lainnya. Berikut adalah beberapa tanda-tanda umum bahwa kampas rem harus diganti pada sepeda motor: 

1. Bunyi berdecit

Terdengarnya suara gesekan hingga berdecit saat mengerem dapat menjadi tanda bahwa kampas rem telah aus dan perlu diganti. Timbulnya bunyi ini dapat disebabkan oleh gesekan langsung antara logam pada kampas rem dan tromol. 

2. Performa pengereman menurun

Jika sepeda motor memerlukan jarak pengereman yang lebih panjang daripada biasanya dan dirasa kurang responsif saat menggunakan rem, maka hal itu bisa menjadi tanda bahwa kampas rem sudah aus dan perlu diperiksa. 

3. Bau kampas terbakar

Jika tercium bau terbakar saat menggunakan rem, hal ini bisa menandakan adanya gesekan berlebihan dan panas yang dihasilkan oleh kampas rem yang aus. 

4. Ketebalan kampas rem menipis

Pemeriksaan secara visual terhadap ketebalan kampas rem  apakah telah menipis di bawah batas yang direkomendasikan oleh pabrikan menjadi tandak bahwa kampas rem perlu diganti. 

5. Kondisi visual kampas rem

Jika kampas rem tampak aus, retak, atau mengalami perubahan warna yang signifikan, maka tandanya bahwa kampas rem sudah tidak efektif dan harus segera diganti. 

6. Perasaan getar 

Jika dirasakan getaran atau goyangan pada tuas rem saat digunakan, maka dapat menunjukkan adanya ketidakseimbangan atau ketidakrataan pada kampas rem, yang mungkin memerlukan penggantian. 

7 Indikator wear (penunjuk aus)

Beberapa sepeda motor dilengkapi dengan indikator aus pada kampas rem, seperti piringan aus atau perangkat lain yang memberikan tanda visual ketika kondisi dari kampas rem memerlukan penggantian.


DAFTAR KODE KAMPAS REM TROMOL MOTOR HONDA

Berikut daftar kode part kampas rem tromol pada motor Honda semua tipe:

No Kode Part Tipe Motor Honda
1. 45120-001-011 GL100
C100
C800
Win
NF100 (Supra)
2. 43120-362-001 GL Pro (Neo Tech, CDI, Platina)
GL Max (Neo Tech, CDI, Platina)
GLS (Tiger)
GLP (Mega Pro)
3. 43125-KPH-903 NF100 (New Supra Fit & X)
Revo
Blade
Kirana
Karisma
4. 43130-KZL-930 Vario
Beat
Spacy
5. 43125-KGA-902 GL160 (Mega Pro)
GL200 (New Tiger)
Verza
6. 06430-KWN-900 PCX


Demikian pembahasan kali ini mengenai macam-macam kode pada kampas rem tromol sepeda motor merk Honda. Semoga dapat menambah pengetahuan agar tidak salah dalam memilih kampas rem pada motor Honda kesayangan anda. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Salam Teknika!

0 Response to "Daftar Kode Kampas Rem Tromol Motor Honda : Motor Matic, Motor Bebek, dan Sport Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel